1. Pop Kultur Umum

Yuk Baca Tips Penting Ini Saat Datang Ke Ennichisai!

Ennichisai kembali diadakan di Jakarta lho! Event jejepangan yang sudah diadakan dari tahun 2010 ini akan tetap diadakan di Blok M, kawasan komersil yang terintegrasi dengan Halte Bus Kota – Transjakarta – dan MRT Jakarta.

Bagi kalian yang belum tahu, The Little Tokyo Ennichisai Blok M adalah acara tahunan yang mencakup kulinari, seni, dan kebudayaan Jepang tradisional dan Modern, yang diadakan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Acara ini sudah ada sejak tahun 2010!

Setiap tahunnya, terdapat lebih dari 200 ribu pengunjung yang datang ke acara ini. Jadi, bisa dibayangkan dong, bagaimana ramainya serta populernya acara ini. Terdapat banyak sekali makanan-minuman, serta pernak-pernik jejepangan yang tersedia di acara ini.

Acara ini diadakan selama dua hari lho! Lebih tepatnya pada hari Sabtu (30/6) dan hari Minggu (1/7). Kalian bisa menikmati suasana festival jepang disini, dan gak cuma itu, kalian akan dihibur dengan artis-artis dari Indonesia maupun Jepang!

Nah, tetapi sebelum kalian pergi ke Ennichisai, ada baiknya untuk membaca tips-tips berikut agar saat berada di Lokasi, anda akan lebih nyaman dan aman! Mari kita baca!

Jadilah Minimalis!

Ini adalah tips yang pertama. Mengapa anda harus jadi minimalis? Lantaran nanti, lokasi tempat acara berlangsung akan sangat ramai dan pastinya akan sangat panas! Menjadi orang yang minimalis tentu akan mengurangi peluang anda untuk lebih ‘kepanasan’.

Tak cuma itu, menjadi minimalis di acara ini juga dapat menjadi salah satu kelebihan. Sebab, jika kalian berpakaian yang glamor dan tidak hati-hati terhadap sekitar, anda bisa saja dapat menjadi target oleh orang yang berniat buruk! (Kalau sudah terjadi, laporkan ke petugas Security Ennichisai, ya!)

Bawa Benda-Benda Yang Penting Saja!

Iyap, ini masih ada hubungannya dengan Minimalis. Umumnya, para pengunjung di Ennichisai suka membawa barang-barang berlebih. Barang tersebut biasanya dipakai untuk kegiatan kumpul bersama komunitas-komunitas mereka. (Ya, beberapa pengunjung ada yang datang karena sudah janjian untuk meet-up dengan komunitasnya.)

Tapi seperti yang saya sebut diatas, alangkah baiknya kita menjadi minimalis, membawa barang-barang yang penting saja, agar tidak terhindar dari tindak kriminal.

Sebelumnya, barang-barang apa aja sih yang cukup dibawa ke event ini? Kami merekomendasikan anda barang-barang berikut :

  • Tas
  • Handkerchief – Saputangan
  • Air Minum (minimal 500 mL)
  • Topi
  • Uang yang cukup

Bagaimana dengan barang-barang yang lain? Anda bisa tentukan sendiri!

Perhatikan Sekeliling Anda!

Ini adalah hal yang penting untuk anda lakukan di Ennichisai. Anda harus perhatikan sekeliling anda, hati-hati akan keramaian disalah satu titik, dan tetap jaga barang bawaan anda agar terhindar dari tindak kriminal.

Kenapa? Karena seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Ennichisai tahun lalu sudah didatangi lebih 200 ribu pengunjung, dan bahkan pernah ada kejadian penangkapan copet di Ennichisai tahun 2015.

Maka dari itu, lebih baik persiapkan diri anda, dan perhatikan sekitar anda.

Jangan Rusuh!

Pada momen-momen tertentu, pastinya akan ada keramaian disekitar Stage. Umumnya terjadi saat salah satu Guest Star sudah naik panggung dan mengisi acara pada hari itu. Dan sudah dapat diduga, bahwa yang meramaikan acara tersebut kebanyakan merupakan Fans dari Guest Star tersebut.

Euforia saat meramaikan acara tersebut jangan sampai membuat kalian rusuh. Kenapa? Karena acara pasti akan ditunda dan kalian akan berurusan dengan pihak berwajib. Kemudian, jika kalian punya masalah dengan salah satu pengunjung, jangan berkelahi! Lebih baik bicarakan dengan baik-baik dan selesaikan dengan kepala dingin.

Ramah!

Kunci dari kenyamanan anda saat berkunjung ke Ennichisai adalah Ramah! Selain berguna untuk diri sendiri, ramah tamahan anda juga bermanfaat untuk orang lain.

Karena, tak hanya pengunjung terdahulu saja yang akan datang ke acara ini, melainkan pengunjung baru juga akan datang ke Ennichisai. Jika kalian menemukan pengunjung yang kesulitan memperoleh informasi terkait booth atau lain-lain, anda bisa arahkan mereka ke Volunteer/Staff Ennichisai terkait, atau anda bisa turut membantu mereka.

 

Itulah tips-tips penting yang bisa anda terapkan saat anda berada di Ennichisai nanti. Bagaimana? Apakah anda bisa mengikuti tips tersebut? Atau bahkan anda punya tips-tips lain sebelum mengunjungi Ennichisai tahun ini? Silahkan isi tips ala anda di kotak komentar dibawah!

Do you like Naufal Alfarizy's articles? Follow on social!
Nawala Karsa NK Kurio