Pada Kamis lalu (4/4), Studio Ponoc telah membuka pendaftaran untuk program training atau pelatihan animator. Program pelatihan yang bernama “Principles of Animation” ini bertujuan untuk membekali para animator dengan berbagai pengetahuan untuk membantu mereka dapat belajar dalam proses produksi industri anime di masa depan.

Studio Ponoc Buka Program Training Dalam Dunia Industri Anime

Menurut Studio Ponoc, masalah yang akhir-akhir ini terjadi dalam industri anime adalah kurangnya animator. Meskipun animasi khas Jepang sudah mendunia, namun ada masalah. Jumlah kreator di Jepang yang berbakat tidak mencukupi kebutuhan karya-karya yang dibutuhkan oleh perusahaan studio anime.

Jika industri anime memakan waktu yang terlalu lama untuk memilih para animator berbakat, tentunya ini akan berdampak pada waktu, pelatihan, dan juga pendapatan. Oleh karena itu, setiap industri anime bertanggung jawab untuk menanggung segala kewajiban untuk melatih para animator dan kreator berbakat secara keseluruhan. Sebagai jawaban dari tantangan ini, Studio Ponoc menyelenggarakan program pelatihan animator yang satu ini.

Syarat dan Ketentuan

Buat kalian yang ingin menjadi animator namun belum memiliki pengalaman, program pelatihan ini bisa jadi pilihan yang cocok untuk kalian. Pasalnya, Studio Ponoc tidak mengharuskan peserta program ini untuk memiliki pengalaman atau gelar akademik yang berkaitan dengan pembuatan animasi. Tidak hanya calon peserta dari Jepang, program ini juga terbuka untuk para calon peserta dari berbagai negara yang dapat berbahasa Jepang.

Para peserta yang terpilih untuk mengikuti program ini akan menerima pelajaran dasar-dasar animasi selama setahun. Tujuan dari program ini sendiri adalah untuk mempersiapkan para peserta agar dapat menjadi animator yang mumpuni. Para peserta juga akan mendapatkan kontrak kerja dengan upah sebesar 224.000 yen (sekitar Rp 29.310.714,00) per bulan.

Setelah periode pelatihan ini berakhir, ada kemungkinan para animator yang terpilih akan bergabung sebagai pegawai tetap. Studio Ponoc juga berencana untuk merekrut sejumlah lulusan universitas pada tahun 2022 untuk bekerja sebagai asisten produksi. Peran lainnya dalam industri anime adalah mendapatkan status pegawai tetap. Informasi selengkapnya dapat diakses di situs resmi Studio Ponoc.

Tentang Studio Ponoc

studio ponoc anime

Studio Ponoc merupakan sebuah studio animasi yang berbasis di kota Musashino, Tokyo, Jepang. Produser sejumlah film Studio Ghibli seperti When Marnie Was There dan The Tale of Princess Kaguya, Yoshiaki Nishimura, mendirikan Studio Ponoc pada 15 April 2015 lalu. Studio Ponoc memberikan informasi bahwa mereka merekrut sejumlah animator yang sempat bekerja di Studio Ghibli.

Meski masih tergolong studio animasi baru, Studio Ponoc telah memproduksi dua film yang terkenal, yaitu Mary and The Witch’s Flower serta Modest Heroes—Ponoc Short Film Theatre, Volume 1. Pada 2019 lalu, Komite Olimpiade Internasional juga telah meminta Studio Ponoc untuk membuat sebuah animasi singkat yang terinspirasi dari nilai-nilai dalam Olimpiade. Animasi singkat ini rencananya akan tayang beberapa saat sebelum Olimpiade 2020, namun harus tertunda karena pandemi COVID-19 yang juga membuat Olimpiade tertunda.

Nawala Karsa NK Kurio