Pukul 13:00 WIB (1/11) ini dikabarkan dari media sosial dari project upd8 bahwa mereka akan akhiri operasinya. Keseluruhan talenta virtual dan vtuber yang berafiliasi dengan proyek tersebut masih tetap beraktivitas hingga penutupannya (31/12) mendatang.

Project upd8 akan akhiri operasinya akhir 2020 ini!

Berdasarkan pernyataan dari firma Activ8 Jepang, perusahaan yang menaungi Project upd8, mereka secara resmi akan menutup aktivitasnya efektif pada (31/12/2020). Pihak resmi tersebut tidak menjawab adakah hal yang menyebabkan penutupan tersebut.

Mengenai beberapa virtual YouTuber yang terafiliasi dengan proyek tersebut, pihaknya menyatakan telah melepas kesemuanya mulai tanggal penutupannya. Mereka akan berjalan secara independen untuk proyeknya 2021 mendatang.

Lanjut ditulisnya, upd8 menyatakan rasa terima kasihnya atas banyak dukungan dari para penggemar vtuber dibawah asuhan mereka. Mereka pun meminta maaf atas pengumuman mendadak tersebut.

Tentang Project upd8

upd8 (dibaca, update) merupakan proyek virtual YouTuber dibawah perusahaan Activ8 menaungi talenta virtual. Proyek tersebut menawarkan hiburan pop kultur Jejepangan dan pelayanan lainnya.

Otonashi Rhythm (kini Lanna), vtuber yang dulu dibawah proyek tersebut, jelaskan bahwa mereka bukanlah sebuah agensi maupun perusahaan, melainkan sebuah produser pendukung hiburan pop kultur. Dilansir dari pernyataannya lewat TwitLonger, proyek tersebut mendukung beberapa virtual talent sesuai dengan pengalaman dan kontak dengan industri hiburan digital. Beberapa yang dimaksud adalah event livestream dan program televisi, kolaborasi perusahaan, pertukaran informasi teknologi virtual reality, penyuluhan hukum, dan lain sebagainya.

Talenta virtual independen tetap berkarya sesuai konten video mereka sebebas mungkin tanpa dikekang sekalipun. Tidak ada biaya pendaftaran untuk masuk ke firma tersebut, meskipun penghasilan dari monetisasi vtubernya akan diambil upd8 lewat sponsor. Ini dilakukan untuk melanjutkan investasi di platform tersebut dan tetap memberikan dukungan kontinyu kepada vtuber yang berafiliasi dengan proyek tersebut.

Sejauh ini, upd8 tidak membatasi anggotanya dari warga negara manapun, bahkan penduduk non-Jepang pun dapat ikut. Induk firma Activ8 saat ini sangat berinvestasi proyeknya menuju pasar internasional, maka dari itu mereka akan membuka situs upd8 berbahasa Inggris sebagai rencananya.

Siapa saja yang dulu terlibat?

Untuk beberapa talenta yang terlibat dalam firma upd8, mereka yang diketahui ikut proyek tersebut antara lain Omega Sisters, Yamikumo Kerin, Shibuya Hal dan masih banyak. Beberapa yang pernah terlibat dengan perusahaan tersebut adalah Kizuna Ai (keluar (1/4) lalu), grup HoneyStrap, Otonashi Rhythm (kini Lanna), dan lain sebagainya.

Beberapa vtuber yang kini telah lulus dari karir vtuber diantaranya Oda Nobuhime, Yuen Aya dan Yuen Mina, dan Sougetsu Eli (personil HoneyStrap).

Nawala Karsa NK Kurio