Game yang baru-baru ini cukup digandrungi yaitu Genshin Impact diketahui telah mensensor beberapa kata. Hal ini membuat pemain tidak bisa mengetik kata tersebut di kolom chat pada game.

Genshin Impact Sensor Kata-Kata Tertentu

Hal ini baru diketahui setelah seorang jurnalis bernama Kazuma Hashimoto mengunggah video di akun Twitter-nya. Saat ini akun tersebut telah dikunci dan video diunggah ulang ke YouTube. Video tersebut memperlihatkan detik-detik dia mencoba mengetik kata seperti “Taiwan” dan “Hong Kong” pada kolom chat di game tersebut.

Dan hasilnya sudah bisa ditebak, setelah menekan tombol enter, bukan kata “Taiwan” ataupun “Hong Kong” yang muncul pada chat, melainkan hanya simbol asterisk saja.

Pemain pun mencoba mencari jawaban terkait sensor tersebut ke subreddit resmi Genshin Impact di situs Reddit, pada salah satu postingan ada yang mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bug setelah kata “Tibet” juga turut disensor, sementara itu pada postingan lainnya ada yang menyebutkan bahwa kata seperti “words” dan “enemies” ikut tersensor.

Semenjak Genshin Impact dikembangkan oleh MiHoYo yang berpusat di negeri Tirai Bambu, membuat tidak sedikit pemain menduga bahwa sensor tersebut merupakan bagian dari pencegahan pemerintah Tiongkok agar pemain tidak mendiskusikan topik yang dianggap sensitif secara politis bagi negara tersebut.

Merujuk pada laporan yang disebar oleh analisis industri gim Daniel Ahmad melalui akun resmi Twitter-nya, regulasi pemerintah Tiongkok memang melarang apapun yang dianggap “mengancam kesatuan, kedaulatan, dan integritas teritorial” negara tersebut.

Dilihat dari adanya sensor kata-kata tersebut, kemungkinan miHoYo harus mengikuti kebijakan pemerintah setempat untuk bisa lolos aturan sensor dan merilis game ini di negeri asalnya dan secara global. Mari kita berharap game ini tetap bisa eksis dan menunggu konfirmasi resmi dari pihak miHoYo terkait sensor ini.

Game Populer yang Telah Dirilis Secara Global

Pengembang sekaligus penerbit game MiHoYo telah merilis Genshin Impact. Game dengan genre Action RPG Open World ini dapat dimainkan di platform PlayStation 4, PC, ponsel Android, dan iOS dan tidak terbatas pada region lock alias dapat dimainkan secara global

Dalam perilisannya, game tersebut menawarkan petualangan yang luar biasa untuk pemainnya dengan pemandangan yang indah nan eksotis. Selain itu, sistem pertarungan pada game ini berbasis elemen yang interaktif dengan variasi karakter dan cerita yang menarik. Pemain pun dapat bermain bersama pemain lain secara lintas platform.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio