Penyelenggara dari acara (AFA) Anime Festival Asia, SOZO Pte Ltd, telah mengumumkan bahwa acara fisik Anime Festival Asia Singapore 2020 tahun ini resmi dibatalkan. Berikut kami rangkum ulasan di balik batalnya AFA Singapura yang telah berlangsung selama 12 tahun terakhir sejak 2008 ini.

Anime Festival Asia Dibatalkan Terkait Pandemi COVID-19

Pada tahun lalu, C3AFA Singapore 2019 mengumpulkan lebih dari 120.000 peserta, saat acara digelar pada akhir November. Di tahun yang sama, C3AFA Singapura dianugerahi sebagai “Acara Rekreasi Terbaik di Singapura” oleh Singapore Tourism Board untuk edisi 2018-nya.

Namun untuk tahun ini, karena situasi yang diakibatkan COVID-19 di Singapura, acara yang telah berlangsung sejak 2008 ini terpaksa harus dibatalkan. Menurut Shawn Chin sebagai Festival Director dan Managing Director SOZO Pte Ltd, pembatalan ini dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang ada.

“Karena perjalanan yang sedang berlangsung dan pembatasan peraturan untuk acara berskala besar, kami telah memutuskan bahwa untuk mengadakan C3AFA Singapura tahun ini tidak memungkinkan bagi para pelanggan dan berbagai pihak. Dengan sangat menyesal kami harus membatalkan C3AFA Singapura 2020.”

Anime Festival Asia 2020 Singapura Akan Digelar Secara Online

AFA (Anime Festival Asia) di Singapura menjadi acara ikonik untuk semua pecinta Budaya Pop Jepang di Singapura yang dinantikan setiap tahun. Walau acara fisik dari Anime Festival Asia Singapura 2020 dibatalkan, dengan adanya minat yang kuat dan diikuti oleh pecinta budaya pop Jepang di kawasan ini, penyelenggara akhirnya memutuskan untuk meluncurkan AFA Singapore 2020 Online. Acara ini dapat ditonton secara gratis pada akhir pekan pertama bulan Desember 2020.

Dalam acara ini nantinya akan menampilkan konten eksklusif dari tamu undangan dan merchandise dari brand partner. Meskipun pengalaman fisik Anime Festival Asia seperti yang kita ketahui mungkin tidak sepenuhnya ditiru, diharapkan semangat acara ini akan terus hidup secara online.

Informasi Lanjut

Acara AFA Online 2020 akan menjadi acara online tanpa tiket. Walau begitu, pendaftaran mungkin diperlukan untuk akses. Untuk lebih detailnya akan diumumkan oleh penyelenggara di kemudian hari melalui kanal YouTube dari Anime Festival Asia.

“Kami berharap dapat bertemu dengan semua pelanggan dan berbagai pihak yang telah mendukung kami secara online tahun ini. Kami berharap untuk melihat dukungan berkelanjutan dari semua orang, karena kami semua berdiri dalam solidaritas menuju masa depan yang lebih cerah bersama,” tutup Shawn Chin.

Nawala Karsa NK Kurio