Broadcasted by Galau Jikan FM

Hebat! Mahasiswa KKN UPN Jatim Buat Sistem Filtrasi Air di Desa Kembangsri

Mahasiswa KKN MBKM dari UPN Jatim baru-baru ini mengembangkan sistem Filtrasi Air di salah satu dusun di Desa Kembangsri!

Naufal Alfarizy
Mahasiswa KKN Filtrasi Air Desa Kembangsri

Kegiatan KKN Tematik MBKM memiliki tema Desa Bebas Stunting. Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa mahasiswa KKN UPN Jatim dari Kelompok 104 yang berlokasi di Desa Kembangsri dengan tujuan untuk mencegah stunting pada anak, termasuk dengan filtrasi air.

Selain mahasiswa membantu bidan desa dalam kegiatan posyandu, mereka juga memberikan arahan terkait sanitasi lingkungan pada warga desa.

Pada tanggal 23 Mei 2022, mahasiswa melakukan survey lokasi untuk mengetahui kondisi sanitasi yang ada pada desa dengan membagikan beberapa kuisioner di Desa Kembangsri.

Kuisioner tersebut dibagi di beberapa rumah yang menjadi perwakilan sebagai rumah percontohan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meyakinkan warga, sekaligus sebagai bukti nyata kondisi sanitasi lingkungan yang ada di desa.

Mahasiswa KKN Filtrasi Air

Setelah dilakukan survey dan pembagian kuisioner di beberapa rumah, mahasiswa kelompok 104 merekap data dari yang sudah didapatkan. Hasil dari kuisioner dari dua dusun di Desa Kembangsri adalah ada beberapa warga di salah satu dusun yang ada di Desa Kembangsri.

Dusun tersebut yakni Dusun Sumberwaru. Tempat tersebut sedikit mengeluhkan karena adanya kekeruhan dan bau pada air.

Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor tercemarnya sanitasi lingkungan yang ada pada desa.

Dari kondisi desa yang sudah dijelaskan, pada hari Jumat tanggal 17 Juni 2022 lalu, mahasiswa KKN Tematik MBKM dari kelompok 104 memberikan alat filtrasi sederhana berskala rumah tangga guna untuk membantu warga Dusun Sumberwaru dari adanya kekeruhan pada air.

Hal tersebut disambut baik oleh perwakilan salah satu desa yang dijadikan sebagai rumah percontohan.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.