Broadcasted by Galau Jikan FM

Mahasiswa UPI Gelar Sosialisasi Etika Pergaulan Online pada Pelajar SMP

Kelompok KKN Tematik ke-150 dari UPI Cibiru menggelar sosialisasi bagi pelajar SMP Negeri 163 Jakarta mengenai etika pergaulan online

Avatar
Internet Pelajar
Siswa-siswi SMP 163 Jakarta (kiri) & Ilustrasi Internet (kanan) | EDIT: Nawala Karsa

Mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia baru-baru ini menggelar KKN Tematik dalam bentuk sosialisasi etika pergaulan online di kalangan remaja.

KKN Tematik tersebut sebelumnya sudah dilakukan UPI dengan menargetkan mahasiswa untuk mengabdi di sejumlah daerah di seluruh Indonesia.

Dari sekian tema yang ada, kelompok 150 UPI Cibiru mendapatkan tema bertajuk “Desa Pendidikan Sepanjang Hayat” dimana para mahasiswa mengabdi untuk memajukan Pendidikan di sektornya masing-masing.

Angkat Isu Etika dalam Lingkup Online

Tarif Internet Negara Indonesia Maju Berkembang
Ilustrasi orang mengoperasikan ponsel pintar | FOTO: Nawala Karsa

Dari tema tersebut juga terdapat beberapa subtema namun kali ini tema yang akan dibahas adalah “Sosialisasi Kelembagaan dan Pelaksanaan Program Pendidikan di SMP Sederajat”.

Kegiatan ini dimulai dengan proses bernegosiasi dengan pihak SMPN 163, yakni wakil kepala sekolah Bapak Maryana S,Pd M.M yang memberi izin untuk melakukan KKN di sekolah ini.

Negosiasi tersebut berlanjut ke ibu Soneta S,Pd untuk berdiskusi terkait dengan program kerja yang akan dilakukan, dikarenakan tema yang diangkat barhubungan dengan sosialisasi.

Ibu Soneta mengajar di bidang bimbingan konseling di sekolah negeri tersebut. Beriringan dengan negosiasi tersebut, pada hari yang sama, sebuah pertemuan luring digelar pertama kali setelah kelas online yang berlangsung sejak 2020 sejak merebaknya pandemi COVID-19.

Karena telah menempuh kelas online selama 2 tahun diusulkan yang berhubungan dengan digital. Di saat itu marak dengan pelajar SMP bermain game online, maka diusulkan untuk mengadakan sosialisasi “etika pergaulan online” sebagai tema program kerja yang akan dilakukan.

Dalam tema yang telah ditetapkan ini ada beberapa program yang telah diterapkan yakni pembuatan video edukasi tentang awareness “Etika Pergaulan Online” secara daring.

Tak hanya itu, ada pula sosialisasi dengan siswa secara daring, dan juga sesi konseling yang berhubungan dengan teman online siswa.

Dari sesi sosialisasi tersebut juga dibuat kuesioner yang mendata pengalaman siswa berteman dalam internet.

TikTok dan Whatsapp Mendominasi sebagai Sosial Media Pelajar

KKN Etika Pergaulan Online

Melalui statistik yang dihimpun, pelajar SMPN 163 cenderung menggunakan sosial media seperti Whatsapp, TikTok, Instagram, YouTube, Facebook, dan juga Twitter.

Kebanyakan, pelajar dari SMP Negeri tersebut cenderung menggunakan sosial media. Tak hanya itu, mereka juga berteman dengan satu sama lain di sosial media tersebut.

Dalam statistik tersebut, ada hal menarik yang bisa ditelisik. Pelajar SMPN 163 cenderung jarang bertemu secara fisik dengan teman-teman mereka yang berasal dari sosial media.

Mereka bahkan tidak curhat antara satu sama lain, apabila lawan bicaranya merupakan teman dari sosial media. Mereka juga tidak pernah berinteraksi dengan orang asing di Internet sebelumnya.

Meski demikian, para pelajar kerap kali menghabiskan waktu mereka denggan berselancar di dunia maya, dan kadang kala menggunakan kata-kata kasar di Internet.

KKN SMPN 163 Universitas Pendidikan Indonesia
Dokumentasi kegiatan sosialisasi disertai survei | FOTO: Kelompok 150 UPI Cibiru

Dapat disimpulkan bahwa Siswa SMPN 163 lebih banyak berinteraksi di dunia nyata daripada dunia online.

Tapi itu tidak menutup fakta bahwa beberapa dari kalangan siswa juga ada yang lebih memilih dunia internet.

Dengan diproduksinya video “Etika Pergaulan di Internet/Online” oleh mahasiswa KKN Tematik UPI ini bisa menjadi tolak acuan cara bertata krama di media sosial.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.