Jelang penayangan perdana film Earwig and the Witch melalui stasiun televisi publik NHK, terdapat pengumuman tambahan terkait film tersebut. Sherina Munaf, penyanyi asal Indonesia, dipastikan dalam produksi film Earwig and the Witch sebagai seiyuu serta penyanyi.

Diumumkan Sherina Munaf secara langsung di sosial media

Sherina Munaf Earwig and The Witch
SUMBER: https://twitter.com/sherinasinna/status/1326868788084609024

Pengumuman keterlibatan Sherina Munaf dalam film 3DCG pertama Studio Ghibli tersebut diungkapkannya secara langsung melalui akun sosial media pribadinya.

I was so lucky to have participated by singing the songs & voicing one of the characters“, ujarnya dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan sebagai berikut, “Aku sangat beruntung dapat terlibat (dalam film Earwig and the Witch) dengan menyanyikan salah satu lagu, serta mengisi suara salah satu karakter.”

Pengumuman tersebut direspon positif oleh penggemar Sherina Munaf, serta penggemar film karya Studio Ghibli. “Semoga Goro gak bikin papanya keluar dari bioskop lagi ya pas premiere. Sedih liatnya,” ujar @ferdiriva.

Pernah terlibat dalam produksi Studio Ghibli sebelumnya

Sherina Munaf Earwig and The Witch
SUMBER: https://www.instagram.com/p/BQjiy8WB0dT

Ini bukan pertama kalinya penyanyi asal Indonesia tersebut terlibat dalam produksi dengan Studio Ghibli. Sebelumnya di tahun 2017, Sherina Munaf pernah menyanyikan lagu “Niwa No Chigusa“, yang merupakan terjemahan dari lagu asal Irlandia dengan judul “The Last Rose of Summer.

Lagu tersebut digunakan sebagai pengiring dalam iklan televisi buatan Studio Ghibli untuk salah satu produsen makanan asal Jepang, yakni House Food Corporation.

Daftar staf dan seiyuu yang terlibat dalam produksi

Visual Earwig and The Witch
Visual Earwig and The Witch | FOTO: NHK / Studio Ghibli

Masuknya Sherina Munaf dalam bursa seiyuu film Earwig and The Witch, akan menambah daftar orang yang terlibat dalam produksi tersebut. Mengutip Comic Natalieberikut daftar nama staf dan seiyuu yang terlibat dalam film Earwig and the Witch, yakni:

  • Terajima Shinobu, berperan sebagai Bella Yaga
  • Toyokawa Etsushi, berperan sebagai Mandrake
  • Hamada Gaku, berperan sebagai Thomas
  • Hirasawa Kokoro, aktris cilik, berperan sebagai Earwig, atau Aya dalam versi Jepang

Tentunya, film ini disutradarai oleh Miyazaki Goro, anak dari Miyazaki Hayao. Ayahnya sendiri mengambil peran sebagai perencana dan pengembang dalam film tersebut. Niwa Keiko, yang pernah terlibat dalam produksi film anime Ocean Wavesbersama dengan Gunji Emi berperan sebagai penulis screenplay.

Desain karakter dan latar diurus oleh Satake Miho, orang yang sama dalam pembuatan ilustrasi novel Earwig and the Witch, dan Kondo Katsuya berperan sebagai desainer karakter dalam bentuk animasi 3DCG.

Dalam pengawasan pembuatan CG, Nakamura Yukinori berperan dalam hal tersebut. Seri Tan mengambil peran sebagai pengarah animasi, dibantu oleh Takeuchi Yuhki dalam pembuatan latar belakang.

Takebe Satoshi turut membantu dalam pembuatan komposisi musik, Kasamatsu Koji sebagai pengarah suara, serta Kimura Eriko mengurusi pengarahan rekaman dialog yang ada.

Dalam produksi animasi, Morishita Kentarou mengambil peran sebagai produser animasi, dan urusan manajer produksi dipegang oleh Yoshikuni Isao, Tsuchihashi Keisuke, serta Hoshino Koji.

Kapan film 3DCG pertama Ghibli tersebut akan tayang?

film earwig and the witch 3dcg
Visual Earwig and The Witch | FOTO: NHK / Studio Ghibli

Semakin menarik perhatian penggemar, terutama dari Indonesia, banyak penggemar setia Studio Ghibli yang bertanya-tanya kapan film Earwig and The Witch tayang perdana di Jepang.

Film Earwig and the Witch, yang berdurasi 82 menit tersebut akan tayang perdana pada tanggal 30 Desember 2020 di stasiun televisi milik lembaga penyiaran publik Jepang, NHK General (NHK-G).

Produksi Earwig and the Witch sendiri tidak dipegang sendiri oleh Goro, melainkan dibantu oleh ayahnya, Hayao Miyazaki dalam urusan perencanaan dan pengembangan film tersebut. Toshio Suzuki berperan sebagai produser dalam film tersebut.

Film ini sendiri akan didistribukan oleh perusahaan distribusi film Wild Bunch. Perusahaan tersebut telah bekerjasama dengan Studio Ghibli selama lebih dari dua dekade. Film ini nantinya juga akan didistribusikan di Prancis oleh perusahaan yang sama.

Sinopsis Earwig and the Witch

film earwig and the witch 3dcg
Poster Earwig and The Witch | FOTO: NHK / Studio Ghibli

Sebelum diadaptasi menjadi film anime 3DCG oleh Goro Miyazaki dibawah naungan Studio Ghibli, karya Diana Wynne Jones itu diterbitkan pada tahun 2011. Karangan tersebut menceritakan tentang Earwig, yang tinggal di panti asuhan St. Morwald. Tak seperti yang lainnya, Earwig selalu bahagia tinggal disana sejak ia ditelantarkan di depan pintu panti asuhan tersebut.

Suatu saat, Earwig didatangi oleh Bella Yaga dan Mandrake. Mereka berdua merupakan penyihir yang menyamar sebagai orang tua angkat. Mereka membawa Earwig ke rumah mereka yang misterius, penuh dengan kamar rahasia, ramuan, serta buku mantra dimana selalu ada banyak hal magis di setiap sudut rumah itu.

Bagi kebanyakan anak-anak pastinya akan lari ketakutan melihat hal tersebut. Namun, Earwig berbeda dari mereka. Klimaks dari film ini adalah Earwig, yang menggunakan akalnya, dan dibantu oleh seekor kucing yang bisa berbicara, memutuskan untuk menunjukkan kepada para penyihir tersebut siapa yang berkuasa.

Do you like Naufal Alfarizy's articles? Follow on social!
Nawala Karsa NK Kurio