Shenmue the Animation Diumumkan Crunchyroll, Diproduseri Yu Suzuki!

Seno Triadi
shenmue the animation
FOTO: Crunchyroll / Adult Swim

Menyusul kelanjutan franchise dari gim klasik Shenmue, Crunchyroll bersama dengan Adult Swim resmi mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi anime Shenmue the Animation di studio Telecom Animation Film. Belum ada detil lanjut mengenai proyek anime tersebut.

Shenmue the Animation, segera di Adult Swim!

Dalam Crunchyroll Expo yang diadakan 4 September kemarin, diumumkan bahwa produksi anime untuk gim Dreamcast, Shenmue, sudah diumumkan.Sebanyak 13 episode akan diprakarsai proyeknya di bawah Adult Swim Amerika, dan diberitakan bahwa Yu Suzuki akan menjadi eksekutif produser dari anime tersebut.

Shenmue anime akan disiarkan mancanegara selain di wilayah Jepang dan Tiongkok. Untuk penyiaran di Amerika Serikat sendiri, Adult Swim akan tayangkan anime tersebut selama satu musim di blok siaran Toonami mereka. Belum ada kepastian kapan anime tersebut akan pertama kali ditayangkan hingga kini.

Sutradara One-Punch Man kepalai proyek Shenmue the Animation!

Sutradara musim kedua One Punch Man, Chikara Sakurai, akan menyutradarai anime tersebut dalam studio Telecom Animation Film. Produksi anime ini akan melibatkan Sola Entertainment sebagai manajemen produksi tersebut. Yu Suzuki, sutradara dari gim Shenmue akan berperan sebagai eksekutif produser dalam pembuatan anime ini.

Apakah anime Shenmue akan lebih menarik dibandingkan versi gimnya, atau mungkin akan flop? Kita tunggu saja dalam pengumuman berikutnya!

Mengenai Shenmue

Serial gim laga Shenmue adalah gim bertema action-adventure yang dikembangkan oleh studio Sega AM2, besutan Yu Suzuki. Serial ini merupakan trilogi cerita yang dirilis di Sega Dreamcast terlebih dahulu pada tahun 1999 dan 2001, kemudian dirilis seri ketiganya di Playstation 4 dan Steam pada 2019.

Pada masa kompetisi perang konsol awal 2000an, petualangan yang mengisahkan balas dendam Ryo Hazuki ini merupakan serial video game termahal yang pernah diproduksi Sega, yang berkisar antara 47 juta hingga 70 juta Dollar AS. Meskipun demikian, gim ini sangat diminati bagi para pecinta gim Dreamcast untuk dua seri awalnya, sekalipun mengalami kegagalan secara komersil.

Sebelum genre-nya disuksesi oleh serial aksi Yakuza, Shenmue memiliki mode petualangan open-world yang menghandalkan pertarungan berbasis quick-time event. Mekanisme gameplay dalam serial tersebut termasuk beberapa simulasi sosial maupun lingkungan, seperti interaksi kepada karakter NPC, mode siang dan malam, dan mini-game dalam gimnya.

Gim 1 dan 2 kemudian mendapatkan versi remaster yang telah dirilis di platform Steam untuk pengguna PC. Bersamaan dengan itu, seri ketiga untuk gim laga tersebut akan dirilis di platform yang sama pada 19 November mendatang, pasca dirilis pertama untuk platform Epic Games Store dan PS4.