Broadcasted by Galau Jikan FM

Gerak Cepat, Mahasiswa UPN Jatim Beri Alat untuk Cegah Stunting

Sejumlah peralatan berupa Stature Meter dan juga poster dibagikan oleh Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur ke tiap dusun di Dusun Candiharjo

Naufal Alfarizy
Alat Cegah Stunting UPN Veteran Jawa Timur Mahasiswa KKN
Foto Bersama Bidan Desa Candiharjo (27/05/2022)

Dalam rangka mendukung penurunan dan cegah risiko stunting, mahasiswa KKN-Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur mengadakan pembuatan dan penyerahan alat Teknologi Tepat Guna (TTG) Stature Meter.

Stature Meter merupakan alat ukur tinggi badan yang bisa dipasang ditembok, sehingga mudah dalam pengukuran dan simple dalam penempatannya.

Penyerahan Stature Meter dilakukan oleh mahasiswa UPN Jatim dikarenakan minimnya alat ukur tinggi badan yang akurat pada saat posyandu berlangsung dan agar menarik perhatian balita.

Hal ini dikarenakan Stature Meter ini memiliki motif-motif unik sehingga dapat menarik perhatian balita yang akan diukur. 

Alat Cegah Stunting UPN Veteran Jawa Timur Mahasiswa KKN
Motif Stature Mater Sebagai TTG Kelompok 102 (27/05/2022)

Pembuatan TTG ini membutuhkan waktu kurang lebih 4-5 hari pembuatan. Strature Meter ini terbuat dari bahan papan kayu yang kemudian dipotong sesuai kebutuhan lalu diamplas.

Setelah itu, alat tersebut diberi lem kayu, setelah kering ditempel dengan stiker motif dan dilubangi dibagian atas dan bawah untuk memudahkan pada saat pemasangan.

Penyerahan TTG diselenggarakan pada hari Jumat pukul 09.00 WIB pada tanggal 27 Mei 2022. Penyerahan TTG ini diberikan di Pustu Desa Candiharjo dan di setiap balai dusun Desa Candiharjo.

Kegiatan penyerahan TTG Stature Meter diserahkan dari mahasiswa UPN Jatim kepada bidan Desa Candiharjo dan kader posyandu setiap balai dusun. Mahasiswa KKN disambut baik dengan para kader posyandu dan mendukung kegiatan ini.

Alat Cegah Stunting UPN Veteran Jawa Timur Mahasiswa KKN
Pemasangan poster di balai dusun Kesono (25/05/2022)

Selain penyerahan TTG Strature Meter, mahasiswa KKN juga memasang poster yang telah diserahkan seminggu sebelum penyerahan TTG Strature Meter ini.

Pemasangan dilakukan di setiap balai dusun Desa Candiharjo, yaitu Pustu Candiharjo tepatnya di Dusun Bangkal, Dusun Perjito, dan Dusun Kesono.

Pemasangan diawali di Pustu Candiharjo, Pustu Candiharjo berada di Dusun Bangkal Desa Candiharjo, setelah itu dilanjutkan di balai Dusun Perjito, dan yang terakhir di balai Dusun Kesono.

Alat Cegah Stunting UPN Veteran Jawa Timur Mahasiswa KKN
Proses pemasangan poster (25/05/2022)

Masyarakat menerima dengan baik dan mendukung dengan adanya pemasangan poster pencegahan risiko stunting ini.

Dengan adanya pembuatan alat guna cegah stunting berupa TTG Stature Meter dan pemasangan poster pencegahan risiko stunting ini mahasiswa UPN Jatim KKN-Tematik MBKM kelompok 102 mengharapkan adanya perbaikan fasilitas posyandu dan informasi mengenai pencegahan stunting disetiap dusun di Desa Candiharjo.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.