Pada Jumat (23/4), staf dari film anime produksi Studio Ghibli, Earwig and the Witch, mengumumkan melalui situs resmi bahwa perilisan film tersebut di bioskop-bioskop Jepang resmi ditunda. Film yang seharusnya ditayangkan pada 29 April 2021 tersebut harus ditunda karena pandemi COVID-19 yang melanda Jepang.

Hingga saat ini, belum ada informasi lebih lanjut terkait tanggal perilisan baru untuk film Earwig and the Witch di berbagai bioskop Jepang. Namun, para staf produksi film 3D CG itu berjanji untuk segera mengumumkan tanggal perilisan baru segera setelah hal tersebut diputuskan.

Status siaga di Jepang berlanjut

gubernur kota tokyo jepang yuriko koike COVID-19 Jepang
Gubernur Tokyo, Yuriko Koike saat konferensi pers COVID-19 di Kota Tokyo | FOTO: China Daily

Selain Earwig and the Witch, sejumlah film anime lainnya yang dijadwalkan untuk tayang di bioskop Jepang pada hari ini juga ditunda. Film tersebut adalah film terbaru dari serial Crayon Shin-chan, Eiga Crayon Shin-chan Nazo Meki! Hana no Tenkasu Gakuen. Hal ini juga bisa jadi disebabkan karena status siaga yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.

Kasus COVID-19 di Jepang pada saat ini mengalami peningkatan. Perhitungan jumlah kasus harian di Tokyo telah mencapai angka 861 pada Kamis (22/4) dan menjadi angka terbesar setelah jumlah kasus pada tanggal 29 Januari 2021 lalu. Sementara itu, prefektur Osaka juga telah mencatat lebih dari 1.100 kasus baru pada Kamis dan telah mencapai angka 1.000 selama tiga hari berturut-turut.

Sejak Rabu malam kemarin (21/4), pemerintah daerah metropolitan Tokyo telah meminta pemerintah nasional Jepang untuk menetapkan status siaga. Status siaga ini diharapkan dapat mencegah penularan COVID-19 di Jepang dan membatasi jumlah orang yang pergi ke luar rumah untuk menyambut Golden Week (satu minggu penuh hari libur di Jepang).

Pemerintah Jepang menyetujui hal tersebut dan telah mengumumkan status siaga di Jepang. Status siaga ini berlaku dari Minggu, 25 April 2021 hingga Selasa, 11 Mei 2021 untuk para penduduk di wilayah Tokyo, prefektur Osaka, Kyoto, dan Hyogo. Belum diketahui apakah periode status siaga ini akan dapat diperpanjang atau tidak.

Tentang Earwig and the Witch

film anime earwig and the witch

Earwig and the Witch merupakan sebuah film anime 3D CG yang disutradarai oleh Goro Miyazaki dan diproduksi oleh Studio Ghibli. Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya penulis Howl’s Moving Castle, Diana Wynne Jones ini ditangani oleh Toshio Suzuki sebagai produser. Hayao Miyazaki juga turut terlibat dalam bagian perencanaan dan pengembangan.

Film Earwig and the Witch menceritakan perjalanan hidup Earwig, seorang gadis cilik yang tinggal di panti asuhan St. Morwald’s Home for Children sebelum diadopsi oleh dua sosok misterius bernama Bella Yaga dan Mandrake. Setelah menyadari bahwa mereka berdua adalah penyihir, Earwig pun berusaha untuk dapat keluar dari rumah Bella Yaga dan Mandrake serta menyelamatkan dirinya.

Aktris remaja Kokoro Hirasawa menjadi pengisi suara dari karakter utama film Earwig and the Witch, yakni Earwig. Sementara itu, Shinobu Terajima menyuarakan Bella Yaga dan Etsushi Toyokawa menyuarakan Mandrake. Musisi dan aktris dari Indonesia, Sherina Munaf, juga terlibat dalam film ini sebagai pengisi suara dari ibu Earwig dan penyanyi dari dua lagu tema film ini, “Don’t Disturb Me” dan “Atarashii no Sekai Seifuku”.

Nawala Karsa NK Kurio