Merebaknya virus COVID-19 atau Corona Virus, membuat sejumlah instansi pemerintah turun tangan guna menyadarkan bahaya penyakit ini melalui sosialisasi, tak terkecuali PT Waskita Karya Tbk.

Melalui kegiatan tersebut, Waskita memaparkan tentang cara melakukan pencegahan dari COVID-19 serta memberikan gambaran sebenarnya mengenai virus tersebut. Termasuk gambaran virus itu secara realita dengan gambaran versi media.

Sosialisasi COVID-19, Pokemon ‘Dikerahkan’

seminar pencegahan cegah corona covid-19 pokemon
Pemaparan pencegahan Virus Corona oleh Waskita. FOTO: Reddit /r/Indonesia, 2020

Yang menjadi perhatian besar, adalah pemaparan informasi mengenai COVID-19 oleh Waskita, yang menggunakan dua karakter Pokemon yaitu Magikarp, dan Gyarados dalam menjelaskan situasi yang ada dalam media di Indonesia.

Permasalahan COVID-19 sendiri memang tengah menjadi hot issue di Indonesia, terutama sejak kasus Pasien Nomor 1 dan 2 yang terkuak identitasnya berkat lalainya pemerintah daerah serta kurang konsistennya media mainstream dalam menjaga integritasnya sebagai sebuah media.

Universitas Swasta dan Negeri Perintahkan ‘Belajar di Rumah’

covid19 tunda jadwal wisuda telkom university cv
ILUSTRASI: Telkom University, Corona Virus, dan Virtual Youtuber Telyu-Chan

Sejumlah universitas turut dikabarkan terkena imbas dari merebaknya COVID-19 atau Virus Corona. Yang pertama melakukan himbauan untuk belajar di rumah ialah Telkom University yang turut membuat kegiatan wisuda pada akhir Maret ini tertunda.

Hal ini disampaikan melalui pengumuman resmi nomor 037/AKD16/SPS/2020 yang telah disiarkan di situs web Telkom University. Alasan di balik penundaan pelaksaanan wisuda ini adalah untuk menghindari penyebaran wabah virus corona yang masih terpapar sampai saat ini.

Jadwal pelaksanaan wisuda periode tersebut tertunda sampai paling cepat pada periode selanjutnya, yaitu Agustus 2020 atau sampai dengan kondisi yang dinyatakan telah aman oleh pemerintah.

Sambil menunggu jadwal wisuda, wisudawan dan wisudawati yang telah memenuhi syarat dapat mengambil ijazah dan transkripnya sesuai dengan jadwal yang telah diumumkan oleh Bagian Standar dan Layanan Akademik di antara ketiga situs web atau media sosial berikut: i-Graciassitus web BAA Telkom University, dan akun Instagram.

“Keputusan ini dibuat untuk melindungi seluruh sivitas akademika beserta keluarga dari risiko penularan COVID-19 yang semakin meluas. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keselamatan oleh-Nya,” tutup Dr. Anisah Fitri, Direktur Sekretariat & Perencanaan Strategis Telkom University seperti dikutip dari surat pengumuman.

Virus Corona Mahasiswa Universitas Indonesia

Sementara itu, Universitas Indonesia memutuskan para mahasiswa/i untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mereka. Namun kegiatan belajar atau tatap muka dilakukan di rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh ini dilakukan selama masa pandemi wabah Virus Corona (Covid-19 atau Coronavirus) dimulai dari 18 Maret 2020 hingga berakhirnya semester genap tahun ajaran 2019/2020. Semua pihak, baik itu pimpinan fakultas, program studi dan dosen agar diminta untuk kerja samanya selama pembelajaran jarak jauh ini.

ANTV Gelar HUT Tanpa Penonton Akibat Virus Corona di Jakarta

Pembatalan Undangan Ulang Tahun ANTV ke 27

ANTV terpaksa membatalkan undangan tersebut sebagai tindak lanjut atas instruksi pemerintah terkait pandemi virus Corona. Adanya pandemi memaksa stasiun televisi milik grup Bakrie tersebut membatalkan undangan acara yang dilaksanakan di Lapangan Banteng tersebut.

Senada dengan ANTV, pembatalan ini juga dilakukan oleh stasiun televisi NET. Berencana menggelar acara konser musik pada 24 Maret 2020, namun kekhawatiran akan virus Corona membuat NET. menunda acara tersebut.

Japan Foundation Tutup Koryu Space untuk Umum Terkait COVID-19

Untuk menindaklanjuti situasi virus corona yang sedang mewabah, pihak JF Jakarta memutuskan untuk melakukan penutupan sementara fasilitas Koryu Space yang berada di Gedung Summitmas Jakarta untuk pengunjung umum. Hal ini diumumkan oleh pihaknya melalui pos yang diunggah pada media sosial mereka.

Penutupan sementara fasilitas Koryu Space dilakukan Japan Foundation Jakarta untuk merespon situasi terkini terkait pandemi virus corona jenis baru atau Corona Virus Disease (COVID-19) yang sampai saat ini masih sedang terjadi di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia. Adapun penutupan fasilitas akan berlangsung mulai Jumat, 13 Maret 2020 hingga Selasa, 31 Maret 2020.

Fasilitas Koryu Space sendiri sempat digunakan untuk kegiatan Japan Cultural Weeks yang telah digelar oleh Japan Foundation Jakarta pada tanggal 10 Februari 2020 hingga 29 Februari 2020.

Untuk menjaga para pengunjung dari ancaman virus Corona, sejak tanggal 24 Februari 2020, PT. Summitmas Property selaku pengelola gedung fasilitas Koryu Space melakukan pemindaian suhu tubuh terhadap semua tamu yang masuk ke gedung Summitmas baik dari pintu depan maupun pintu belakang.

Nawala Karsa NK Kurio