Netflix Anime Festival 2020: Investasi Netflix Terhadap Karya-Karya Anime yang Menginspirasi

Nadia Theresa Johari
netflix anime festival 2020
Sejumlah teaser anime yang muncul dalam Netflix Anime Festival 2020 | FOTO: Netflix

Pada Selasa (27/10), layanan streaming Netflix telah melangsungkan acara Netflix Anime Festival 2020 yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang, dan disiarkan secara global melalui kanal YouTube Netflix Anime. Dalam acara tersebut, Netflix memperkenalkan konten animenya dan juga beberapa proyek anime yang akan ditayangkan pada tahun 2021 mendatang.

Netflix dan ketertarikannya pada Anime

Sebelum memaparkan program-program anime yang akan ditayangkan, Netflix memperkenalkan konten anime yang telah dirilis selama empat tahun belakangan ini. Dimulai dari sebuah program anime bertajuk Blame! pada tahun 2016, Netflix telah merilis berbagai judul anime yang terkenal di dunia. Melalui kerja sama mereka dengan Production I.G. dan Bones pada 2018 lalu, Netflix juga telah merilis sebuah anime original bernama Devilman Crybaby yang populer dan juga sukses.

Selain bekerja sama dengan sejumlah rumah produksi anime, Netflix juga meluncurkan sebuah komunitas dan acara yang mengusung konten-konten anime dari Netflix pada 2018 lalu. Komunitas tersebut adalah Netflix Anime Club dan acara yang mengusung salah satu aspek budaya populer dari Jepang itu adalah AnimeJapan.

Anime Populer dan Investasi Terhadap Talenta Muda

Kini, anime berhasil menjadi salah satu pilihan program yang ditonton oleh para pengguna Netflix. Dalam rentang waktu September 2019 hingga September 2020, data membuktikan bahwa lebih dari 100 juta keluarga di seluruh dunia memilih untuk menonton setidaknya satu judul anime dalam layanan streaming tersebut.

“Hanya dalam kurun waktu empat tahun sejak meluncurkan tim kreatif kami di Tokyo, Netflix telah memperluas jangkauan dan jumlah total penonton anime—sebuah kategori yang secara konvensional dipandang sebagai niche,” kata Taiki Sakurai, Chief Producer Anime Netflix.

Ia juga mengatakan bahwa tayangan anime seperti Seven Deadly Sins dan Baki menjadi salah satu bukti bahwa anime telah disambut dengan baik oleh para penonton di seluruh dunia. Pasalnya, kedua program tersebut telah menempati peringkat Top 10 anime di lebih dari 70 negara (untuk Seven Deadly Sins) dan hamper 50 negara (untuk Baki). “Melihat kesuksesan berbagai tayangan seperti Seven Deadly Sins dan Baki, kami lebih bersemangat dari sebelumnya untuk menantang diri sendiri dalam mengembangkan program anime inspiratif untuk para penggemar di seluruh dunia,” kata Sakurai.

Agar dapat menciptakan dan merilis semakin banyak konten anime yang dapat dinikmati oleh para penggemar anime di seluruh dunia, Sakurai berkata bahwa Netflix akan berinvestasi kepada talenta baru dan mempromosikan keberagaman dari Jepang. Ia juga berkata bahwa Netflix akan bekerja sama dengan Anand Vama, murid Gobelins Fellowship dari Kerjasama Netflix dengan akademi seni Gobellina di Prancis, untuk bergabung dalam tim Kreatif dan menggarap anime bersama-sama.

Peluncuran program anime yang menarik

netflix anime festival 2020

Melalui acara Anime Festival 2020 tersebut pula, Netflix mengumumkan sejumlah judul anime yang akan ditayangkan mulai pada tahun 2021 mendatang. Beberapa di antaranya adalah program-program anime original Netflix seperti Rilakkuma’s Theme Park Adventure, Thermae Romae Novae, High-Rise Invasion, Thus Spoke Kishibe Rohan, dan The Way of the Househusband.

Selain kelima judul di atas, Netflix juga memberikan kabar terbaru dari 11 proyek anime lainnya yang telah diumumkan sebelumnya. Total ada 16 judul anime yang diumumkan oleh Netflix dalam gelaran ini yang akan dapat dinikmati oleh para pengguna Netflix pada tahun 2021. Jika ingin mengetahui apa saja proyek-proyek anime tersebut, kami telah membuat sebuah artikel yang memuat semua judul anime yang diumumkan tersebut.

Tentang Netflix

netflix
FOTO: Netflix

Netflix adalah sebuah layanan streaming terkemuka di dunia yang telah menjangkau lebih dari 190 negara dengan 195 juta pengguna di seluruh dunia. Layanan streaming yang satu ini menyajikan berbagai pilihan tontonan untuk keluarga, mulai dari film, dokumenter, dan acara serial televisi dalam berbagai bahasa. Dalam beberapa tahun belakangan, Netflix juga telah merambah ke konten anime, menjadikannya sebagai salah satu alternatif pilihan menonton anime dari sumber yang legal.