Gak Cuma Sisca Kohl, Jepang Juga Punya Es Krim Rasa Mi!

Makanan utama dan desert jadi satu! Kok bisa ya?

es krim rasa mi
Es krim rasa kuah mi (Soranews24)

Kalau kalian sering buka media sosial, mungkin kalian pernah menonton video es krim unik milik Sisca Kohl. Menu yang biasa jadi hidangan pembuka malah menjadi dessert. Ada es krim rasa pecel lele, bahkan es krim rasa mi instant!

Aneh memang, tapi ternyata Jepang juga punya makanan serupa! Terletak di prefektur Akita, tepatnya dekat menara Selion pelabuhan Akitako. Terdapat tempat kecil yang menjual Udon lewat vending machine, serta soft cream dengan rasa udon.

Sebuah stall makanan baru saja menjual es krim rasa mi yang unik ini pada bulan Mei. Soft cream ini bernama ‘Tsuyu Aji Soft’, alias  ‘es lembut rasa kuah mi’, dan dijual dengan harga 380 Yen (sekitar 44 ribu Rupiah), atau 430 Yen (sekitar 50 ribu Rupiah) menggunakan topping.

es krim rasa mi
Dalam es krim terdapat bumbu khas dari produk mi instant-nya. (Soranews24)

Dalam es krim ini terdapat shichimi, campuran 7 bumbu serbaguna masakan Jepang. Ada juga senbei udang, serta taburan tempura bernama tenkatsu.

Hasilnya adalah es krim lembut dengan taburan bumbu ala Jepang, krenyes dari tempura, serta kerupuk beras kecil sebagai tambahan.

Es Krim Rasa Mi dan Vending Machine Retro yang Unik!

es krim rasa mi
Auto-restaurant yang tersisa di Jepang. (Soranews24)

Soft cream rasa kuah mi tersebut bukan satu-satunya hal unik dari Menara Selion ini. Ada juga vending machine retro yang menjual makanan kemasan otomatis, lengkap dengan cara memasaknya.

Sejarahnya, sekitar tahun 1960-an, ada banyak mesin-mesin makanan elektronik di seluruh penjuru Jepang. Vending machine yang populer dengan sebutan ‘auto restaurant’ ini, dulunya menjual makanan kemasan, dengan dispenser air panas untuk memasaknya.

Sayangnya, karena minimarket semakin populer di Jepang, demand atas vending machine unik ini semakin berkurang. Sekarang, hanya beberapa saja yang masih tersisa. Biasanya mesin-mesin ini ada di rest area atau spot turisme.

Bagaimana cara mesin-mesin ini bekerja? Kamu bisa cek video satu ini:

Nampaknya merek vending machine mi tersebut cukup terkenal di masyarakat. Dekat dengan lokasi es krim rasa mi dan vending machine tadi, terdapat toko yang menjual merchandise dari merek tersebut, mulai dari kaos, magnet kulkas, hingga tote bags.

Keren banget ya? Apa kamu ingin mengunjunginya waktu ke Jepang nanti? Tulis komentarmu di bawah ya!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.