Mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Mercubuana Kampus Pejaten mencatatkan prestasi membanggakan dengan sukses menyelenggarakan talkshow bertajuk “Communication in Music Industry – A New Skill Unlocked for Everyone“. Acara yang digelar pada Sabtu, 8 Juni 2024 ini mampu menarik animo luar biasa dari para peserta yang mencapai lebih dari 100 orang, berasal dari dalam dan luar Universitas Mercubuana.
Talkshow ini diinisiasi oleh Kelompok Penyelenggara Tugas Event Management Sembilan Creative (SE.CRE.), sebuah organisasi mahasiswa yang concern pada pengelolaan acara. Mereka berhasil menghadirkan dua narasumber ternama yang memiliki segudang pengalaman dalam mengelola strategi komunikasi di industri musik, baik di dalam maupun luar negeri.
![panitia dan pembina acara mercubuana](https://asetto.nawalakarsa.id/imeji/20240626155632/Untitled-design-39.jpeg)
Rasyiqa Tharifa, seorang Account Executive dari agensi Secret Signals, membagikan kiat-kiat membangun hubungan efektif dengan media, influencer, dan publik untuk mempromosikan musik dan merek. Sementara itu, Lingga Wastu, seorang Brand Manager sekaligus pegiat Hip Hop, memaparkan berbagai studi kasus menarik terkait keterkaitan komunikasi dan industri musik.
“Communication in Music Industry” menjadi topik yang sangat relevan bagi mahasiswa FIKOM yang ingin berkarier di industri musik. Melalui talkshow ini, mereka memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai pentingnya komunikasi dalam industri musik serta wawasan mengenai strategi komunikasi yang efektif untuk mempromosikan musik.
Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UMB, dan pembacaan doa. Selanjutnya, Akbar Saddam selaku ketua panitia menyampaikan laporan, disusul sambutan dari Wakil Sekprodi FIKOM Universitas Mercu Buana, Ibu Dr. SM Niken Restaty, M.Si.
Talkshow yang berlangsung di Aula lantai 4 Universitas Mercubuana Pejaten ini dihadiri beragam peserta, mulai dari mahasiswa/i UMB, mahasiswa/i kampus lain, khalayak umum, serta dosen dan staf Universitas Mercubuana dengan total 126 orang.
Komunikasi, Kunci Sukses di Industri Musik
![Diskusi pembicara seminar](https://asetto.nawalakarsa.id/imeji/20240626155807/Untitled-design-40.jpeg)
Komunikasi merupakan elemen kunci untuk membangun hubungan yang kuat dengan pemangku kepentingan utama di industri musik, seperti media, influencer, dan publik. Strategi komunikasi yang efektif dapat membantu musisi dan merek musik untuk menjangkau target audiens mereka dan mencapai tujuan bisnis.
Mahasiswa Ilmu Komunikasi memiliki keunggulan kompetitif di industri musik karena mereka memiliki keterampilan komunikasi yang sangat berharga. Dengan memahami cara berkomunikasi yang efektif, baik secara verbal maupun nonverbal, mahasiswa Ilmu Komunikasi dapat membantu musisi dan merek musik untuk memperluas jangkauan mereka, membangun loyalitas pelanggan, dan mencapai kesuksesan yang lebih besar di industri yang kompetitif ini.
Hal tersebut juga ditegaskan oleh Rasyiqa Tharifa, yang berkata bahwa: “Komunikasi adalah kunci sukses di industri apa pun, tetapi sangat penting dalam industri musik di mana Anda perlu terhubung dengan penggemar dan membangun hubungan dengan profesional lain,” ujar Rasyiqa.
Lingga Wastu, pembicara lainnya, menambahkan bahwa industri musik terus berkembang, sehingga strategi komunikasi yang diperlukan untuk sukses juga harus terus diperbarui.
“Industri musik terus berkembang, begitu pula strategi komunikasi yang diperlukan untuk sukses. Penting bagi profesional komunikasi untuk selalu mengikuti tren dan teknologi terbaru,” kata Lingga.
Penampilan Spesial Lingga Wastu Di Akhir Acara
![Lingga wastu](https://asetto.nawalakarsa.id/imeji/20240626155355/Untitled-design-41.jpeg)
Salah satu highlight acara ini adalah saat penutupan, yaitu, penampilan spesial dari Lingga Wastu, yang memiliki nama panggung Mental Trip. Lingga membawakan beberapa lagu andalannya.
Selain itu, acara ini juga diakhiri dengan pembagian souvenir dan penyerahan plakat kepada para narasumber talkshow. Panitia juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang aktif bertanya selama sesi diskusi, serta memberikan hadiah kenang-kenangan kepada mahasiswa yang datang paling awal dan mahasiswa yang berasal dari universitas terjauh, yaitu Universitas Riau.
Talkshow ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa FIKOM bahwa komunikasi memiliki peran yang sangat penting di berbagai aspek dalam industri musik, mulai dari PR, Broadcasting, Marketing, hingga Komunikasi Digital.
Dengan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya komunikasi, mahasiswa FIKOM diharapkan dapat memanfaatkan kompetensi mereka untuk meraih kesuksesan di masa depan.
Melalui keberhasilan penyelenggaraan talkshow ini, mahasiswa FIKOM Universitas Mercubuana Kampus Pejaten kembali membuktikan komitmen mereka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan membuka cakrawala baru bagi rekan-rekan mahasiswa yang tertarik berkarier di industri musik.