Seorang YouTuber yang membuat konten prank berupa membagikan sembako isi sampah bernama Ferdian Paleka sudah bebas dari kurungan penjara.

Dikutip dari Detik, Ferdian dijemput bersama kuasa hukum dan keluarganya di Mapolrestabes Kota Bandung pada hari Kamis (4/6). Selain Ferdian, kedua temannya juga yaitu Tubagus Fahddinar dan Aidil juga bebas di hari yang sama.

Terlihat YouTuber tersebut keluar dari gedung Satreskrim Polrestabes Bandung dengan memakai jaket, topi, dan masker, lalu mengendarai mobil yang sebelumnya disita dan dijadikan sebagai alat bukti.

Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri membenarkan pembebasan YouTuber tersebut dikarenakan korban yang melapor aksi prank tersebut telah mencabut laporannya.

“Dasarnya (Ferdian bebas) itu yang pasti pencabutan aduan dan laporan dari korban kepada kami yang kita terima satu minggu lalu. Itu yang menjadi dasar kami untuk mengeluarkan para tahanan,” ujar Galih.

Galih menambahkan, dengan dicabutnya laporan tersebut, maka kasus prank sembako otomatis dianggap selesai. Walau demikian, Galih tidak mengetahui mengapa korban mencabut laporannya.

“Ya jadi dengan dicabutnya itu, pasti kami hentikan kasusnya. Iya, jadi pelapor juga sudah menanyakan kepada kami bahwasanya yang bersangkutan akan mencabut dan itu semua kami serahkan kepada pelapor yang menerima perundungan itu,” tambah Galih.

Membagikan Sembako Sampah Demi Konten

Seperti yang sudah diketahui, Salah satu Youtuber lokal bernama Ferdian Paleka membuat para netizen geram. Itu karena salah satu konten video miliknya yang melakukan prank melewati batas bercanda kepada transgender.

Ferdian Paleka membuat sebuah konten untuk channel Youtube miliknya dengan melakukan sebuah prank kepada seorang transgender. Dia melakukan prank dengan memberikan sembako kepada transgender yang berisi batu dan sampah. Entah apa yang dipikirkan Ferdian dan timnya dengan melakukan prank yang sudah melewati batas.

Netizen Geram, Polisi Turun Tangan

Mengetahui Ferdian Paleka bebas, netizen beramai-ramai memberikan komentar pedas dan dislike pada konten video milik Ferdian Paleka. Selain itu mereka juga menyerbu akun sosial media seperti Instagram, memberikan rasa kekesalan mereka terhadap Ferdian dengan tindakan jahat kepada transgender yang menjadi korban.

Kasus ini pun diketahui oleh pihak kepolisian Tim Prabu 1 Polrestabes Bandung dengan menunjukkan sebuah screenshot video prank milik Ferdian Paleka. Pihak kepolisian langsung mengunjungi tempat tinggal Ferdian. Warga sekitar lokasi tempat tinggal Ferdian berbondong-bondong melihat situasi rumahnya.

Pelarian Ferdian Paleka Berakhir

Youtuber Ferdian Paleka Prank Waria ditangkap

Jumat dini hari (8/5) netizen mendapat kabar gembira yaitu YouTuber pemberi sampah di kota Bandung bernama Ferdian Paleka berhasil ditangkap. Namun saat itu polisi belum memberi keterangan lebih lanjut.

penangkapan tersebut terjadi pada Jumat dini hari (8/5) saat kedua pelaku bernama Ferdian Paleka dan Aidil ditangkap tim Satreskrim Polrestabes Bandung dan Ditreskrimum Polda Jabar di KM-19 Tol Jakarta-Merak, Tangerang.

Usut punya usut, Ferdian berencana akan kabur ke Ogan Ilir, Palembang, Sumatera Selatan. Selama kabur, pelaku terus mengganti nomor ponselnya agar tidak terlacak kepolisian.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio