Untuk merayakan hari persahabatan, pemerintah Indonesia dan Jepang membuat sebuah event khusus yang bernama Indonesia Japan Online Festival 2020.

Indonesia Japan Online Festival 2020, Merayakan Hari Persahabatan

Sesuai dengan nama acaranya, Indonesia Japan Online Festival 2020 berfokus pada hubungan persahabatan antara Indonesia dan Jepang. Nantinya, acara daring pertama yang menyorot budaya Indonesia dan Jepang ini akan berisi beragam konten dengan berbagai topik. Sebut saja kuliner, budaya tradisional dan populer, pendidikan, acara interaktif, dan penampilan dari berbagai artis dari Indonesia dan Jepang.

Berbagai Webinar Menarik dan Bermanfaat

Sebagai sebuah acara yang memperkenalkan budaya Indonesia dan Jepang kepada para audiens dari masing-masing negara. Rasanya acara ini tidak akan lengkap tanpa adanya berbagai webinar menarik dan bermanfaat untuk diikuti. Tema webinar yang akan ditampilkan dalam acara Indonesia Japan Online Festival ini akan sangat beragam.

Webinar pertama yang ada dalam rangkaian acara ini adalah mengenai akulturasi budaya Indonesia dan mengenai batik, kesenian khas Indonesia. Selain itu, dari sisi Jepang, akan ada webinar mengenai olahraga aikido yang bertajuk Teknik Aikido: Konektivitas, Sentralitas, Kesatuan. Akan ada pula webinar mengenai cara membuat washoku alias makanan khas Jepang yang dipandu oleh Chef Hori dan Melody Laksmani.

Jika kalian ingin belajar atau melanjutkan studi ke Jepang, acara ini juga tidak boleh kalian lewatkan. Pasalnya, akan ada webinar yang diselenggarakan oleh Japan Student Services Association (JASSO) dan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia bertajuk Webinar Langkah Menuju Impian: Ayo Studi ke Jepang!

Webinar ini tentunya akan memberi kalian informasi mengenai apa-apa saja yang harus diketahui sebelum belajar atau melanjutkan studi ke Jepang. Selain itu, YouTuber Jerome Polin juga akan mengisi acara ini dalam sebuah webinar berjudul Talk Show Kehidupan Mahasiswa di Jepang Bersama Jerome.

Sesi menarik lainnya adalah sebuah webinar berjudul Catatan Perjalanan Dubes ke Berbagai Daerah di Indonesia. Sesi ini dibawakan oleh Masafumi Ishii, Duta Besar Jepang untuk Indonesia. Jika mungkin para penyuka kebudayaan Jepang sudah mengetahui berbagai kegiatan beliau melalui media sosial.

Kini beliau akan menceritakan pengalamannya sendiri kepada para audiens. Webinar serupa lainnya adalah Discovering Indonesia in Japan, sebuah webinar mengenai kebudayaan Indonesia di Jepang yang dibawakan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Jepang.

Jalan-Jalan dan Bekerja di Jepang

Ingin jalan-jalan atau bekerja di Jepang namun belum kesampaian? Jangan khawatir, informasi mengenai kedua hal itu juga ada di sini! Japan National Tourism Organization (JNTO) akan mengajak para audiens melakukan perjalanan secara virtual ke Odaiba sekaligus memperkenalkan area wisata halal di Jepang Barat. Webinar Bekerja di Jepang! juga dapat disimak oleh kalian yang ingin bekerja di Jepang.

Satu lagi, jika kalian tertarik dengan budaya tradisional dan populer, Indonesia Japan Online Festival 2020 juga akan menghadirkan Festival Yosakoi Surabaya 2020 yang dipandu langsung oleh Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya. Ada pula CODE OF THE SAMURAI 2020 dan CLAS:H Cosplay Roulette Quiz.

Interaksi Audiens Indonesia dan Jepang

Salah satu hal yang membuat acara Indonesia Japan Online Festival spesial adalah acara ini tidak hanya dapat dinikmati oleh para audiens di Indonesia. Para audiens dari Jepang pun dapat menikmati acara ini juga. Nyatanya, para audiens di Indonesia dan Jepang diajak berinteraksi pula melalui berbagai kegiatan unik dalam acara ini.

indonesia japan online festival 2020

Kegiatan interaksi audiens Indonesia dan Jepang yang diumumkan pertama kali adalah lomba menyanyi online Indonesia-Jepang bertajuk Nyanyi Yuk!. Dalam lomba ini, peserta dari Indonesia harus menyanyikan lagu berbahasa Jepang dan peserta dari Jepang harus menyanyikan sebuah lagu berbahasa Indonesia. Karena banyak sekali yang antusias dengan program ini, ada 650 karya yang telah diberikan kepada komite acara ini. Namun, hanya peserta terpilihlah yang dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Ada pula acara Rekomendasi Makanan & Oleh-Oleh Indonesia oleh Masyarakat Jepang dan Rekomendasi Makanan & Oleh-Oleh Jepang oleh Masyarakat Indonesia. Di dalam dua acara ini, masing-masing audiens dari Jepang dan Indonesia akan berbagi informasi mengenai makanan dan oleh-oleh yang mereka sukai dari kedua negara dan merekomendasikan itu kepada mereka yang belum pernah menyicipinya.

Berbagai Bintang

Selain Jerome Polin dan seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Indonesia Japan Online Festival akan dimeriahkan oleh berbagai artis lainnya. Selain bintang tamunya, acara Indonesia Japan Online Festival 2020 akan dipandu oleh tiga orang MC yang juga merupakan artis-artis ternama. Ada Haruka Nakagawa, penyanyi Hiroaki Kato, dan mantan anggota grup idola JKT48, Ayana Shahab.

Dari Indonesia, para artis yang akan membintangi acara ini adalah penyanyi Armand Maulana, vokalis dari band Gigi, grup idola JKT48, dan Rainych, seorang penyanyi yang melejit karena suaranya yang terkesan imut dan sejumlah cover yang ia nyanyikan seperti lagu Say So dari Doja Cat.

Dari Jepang akan ada grup band Sukima Switch, Silent Siren, penyanyi Hiroaki Kato, dan LiSA, penyanyi yang telah menyanyikan berbagai tembang anime yang dinikmati pula oleh para penggemarnya di Indonesia. Wah, tidak heran kalau acara ini banyak dinanti-nantikan oleh para penggemar budaya Jepang di Indonesia, ya!

Itulah beberapa hal yang harus kalian ketahui terkait acara Indonesia Japan Online Festival. Kalian tidak perlu mendaftar atau bahkan membayar untuk dapat menyaksikan acaranya. Cukup meluncur ke YouTube dan saksikan keseluruhan acaranya dari kanal resmi YouTube Indonesia Japan Online Festival pada tanggal 10 Oktober nanti, mulai dari jam 10.00 WIB.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio