Kabar buruk bagi penggemar gim dan teknologi. Akibat pandemi COVID-19 yang memburuk di Jepang, Asosiasi Suplier Hiburan Komputer (CESA) mengumumkan untuk membatalkan gelaran Tokyo Game Show 2020.

Awalnya Bakal Digelar September Mendatang

Pagelaran game dan teknologi terkini Tokyo Game Show 2020 awalnya akan diadakan pada tanggal 24 hingga 27 September 2020. Acara tersebut digelar di pusat pertemuan terkemuka Makuhari Messe, yang terletak di Chiba, yang tak jauh dari Tokyo.

CESA menyebut, pelaksanaan Tokyo Game Show 2020 di pusat pertemuan tersebut resmi dibatalkan. Pihak penyelenggara akan menggelar acara game dan teknologi tersebut secara online demi menghindari adanya persebaran COVID-19 di acara tersebut secara fisik.

Tokyo Game Show 2020 Bakal Digelar Online

dualsense playstation 5 kontroler
Kontroler DualSense untuk Playstation 5, yang kemungkinan akan diumumkan di Tokyo Game Show 2020 | FOTO: Playstation Blog

Acara yang telah digelar sejak 1996 tersebut, disebut oleh CESA selaku penyelenggara, akan digelar secara daring atau online. Tema untuk acara edisi ke 30 tahun tersebut adalah  “Masa Depan Menyentuh Gaming Dahulu”, yang berhubungan dengan teknologi baru dalam gim.

Tema pada Tokyo Game Show 2020 ini terlihat jelas, sebab semakin banyak teknologi yang disempurnakan untuk menghadirkan pengalaman bermain gim yang menarik, menyenangkan, serta indah. Terlebih, mengenai konsol gim next-gen, kemungkinan besar SONY melalui Sony Entertainment Interactive akan memperkenalkan Playstation 5 pada gelaran tersebut.

Rilis Pers TGS 2020 dari CESA

Terkait dengan Tokyo Game Show 2020 yang dibatalkan, kamu dapat membaca dokumen rilis pers dari Nikkei Business Publication berikut ini, atau dapat membaca versi terjemahannya dibawah:

TOKYO GAME SHOW 2020 BATALKAN ACARA FORMAT FISIK UNTUK CEGAH COVID-19, NAMUN DIRENCANAKAN UNTUK DIGELAR SECARA DARING

Computer Entertainment Supplier’s Association (CESA)

TOKYO GAME SHOW 2020 (TGS2020), direncanakan digelar dari 24 September (Kamis) hingga 27 (Minggu), 2020, kini direncanakan untuk digelar daring. TGS2020, yang biasanya digelar di Makuhari Messe, resmi dibatalkan. TGS2020 diorganisir oleh Computer Entertainment Supplier’s Association (CESA, Ketua: Hideki Hayakawa) dan dibantu oleh Nikkei Business Publications, Inc. (Presiden & CEO: Naoto Yoshida) serta Dentsu Inc. (Direktur Representatif: Hiroshi Igarashi).

Akibat pandemi Novel Coronavirus 2019 (COVID-19) dalam skala global, serta situasi yang masih tidak dapat diprediksi di Jepang, pihak penyelenggara serta co-organisator telah mencapai keputusan setelah pertimbangan yang panjang untuk menempatkan prioritas tertinggi pada kesehatan serta keselamatan para pengunjung, eksponen, serta para pemangku kepentingan. Kami harapkan pengertian serta kerjasama dari anda.

Nawala Karsa NK Kurio