Ubah image dari aplikasi khusus gaming menuju aplikasi untuk ngobrol-ngobrol santai, Discord semakin menarik sejak pandemi COVID-19 terutama dalam komunitas anak muda.

Kebutuhan bot untuk memudahkan kegiatan ngobrol dalam server semakin dibutuhkan, termasuk bot pemutar musik. Lantas, bagaimana cara memutar lagu di dalam server Discord dengan mudah?

1. Invite bot lagu dalam server Discord

cara memutar lagu di discord bot musik

Memutar musik dalam server Discord tidak terlalu sulit. Pertama-tama, kamu harus meng-invite bot lagu tersebut ke dalam server Discord. Tapi sebelum itu, pastikan kamu memiliki role Administrator yang dapat menghubungkan kamu dengan bot yang kamu invite tersebut.

Sebagai contoh, kita akan menggunakan bot musik bernama Rhythm yang cukup dikenal oleh komunitas Discord untuk memainkan musik. Lakukan invite dari situs resmi milik bot Rhythm ke server kamu dengan meng-klik tombol Add to Discord.

2. Ubah pengaturan bot sesuai keinginan

cara memutar lagu di discord bot musik

Setelah mengundang bot lagu ke dalam server Discord yang kamu kelola, sebenarnya kamu sudah dapat langsung menggunakannya. Namun, agar dapat menggunakannya lebih nyaman lagi, maka kamu dapat mengubah peraturan yang ada.

Saat menggunakan bot lagu Rhythm di Discord, kamu cukup mengetik perintah berikut ‘!settings’ yang akan menampilkan sederet pengaturan yang dapat kamu ubah. Misalnya prefix, role DJ, hingga fitur autoplay.

Namun perlu diingat, sejumlah pengaturan yang ada telah dibatasi oleh pihak pengembang. Guna membuka sejumlah pengaturan seperti Autoplay atau Volumes dalam bot lagu yang ada dalam servermu, kamu perlu mengirimkan donasi kepada pengembang. Namun fitur-fitur tersebut tidak terlalu mempengaruhi performa bot Discord tersebut, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang kedua fitur tersebut.

3. Putar lagunya, sis! Semongko~!

cara memutar lagu di discord bot musik

Tahap terakhir yakni cukup masuk ke dalam Voice Channel yang telah ada dalam server, lalu ketik perintah ‘!join’. Secara otomatis, bot lagu Rhythm akan masuk ke dalam server Discord-mu. Namun perlu diingat, perintah mungkin berubah setelah kamu ubah prefix-nya. Seperti, mengubah prefix ! menjadi >, maka perintah menyesuaikan prefix tersebut.

Kemudian, kamu dapat mengetik perintah ‘!play’ disertai dengan link URL lagu yang ingin kamu dengarkan. URL lagu tersebut dapat berupa link Youtube (dapat berupa link video biasa ataupun playlist), SoundCloud, Vimeo, Twitch, hingga Mixer.

Demikian cara singkat dan mudah untuk memutar lagu di dalam server Discord milik kamu. Dalam artikel mendatang, kami akan rekomendasi bot menarik yang dapat kamu gunakan dalam server kamu. Sampai jumpa!

Nawala Karsa NK Kurio