Penting!
Kominfo Telah Buka Blokir Steam | Gunakan Cara Ini untuk Membuka Blokir Internet Positif | Ayukawa Media Menentang Tindakan Kemenkominfo dalam Insiden Pemblokiran 30 Juli 2022

Band Rock OLDCODEX Bawakan Lagu Tema untuk Free! The Final Stroke

anime free! the final stroke

Pihak produksi serial anime Free! mengumumkan pada Jumat (25/6) bahwa band rock OLDCODEX akan membawakan lagu tema untuk film anime terakhir dari Free!, yaitu Free! The Final Stroke.

Lagu tema yang dibawakan OLDCODEX akan muncul pada film Free! The Final Stroke di bagian pertama dari yang kedua.

Hingga saat berita ini diturunkan, belum diketahui judul dari lagu tema untuk film anime ini. Namun, CD untuk single dari OLDCODEX ini akan dapat dibeli mulai dari tanggal 15 September 2021 mendatang.

Proses produksi Free! The Final Stroke

anime free! the final stroke

Sebelumnya, staf produksi untuk Free! The Final Stroke mengumumkan pada November 2019 bahwa perilisan film ini pada musim panas 2020 harus ditunda karena satu dan lain hal.

Pengumuman tersebut juga menyebutkan bahwa sutradara dan para staf tengah bekerja keras agar film ini dapat membuat para penonton puas dengan ceritanya.

Akhirnya, setelah proses produksi berjalan kembali, para staf film ini mengumumkan waktu perilisannya.

Pada Agustus 2021, pihak produksi mengumumkan bahwa Free! The Final Stroke akan mulai tayang pada tahun 2021.

Digarap Menjadi Dua Bagian

Film anime yang menjadi babak akhir dalam cerita Free! ini akan dibagi menjadi dua bagian. Kedua film ini masing-masing akan dirilis pada tahun 2021 dan 2022.

Film pertama dari Free! The Final Stroke akan ditayangkan di berbagai bioskop Jepang pada 17 September 2021.

Sementara itu, film kedua akan dirilis pada tanggal 22 April 2022 nanti di Jepang.

Sutradara dan pengisi suara

Tak hanya digarap musiknya oleh OLDCODEX, film anime Free! The Final Stroke akan disutradarai oleh Eisaku Kawakami. Kawakami juga telah menjadi sutradara dalam serial anime Free!.

Kyoto Animation tetap menjadi tempat produksi film anime ini. Nobunaga Shimazaki akan kembali sebagai pengisi suara dari karakter utama dalam serial Free!, Haruka Nanase.

Tentang Free!

anime free! the final stroke

Free! merupakan sebuah serial franchise yang diproduksi oleh Kyoto Animation dan Animation Do.

Serial yang bertemakan olahraga renang ini pertama kali dirilis dalam bentuk serial anime televisi pada tahun 2013 yang disutradarai oleh Hiroko Utsumi.

Serial ini berfokus pada kehidupan Haruka Nanase, seorang siswa SMA yang sangat berbakat dalam olahraga renang.

Setelah bertemu dengan rival semasa kecilnya, Rin Matsuoka, Haruka menghidupkan kembali tim renang SMA Iwatobi bersama dengan Makoto Tachibana, Nagisa Hazuki, dan Rei Ryugazaki.

Selain serial anime, Free! juga telah diadaptasi menjadi berbagai film anime, dimulai dari High Speed! Free! Starting Days pada 2015.

Film anime terbaru dari Free! adalah Free! ~Road to the World~ Yume yang dirilis pada tahun 2019 lalu.