Pada Jumat (11/12), MNC Licensing selaku pemegang lisensi animasi Nickelodeon di Indonesia dan kreator serial komik Si Juki, Faza Meonk, merilis seri buku cerita kolaborasi Si Juki dan SpongeBob SquarePants. Dalam serial buku yang satu ini, Si Juki dan SpongeBob SquarePants akan mengarungi berbagai dunia dan bertualang bersama.

Dalam konferensi pers yang diadakan secara daring pada hari yang sama, Faza Meonk dan juga Vice President MNC Contents and Licensing, Shierly Kosasih. Mereka berbagi cerita mengenai proses kolaborasi yang luar biasa ini. Sehingga dapat tercipta sebuah kolaborasi serial buku cerita Si Juki dan SpongeBob Squarepants. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Kecocokan Si Juki dan Spongebob Squarepants

Sebagai perpanjangan tangan Nickelodeon di Indonesia, MNC Contents and Licensing bertindak sebagai jembatan antara kreator lokal dan juga Nickelodeon. “Kami kerap mencari talenta lokal yang cocok dengan karakter animasi Nickelodeon dan menyampaikannya kepada Nickelodeon,” kata Shierly.

Sebelum bekerja sama dengan serial Si Juki, Nickelodeon pernah bekerja sama dengan desainer lokal Indonesia, Tities Sapoetra, dan berkolaborasi dengan Spongebob Squarepants pula. Koleksi busana SpongeBob Gold merupakan hasil kolaborasi tersebut dan sempat dipamerkan dalam Plaza Indonesia Men’s Fashion Week 2017.

Terkait kerja sama antara Nickelodeon dan Si Juki, bu Shierly mengaku bahwa ia sudah bertemu beberapa kali dengan Faza, namun baru menjalin kerja sama mulai dari tahun 2018 lalu. “Kami memang mencari karakter lokal yang memiliki kecocokan sifat dengan SpongeBob Squarepants, dan karakter Si Juki punya ‘DNA’ yang sama dengan SpongeBob,” kata Shierly.

SpongeBob SquarePants Sebagai Inspirasi Berkarya

Faza juga menambahkan mengenai proses kolaborasi ini. Ia berkata bahwa pihak Nickelodeon dan MNC Contents and Licensing semakin tertarik untuk berkolaborasi dengan karakter Si Juki setelah melihat laman Wikipedia dari Si Juki. Di sana, disebutkan bahwa SpongeBob Squarepants telah menjadi salah satu inspirasinya dalam berkarya. Hal ini juga diakui oleh Faza sendiri.

“SpongeBob Squarepants adalah salah satu inspirasi saya untuk berkarya,” kata Faza. “Biasanya humor yang disajikan dalam media lainnya sangat spesifik, ada yang hanya dapat dimengerti oleh orang dewasa atau orang yang mengerti pop culture. Tapi, jokes dalam Spongebob memiliki lapisan tersendiri, sehingga baik anak-anak dan orang dewasa bisa tertawa saat melihat SpongeBob.”

Karena SpongeBob SquarePants juga adalah karakter kesukaannya, Faza mengaku tidak merasa kesulitan saat mengerjakan proyek kolaborasi ini. “Tidak ada yang susah, karena saya menganggap ini sebagai tantangan yang menyenangkan. Meskipun ada batasan-batasan tertentu dari Nickelodeon, saya tidak merasa kesulitan dan tetap merasa fun,” ujarnya.

Lima Buku Cerita

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, kolaborasi SpongeBob Squarepants dan Si Juki tertuang dalam seri lima buku cerita Si Juki x SpongeBob Squarepants. Kelima buku cerita ini akan menghadirkan berbagai petualangan Si Juki dan SpongeBob Squarepants di lima dunia yang berbeda.

Lima buku yang terdapat dalam serial ini akan diawali oleh “Petualangan Impian” sebagai buku pertama dalam serial ini. Dalam buku pertama ini, akan dijelaskan mengenai pertemuan pertama Si Juki dan SpongeBob SquarePants dan mengawali petualangan mereka bersama dalam empat buku setelahnya, yaitu “Dunia Prasejarah”, “Makan Besar”, “Balap Bajaj”, dan “Petualangan di Laut”.

Mengenai perilisan lima buku ini, Dennis Tan selaku Vice President Brand & Retail Marketing Asia Pacific, ViacomCBS Consumer Products, mengatakan bahwa seri buku ini memungkinkan mereka untuk menghadirkan optimisme dan antusiasme yang tak terbendung dari SpongeBob kepada para penggemar di Indonesia melalui karakter komik terkenal di Indonesia.

“Humor dan jalan ceritanya akan sangat menarik bagi siapapun yang merasakan kegembiraan bersama Nickelodeon!” ujar Dennis. “Kami berharap para penggemar juga dapat menikmati seri buku cerita ini seperti halnya kami menikmati proses pembuatan bukunya bersama Faza.”

Faza Meonk selaku kreator Si Juki juga mengungkapkan harapannya agar para pembaca dapat menikmati serial buku ini pula.

“SpongeBob adalah salah satu tokoh favorit saya sejak kecil. Dan kolaborasi ini seperti sebuah mimpi yang jadi nyata saat saya bisa menghadirkan petualangan SpongeBob dan Si Juki ke dalam lima buku cerita. Semoga semua orang di Indonesia dapat turut merasakan sukacita yang saya rasakan. Dan juga menjadikan seri buku cerita ini sebagai koleksi di rumah masing-masing,” katanya.

Merchandise Lainnya

Selain dijadikan lima buku cerita, kolaborasi Si Juki dan SpongeBob SquarePants juga akan tertuang dalam berbagai merchandise lainnya. Mulai dari baju, aksesoris, figurin, dan lain sebagainya. Berbagai produk ini akan tersedia di berbagai toko buku online dan Knick-Knack Store di Tokopedia dan dijual secara terbatas.

Buat para penggemar Si Juki dan SpongeBob SquarePants yang ingin lebih tahu lebih lengkap tentang kolaborasi ini, kalian dapat menonton acara live Digital Launching dan Penandatanganan Buku Cerita di kanal YouTube Si Juki dan Tokopedia Play yang diadakan dari jam 14.00 hingga 15.00 WIB.

Nawala Karsa NK Kurio