Buat yang sering memainkan gim PlayStation dari developer Jepang, akan ada perubahan sebuah skema dari fungsi tombol pada controller PS5 secara hardware, atau perangkat kerasnya. Perubahan ini akan berlaku dan distandarisasi untuk pasar global!

Sejumlah fungsi tombol PS5 akan diubah!

Mengutip dari PushSquare, pihak resmi dari Sony Interactive Entertainment akan mengubah skema tombol untuk gim PlayStation 5 terbitan Jepang. Kabar yang didapatkan sejak konsol terbaru dari Sony yang telah diuji coba beberapa hari lalu mengatakan bahwa pihaknya akan implementasi metode tersebut untuk seluruh gim PS5, tidak terkecuali gim hasil karya Negeri Sakura.

Besar kemungkinan, stik khusus PlayStation 5, atau DualSense nantinya, mengikuti standar Sony secara hardware untuk mengadopsi skema tombol baru sejak rilis pertama dalam waktu dekat ini. Dengan demikian, skema tombol terbaru ini selain mengikuti standarisasi Barat, juga merupakan langkah yang menurut Sony revolusioner.

Tentu saja ada tanggapan kontra daripada perubahan tersebut. Salah satu jurnalis gim ternama, John Ricciardi, mengatakan dalam satu cuitannya bahwa Sony melakukan kesalahan dalam keputusan radikal tersebut.

“Setidaknya mereka perlu sediakan opsi untuk mengubah pengaturan konfigurasi dalam sistemnya. Bermain gim PS4 dengan skema lama akan tidak lagi menyenangkan di sistem baru ini,” – John Ricciardi

Bagaimanakah implementasi skema tombol PS5 terbaru nanti?

Selain itu, dilansir dari Siliconera, pada skema tombol untuk stik DualSense khusus PS5 semua akan menggunakan tombol “X” untuk konfirmasi dalam menu di gim serta sistem. Begitu juga dengan tombol “O” di kiri atas tombol silang tersebut, yang akan dialihfungsikan untuk pembatalan operasi.

Menurut perwakilan dari Sony sendiri melalui AV Watch, tujuan daripada implementasi pemerataan tersebut untuk mencegah beberapa situasi untuk pengoperasian gimnya. Situasi tersebut termasuk ketika pemain ingin menggunakan tombol konfirmasi yang berbeda antara menu dalam sistem dan saat ngegame.

Beda budaya, beda tombol!

Perlu NawaReaders ketahui, mayoritas gim buatan developer dari Jepang kerap mengadaptasi fungsi tombol stik PlayStation yang berbeda dari rilisan di Barat.

Mengutip Inside Games Jepang via Livedoor, jika kalian ingin konfirmasi pilihan biasanya perlu menekan tombol lingkaran (“O”) pada stik PlayStation. Sebaliknya, Kamu batalkan operasi dalam gimnya melalui tombol silang (“X”) untuk kembali ke semula.

Skema ini sudah bertahun-tahun diimplementasikan sejak PlayStation dirilis pada 26 tahun silam dan diikuti hingga kini oleh developer Jepang.

Meskipun demikian, pembahasan mengenai skema tombol dalam stik sebuah konsol gim bukanlah terbilang baru. Hal tersebut sudah pernah ada sejak konsol SNES, mesin gim dari Nintendo, mencetuskan tombol START sebagai tombol konfirmasi untuk beberapa perintah pemograman dalam gimnya.

Fungsi tombol tersebut telah diwariskan oleh Sony dengan PlayStation-nya sebelum PS5 dirilis. Fungsi tersebut terbagi menjadi dua versi perangkat berseberangan antara Barat dengan Jepang. Hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi sosial para gamer di benua Amerika dan Eropa dimana silang selalu diasosiasikan sebagai tanda konfirmasi, berbeda dengan Jepang yang diinterpretasi dengan sifat “negatif”.

Contributor
Do you like Seno Triadi's articles? Follow on social!
Nawala Karsa NK Kurio