Rayakan 50 Tahun, Kamen Rider Adakan Virtual Run di Thailand

Adi Styadi

Serial tokusatsu populer Kamen Rider, tahun ini akan menginjak umur 50 tahun. Untuk merayakannya, Toei sudah mengadakan beberapa event, baik dalam dan luar Jepang.

Salah satu event tersebut adalah marathon virtual yang diadakan di Thailand dengan nama Rider Virtual Run 2021. Toei bekerja sama dengan Dream Express Co, selaku perusahaan pemegang lisensi karakter dan serial Kamen Rider di negara tersebut.

Dengan konsep tema ‘Berlari Bersama Dengan Kekuatan’, event ini akan mengambil tiga era generasi Kamen Rider sebagai tema utama. Ketiga generasi tersebut, tentu saja adalah era Showa, Heisei, dan Reiwa.

Kamen Rider Virtual Run

Tergantung dari generasi yang akan mereka pilih, para peserta dapat memenangkan medali yang bergambar Kamen Rider ikonik dari ketiga generasi tersebut. Generasi Showa diwakilkan oleh Ichigo, Heisei oleh Kuuga, sementara Reiwa oleh Zero-One.

Kamen Rider Virtual Run

Peserta juga dapat memilih dua pilihan jarak lari yang dapat mereka tempuh, yaitu lima puluh, atau dua belas kilometer.

Masing-masing jarak juga memiliki opsi pack dengan harga berbeda. Semakin mahal, semakin mewah pula hadiah yang didapatkan peserta setelah menyelesaikan perlombaan. Selengkapnya, kamu bisa lihat di situs resmi mereka.

Bagaimana Virtual Run Kamen Rider berlangsung?

Karena pandemi COVID-19 masih menjadi perhatian, berbagai acara yang bersifat publik harus ditunda dan dicari penggantinya. Ini menyebabkan olahraga marathon atau jalan santai tidak bisa dilangsungkan.

Solusinya, adalah mengadakan event marathon dan lari santai tersebut secara virtual, seperti yang dilangsungkan dalam Kamen Rider Virtual Run.

Peserta tetap diminta untuk berlari, baik secara outdoor, atau indoor menggunakan treadmill. Tidak ada venue khusus yang membatasi, dan mereka bebas untuk berjalan atau berlari. Selama bisa mencapai jarak yang ditentukan.

Dalam Kamen Rider Virtual Run ini, peserta dapat mencatat progress berlari mereka menggunakan aplikasi smartphone, diantaranya adalah: Run Social, Nike Running, Strava Running, dan Runkeeper.

Setelah selesai mencapai jarak yang ditentukan, para peserta dapat mengumpulkan bukti dari aplikasi pelacak mereka, dan pihak penyelenggara akan mengirimkan hadiah sesuai dalam pack yang peserta bayar.

Sayangnya, event virtual run dari Kamen Rider ini hanya bisa dilangsungkan di beberapa negara, diantaranya: Thailand, Hong Kong, Macau, Malaysia, dan Singapore. Peserta yang mendaftar juga harus memberikan alamat valid dari salah satu negara tersebut. Mau tidak mau, penggemar Kamen Rider di Indonesia harus menunggu tanggal main mereka sendiri.