Mahasiswa UPN Veteran Jatim Sosialisasi 1000 Hari Pertama Cegah Stunting

Kelompok mahasiswa dari UPN Veteran Jatim bergerak ke Desa Srigading dalam sosialisasi cegah stunting melalui 1000 Hari Pertama kehidupan

Naufal Alfarizy
Mahasiswa UPN Jatim Sosialisasi
FOTO: UPN Veteran Jawa Timur

Kamis (19/5) lalu, sejumlah mahasiswa dari UPN Veteran Jatim mengadakan sosialisasi 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) dalam kegiatan posyandu di Desa Srigading.

Dipresentasikan langsung oleh perwakilan anggota kelompok ke-108 KKNT, sosialisasi ini diharapkan dapat mencegah kasus stunting di Desa Srigading.

Sosialisasi diadakan di ponkesdes Sukorejo, tepatnya di Dusun Sukorejo, Desa Srigading, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto pada pukul 09.00.

Sebelumnya sosialisasi dari mahasiswa UPN Veteran Jatim tersebut juga diadakan di dua dusun lainnya pada Selasa dan Rabu (17-18/5), yakni di Dusun Srigading dan Dusun Sarirejo.

Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh anggota kelompok 108 KKNT UPN “Veteran” Jawa Timur, bidan desa, perawat desa, kader posyandu, dan seluruh peserta posyandu Dusun Sukorejo.

Mahasiswa UPN Jatim Sosialisasi
FOTO: UPN Veteran Jawa Timur

Kelompok 108 KKNT UPN “Veteran” Jawa Timur menjelaskan gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan yang dibagi menjadi empat fase, yakni fase sebelum kehamilan, fase kehamilan, fase persalinan, nifas, dan menyusui, serta fase bayi hingga balita.

Sebelum itu, kelompok 108 KKNT UPN “Veteran” Jawa Timur juga menjelaskan dan membagikan literasi terkait apa yang terjadi selama 1000 Hari Pertama Kehidupan serta dampak bila anak kekurangan gizi selama 1000 Hari Pertama Kehidupan.

Sosialisasi ini disambut dengan antusiasi oleh warga Dusun Sukorejo yang hadir sekaligus mendapat apresiasi langsung dari perawat desa.

Sosialisasi ini sangat bermanfaat, selama ini kader seharusnya memang mengadakan sosialisasi, namun karena lebih fokus pada pelayanan, kader jadi kesulitan untuk melakukan sosialisasi,” ungkap perawat desa Srigading.

Masa 1000 Hari Pertama Kehidupan sendiri merupakan periode emas bagi tumbuh kembang anak hingga dewasa. Tumbuh kembang ini mencakup fisik, kecerdasan, hingga daya tahan tubuh.

1ooo Hari Pertama Kehidupan terdiri atas 270 hari pada masa kehamilan dan 730 hari pertama pada dua tahun pertama kehidupan anak.

Tujuan kelompok 108 KKNT UPN “Veteran” Jawa Timur mengadakan sosialisasi tersebut adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya pemenuhan gizi anak selama 1000 Hari Pertama Kehidupan.

Harapannya dengan pemahaman masyarakat terkait 1000 Hari Pertama Kehidupan ini dapat mencegah kasus stunting di Kabupaten Mojokerto, khususnya di Desa Srigading.