Broadcasted by Galau Jikan FM

Waduh, Tentara Rusia Lepaskan Tembakan Ke Sejumlah Pemrotes Dari Ukraina!

Protes masyarakt Ukraina pada tentara Rusia
Ratusan warga Kherson, Ukraina, bergerak menuju alun-alun utama kota.

Hingga lebih dari satu pekan konflik antara Rusia dengan Ukraina berlangsung, belum tampak tanda-tanda akan mereda. Bahkan, konflik antara kedua negara tersebut setiap harinya menunjukkan hal baru yang terjadi, meskipun tidak selalu bereskalasi.

Salah satu kabar terbaru terkait konflik antara kedua negara ini adalah terjadinya tembakan peringatan yang dilakukan oleh tentara Rusia (5/3). Tembakan peringatan ini ditujukan kepada masyarakat Ukraina yang melakukan protes akibat serangan Rusia pada negara mereka.

Protes Masyarakat Ukraina di Kota Novopskov

Berdasarkan lansiran CNN, peristiwa ini terjadi pada wilayah timur laut Ukraina, tepatnya pada wilayah Novopskov.

Menurut statement resmi dari Ukraina, peristiwa ini setidaknya menyebabkan satu orang masyarakat yang melakukan protes tertembak oleh tantara Rusia.

Berdasarkan beberapa video yang beredar terkait peristiwa ini, terlihat tidak banyak masyarakat Ukrainan yang melakukan protes. Hanya segelintir masyarakat yang terlihat melakukan protes di jalanan sambal meneriakan “Ukraina, Ukraina”.

Orang-orang yang melakukan protes tersebut, terlihat hanya berjalan menuju arah pasukan Rusia sambal membawa bendera Ukraina. Mereka juga tidak terlihat membawa satu pun senjata.

Namun, beberapa saat kemudian terlihat ada seseorang yang terjatuh dan terluka di kakinya. Jatuhnya orang ini juga seiring dengan suara tembakan.

Seorang pria terjatuh setelah tertembak tentara Rusia
Seorang pria terjatuh setelah tertembak tentara Rusia di Novopskov, Kharkiv, Ukraina. Gambar: CNN

Selain itu, ada juga suara yang terdengar dari kejauhan menyerukan bahwa semua orang yang berada pada wilayah tersebut, harus segera pergi.

Namun, tidak jelas siapa yang meneriakkannya, entah itu dari pihak tentara Rusia atau pun dari pihak masyarakat Ukraina yang melakukan protes.

Tanggapan Sergiy Haidai

Mengenai peristiwa ini, Kepala Pemerintahan daerah Luhansk, Sergiy Haidai, mengungkapkan pendapatnya.

“Orang-orang mencoba menghentikan Rusia, tapi mereka justru menembaki orang-orang yang tidak bersenjata. Tembakan tersebut menyebabkan korban terluka sebanyak tiga orang dan saat ini mereka sudah mendapat perawatan di rumah sakit,” ujarnya.

Terkait jumlah korban tembakan dalam peristiwa ini, masih terdapat kesimpang-siuran informasi.

Hingga berita ini rilis, belum ada jumlah pasti orang-orang yang menjadi korban tembakan yang terjadi pada wilayah Novopskov.

Mengenai protes masyarakat Ukraina terhadap Rusia yang menyerang negara mereka, yang terjadi pada wilayah Novopskov bukanlah yang pertama.

Beberapa hari sebelumnya, beredar video yang menunjukkan seorang warga Ukraina yang terlihat marah kepada tentara Rusia yang menyerang negaranya dan menduduki wilayah Berdyansk.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.