Quantcast

Beranda » Tips dan Trik » Trik Pencarian Google dengan Search Operator yang Perlu Kamu Ketahui!

Trik Pencarian Google dengan Search Operator yang Perlu Kamu Ketahui!

Tahukah Kamu bahwa ada suatu metode yang andalkan trik pencarian Google dinamakan Search Operator biar risetmu lebih efisien dan makin cepat?

Kalau NawaReaders ingin mencari sesuatu di Google untuk risetmu atau mencari judul anime, ada kalanya coba pahami beberapa trik pencarian efektif di Google Search biar lebih efisien. Mesin pencari daring nomor wahid di dunia tersebut sudah membantu banyak orang seiring waktu berbenahnya, misalnya ketika Google Maps mengeluarkan fitur di tengah pandemi COVID-19.

Beberapa cara yang akan Kami bahasa ini setidaknya dapat membantumu untuk riset pribadimu begitu juga mencari sesuatu yang diinginkan. Metode yang disebut Google Search Operators ini akan membantu “mbah Google” mendapatkan beberapa tautan yang Kamu cari-cari.

Tunjang Kemampuan Risetmu dengan Trik Pencarian Google!

Agar lebih nyaman dan cepat untuk mencari suatu situs yang memiliki kata yang dicari, Kami sarankan untuk pakai sarikata bahasa Indonesia maupun Inggris. Lebih tepat jika gunakan domain Google pada suatu tempat untuk memulai pencarian, seperti menggunakan bahasa Jepang di Google Jepang.

Filetype

trik pencarian google filetype

Untuk mencari sebuah file yang diinginkan, baik dokumen dalam format Microsoft Office maupun PDF, NawaReaders dapat andalkan Filetype. Cukup dengan menaruh kata “filetype” diikuti tanda baca titik dua, kemudian format file yang diinginkan, Kamu bisa dapatkan sebuah dokumen yang diinginkan sesuai dengan judul yang dicari.

Google telah membuat daftar format file yang sudah disimpan lewat server-nya, jadi jangan lupa untuk merujuk ke sini ya!

Tanda kutip (“Quotation mark”)

trik pencarian google tandapetik

Tanda petik atau kutip biasa dipakai di kolom pencarian untuk mencari sebuah kata yang spesifik fokus mencari topik yang dicari. Untuk memakai tanda baca ini setiap ujung kalimat dikelilingi dengan tanda petik dalam satu susunan kalimat. Google akan mencari kalimat spesifik di dalam tanda baca tersebut, yang juga akan persempit jumlah query pencarian yang didapat secara otomatis.

Rentang Waktu (“Date range”)

Jika ingin mencari sebuah situs atau berita yang ingin dituju antara waktu penulisan, bisa dipakai rentang waktu untuk persempit pencarian. Pertama, masukan kata yang dicari secara spesifik setidaknya tidak lebih dari empat kata, kemudian ketik tanggal dan/atau tahun terbitnya.

Dengan memakai dua titik (disebut ellipses) antara dua waktu akan membawakan Kamu kepada tahun artikel yang dicari dalam kurun waktu yang spesifik terbit.

Tanda plus (“Plus sign”)

Usut punya usut, tanda tambah pun bisa dipakai di antara kata pencarian di Google. Cukup dengan tambahkan tanda plus diantara kata yang dimaksud, akan keluar beberapa hasil pencarian di laman pertamanya situs-situs spesifik bermuatan kata yang dicari.

Tanda minus (“Minus sign”)

Tanda minus ini dipakai apabila inginkan sistem pencarian Google mengeluarkan hasil pencariannya tanpa ada kata spesifik. Tambahkan tanda ini depan kata yang NawaReaders tidak inginkan, dan biarkan Google sortir hasil pencariannya.

Kombinasikan Trik Pencarian Google Sesukamu!

trik pencarian google operator

Untuk lebih efektif dalam menggunakan beberapa operator tertulis diatas, NawaReaders bisa coba eksperimen sendiri perintah-perintah tersebut dengan gabungkan setidaknya dua operator. Metode tersebut pun mungkin bisa Kamu lakukan di mesin pencari kompetitor lainnya, seperti DuckDuckGo atau Bing.

Semakin lama Kamu terbiasa dalam menggunakannya, semakin piawai untuk memakai trik pencarian Google tersebut. Jadi Kamu tidak perlu pusing lagi mencari spesifikasi dari suatu situs atau materi yang lagi dicari di Google.

Ada Lagi Trik Pencarian Google yang Kelupaan?

Kelima metode diatas merupakan segelintir dari sekian banyak metode tanda baca yang sudah dipasang oleh Google agar melakukan pencarian spesifik. Adakah lagi metode yang kita lewatkan? Dan jangan lupa untuk posting komentarmu di bawah kolom komentar di bawah, atau di fanpage Facebook kita!

Loading...