Menyambut kompetisi pacuan kuda bergengsi di Jepang, Japan Racing Association (JRA) umumkan secara resmi di rilisan pers via PR Times bahwa mereka akan bawa Kizuna Ai ke Japan Cup akhir November ini. Untuk kolaborasinya kali ini, Ia akan memandu fansnya di sirkuit pacuan kuda dalam teknologi canggih memadukan dunia nyata dengan virtual.

Sebelum Japan Cup, Menjadi Komentator Turnamen JRA Emperor’s Cup

Dalam kolaborasi bersama Kizuna Ai ini, Japan Racing Association tampilkan sejumlah foto dari sirkuit pacuan kuda Tokyo Racecourse dalam rilisan persnya. Informasi yang didapat termasuk peran Ai dalam menjadi navigator sekaligus komentator untuk sejumlah turnamen pacuan kuda diadakan oleh asosiasi pacuan kuda Jepang tersebut.

Untuk kejuaraan Japan Cup 2020 ini, Ai menjadi navigator pemandu dalam balapan pacuan kuda paling bergengsi di Jepang tersebut. Pada siaran langsung sebelumnya, Ia telah memandu beberapa turnamen pacuan kuda sebelumnya, yaitu pada Emperor’s Cup musim gugur Oktober lalu.

Adakan Siniar Langsung Sebelum Japan Cup!

Kizuna Ai Japan Racing Association
Gambar: PR Times

Selain itu, akan diadakan sebuah livestream sebelum kompetisi pacuan kuda Japan Cup dimulai untuk diskusi prediksi pemenang pacuan tersebut. Turut mengundang dalam siniar tersebut, cosplayer ternama di Jepang, Enako, yang menjadi bintang tamu dalam livestream tersebut. Siniar tersebut akan disiarkan di kanal resmi Kizuna Ai (27/11) pukul 16:00 WIB, dua hari jelang balapan resmi.

Direncanakan, vtuber yang juga dikenal penggemarnya sebagai oyabun ini akan memandu penontonnya jalan-jalan sekitar Tokyo Racecourse, Jepang. Dengan memanfaatkan teknologi perpaduan dunia virtual dengan dunia nyata, berikut detil seputar lingkungan sekitar stadium, pengalaman berkeliling Tokyo Racecourse terbilang menjadi yang tidak terlupakan.

Apalagi ditambah dengan Kizuna Ai yang terlihat cakep memakai topi kelinci sebagai pemandu dalam Japan Cup nanti.

Mengenai Oyabun, Pelopor Populernya Virtual Youtuber

Kizuna Ai adalah virtual YouTuber mainstream pertama yang debut tepat (29/11) empat tahun lalu, mengklaim dirinya sebagai YouTuber berbasis AI (kepintaran buatan). Ia merupakan vtuber yang berafiliasi di bawah perusahaan perantara upd8, salah satu proyek dari perusahaan Activ8, sebelum keluar untuk berkarir secara independen.

Ai merupakan vtuber perdana yang perkenalkan diri di dunia maya jauh sebelum sekian agensi vtuber merambah ke budaya pop Jepang. Terlebih, namanya lebih banyak dikenal dahulu mulai dari livestreaming gim video serta aspek lainnya, seperti covering lagu VOCALOID, bahas seputar tren di Jepang, maupun kolaborasi dengan vtuber lainnya.

Kizuna juga telah merilis beberapa single, bekerjasama dengan beberapa musisi Jepang ternama. Diantaranya, Ai Ai Ai, yang merupakan lagu tema pembuka anime Virtual-san ga Mitteiru, dan merilis album pertamanya berjudul hello, world. Sebagian musisi papan atas terlibat didalamnya termasuk kz dari livetune, Yasutaka Nakata, Taku Inoue, dan lain sebagainya.

Ia akan menggelar konser secara virtual pada (29/12) nanti, menyambut tahun baru 2021 lewat kanal YouTube resminya.

Nawala Karsa NK Kurio