PUBG Mobile Diblokir, Pengembang Asal India Merilis Versi Bootleg-nya

Avatar
pabje, pubg mobile bootleg asal India
Tampilan game PABJE (Google Play Store/PABJE)

Sudah lebih dari satu bulan setelah India memblokir aplikasi-aplikasi asal Tiongkok termasuk TikTok dan PUBG Mobile, rupanya momen ini dimanfaatkan sejumlah pengembang asal negeri tersebut untuk membuat versi bootleg-nya yang berjudul PABJE.

PABJE, Game Bootleg-nya PUBG Mobile di India

Pengembang asal India One-Touch Games merilis versi bootleg game battle royale tersebut bernama PABJE, yang merupakan kepanjangan dari Player And BattleJung Ends.

Dari namanya saja sudah jelas bahwa game tersebut “terinspirasi” dari game PUBG Mobile, dengan grafis seadanya dan iklan yang tidak terkendali sontak menjadi bahan perbincangan netizen.

Seperti yang dilakukan oleh akun Facebook Dimas Al Ramadhansyah yang mengunggah video review singkat dan pengalaman dirinya memainkan game ponsel tersebut.

https://www.facebook.com/Dimas.Ramadhansyah/videos/3555430247810213/

Dan sudah bisa ditebak, mulai dari grafis seadanya, kontrol yang sulit dikendalikan, dan pop up iklan yang tidak bisa diprediksi kapan munculnya membuat siapapun yang memainkan game tersebut akan merasa jengkel.

Review di Google Play Store

Bahkan review di Google Play Store-nya pun tidak kalah menariknya, kebanyakan review yang ada bernada sarkastik terkait game tersebut, seperti pada ulasan oleh pengguna bernama Sarath Kumar yang menjadi “ulasan terbaik”.

“Oh no 😂😂”

“What is this game I’m getting 60fps.and it’s like watching a movie”

“The graphics is next level.”

“TBH the game won’t make user bored because it shows ads in every 10 Seconds.”

The airdrop is op. And guss what it has ferrari,AWM… etc..”

“wow it’s a killer game. PUBG can rest now.”

Don’t download this if you want a game. Download it if you wants an ads showing application it shows every ads..”

“I love this Ad making application.It makes me feel like watching YouTube.”

Bagi yang ingin mencoba merasakan sensasi bermain game tersebut dapat diunduh di sini.

India Memblokir Aplikasi-Aplikasi Asal Tiongkok atas Dugaan Pencurian Data

Pada bulan Juni lalu, pemerintah India resmi memblokir setidaknya 59 aplikasi asal Tiongkok, salah satunya adalah PUBG Mobile yang dirilis oleh Tencent Games, publisher asal Tiongkok. Pemblokiran tersebut tercatat dimulai per hari Senin (29/6) malam waktu setempat.

Berdasarkan rilisan pers dari Kementerian Teknologi Informasi mengatakan bahwa pemerintah pusat India telah memblokir aplikasi-aplikasi tersebut. Hal ini berdasarkan dugaan mencuri dan memanfaatkan data penggunanya, seperti aktivitas hingga data pribadi pengguna.