Virtual Youtuber ‘naga sableng’ dari agensi Hololive, Kiryu Coco baru-baru ini didapuk sebagai Virtual Youtuber dengan pendapatan Superchat terbanyak di dunia. Bagaimana bisa?

Kiryu Coco, Virtual Youtuber dengan Superchat Teringgi di Dunia

Statistik Superchat terbaru pada 23 Agustus 2020 dari laman Playboardmenyatakan bahwa Virtual Youtuber dari agensi Hololive tersebut berhasil meraih pendapatan terbesar dari Superchat.

Pendapatan Kiryu Coco diperkirakan menyentuh angka Rp 12,5 Milyar, berdasarkan statistik Playboard. Ia mengalahkan kanal YouTube kontroversial asal Korea Selatan, yakni Galoseloyeonguso dengan pendapatan senilai Rp 11,5 Milyar.

Virtual Youtuber Mendominasi Peringkat Superchat

Uniknya, hanya sedikit kanal non-Virtual Youtuber yang berada di peringkat sepuluh besar kanal YouTube dengan pemasukan terbanyak di dunia. Sekiranya ada tujuh Virtual Youtuber dari agensi maupun independen yang menguasai peringkat pendapatan tertinggi tersebut.

Mengutip dari Playboard, berikut daftar lengkap 10 YouTuber dengan perolehan Superchat terbanyak di dunia per-Agustus 2020:

NO Nama Jenis Agensi
1 Kiryu Coco Virtual Youtuber Hololive
2 Galoseloyeonguso Youtuber
3 Uruha Rushia Virtual Youtuber Hololive
4 Minato Aqua Virtual Youtuber Hololive
5 Usada Pekora Virtual Youtuber Hololive
6 Kuzuha Channel Virtual Youtuber Nijisanji
7 Houshou Marine Virtual Youtuber Hololive
8 UnitedGamer Youtuber
9 MSS Project Channel Youtuber
10 Inaba Haneru Virtual Youtuber 774 Inc.

Evelyn Vtuber Masuk Peringkat Lima di Indonesia

Beralih ke perolehan Superchat milik Youtuber di Indonesia, dimana peringkan sepuluh besar Superchat tidak dikuasai oleh para Virtual Youtuber seperti Kiryu Coco melainkan kanal-kanal dengan niche Gaming. Peringkat pertama bahkan tidak berasal dari Indonesia, melainkan luar negeri.

Uniknya, Virtual Youtuber independen yakni Evelyn meraih posisi kelima dari tangga Top 10 perolehan Superchat. Meskipun meraih sedikit pemasukan dari Superchat, Evelyn sekaligus YouTuber lainnya juga mendapatkan revenue dari berbagai platform seperti AdSense, Trakteer, dan sebagainya.

NO Nama Jenis Konten Asal
1 Dark Legend Gaming Inggris
2 Asian Street Food Makanan Jepang
3 Hiroaki Kato Mixed Jepang
4 Lehnwa Gaming Indonesia
5 Evelyn -Vtuber- Virtual Youtuber Indonesia
6 Nihonggo Mantappu Mixed Indonesia
7 NagasZ Gaming Gaming Indonesia
8 Lapina Gaming Indonesia
9 Sunny and Chris Daily Vlog Korea/Indonesia
10 Ewing HP Gaming Indonesia

Data Terhitung Sejak 10 Januari 2020

Sebagai catatan, laman statistik Playboard mulai mengagregasi informasi terkait Superchat sejak awal Januari tahun ini. Namun, tak semua informasi tercakup dalam statistik tersebut.

Pasalnya, Playboard hanya akan mengumpulkan data terkait Superchat sebelum 10 Januari 2020 apabila livestream YouTuber yang dimaksud telah diarsipkan atau tersimpan. Perolehan Superchat pada model video selain Live, seperti Premiere turut dihitung oleh perusahaan statistik tersebut.

Pendapatan Superchat para Virtual Youtuber sebelumnya pernah diulas oleh Senior Content Writer Nawala Karsa Seno Triadi pada bulan Juli lalu.

Tentang Kiryu Coco

Debut Menarik Coco

Kiryu Coco adalah salah satu anggota virtual youtuber dari agensi Hololive Jepang. Ia merupakan anggota generasi ke-4. Coco memulai debut nya pada tanggal 28 Desember 2019. Menurut cerita, Coco adalah seekor naga yang dipaksa bekerja dibawah naungan Hololive setelah Coco tidak sengaja menghancurkan gedung Hololive.

Ciri khas yang paling menonjol adalah kemampuan bahasa inggris yang native bahkan para penggemar memperkirakan bahwa aksen yang dibawakannya adalah aksen Amerika wilayah selatan. Mereka mempunyai hipotesis bahwa aksen yang dibawakan Kiryu Coco adalah aksen Atlanta. Di salah satu video, Coco mengaku bahwa ia berasal dari USDA (United States of Dragon America).

Dengan penguasaan bahasa Inggris dan Jepang, tidak heran jika Kiryu Coco dikenal tidak hanya di Jepang namun juga diluar Jepang. Coco adalah Vtuber yang senang mencoba seberapa jauh batas peraturan YouTube. Dalam beberapa video, Coco kadang suka mengucapkan kata kasar dan mengacungkan jari tengah, dan mengajarkan hal tersebut ke beberapa anggota Hololive lainnya.

Nawala Karsa NK Kurio