Lima pemuda asal Surabaya telah merilis aplikasi sosial media bernama Sestyc. Aplikasi ini terbilang mirip dengan Instagram namun memiliki desain yang lebih simpel dengan menggunakan perpaduan warna biru dan putih.

Dikutip dari Okezone, Aplikasi ini menyediakan fitur seperti sosial media pada umumnya seperti mengunggah dan membagikan foto, chat, dan telepon.

Kevin Ciang selaku CEO Sestyc mengungkapkan bahwa alasan dibalik dibuatnya aplikasi ini diawali dari kekhawatiran dengan maraknya aplikasi sosial media dari luar negeri digunakan masyarakat.

Setidaknya ada sekitar 171 juta orang pengguna aktif internet di Indonesia, tapi sayangnya sebanyak 99 persen penggunanya lebih menyukai memakai aplikasi sosial media luar negeri seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, LINE, Telegram, dan lainnya.

“Alasan utama kami menghadirkan Sestyc adalah untuk membantu Indonesia dalam memanfaatkan sumber dayanya dengan baik, dalam kasus ini adalah jumlah pengguna internet aktif yang ada di Indonesia,” ujar Kevin.

Tambah Kevin menjelaskan banyaknya pengguna internet aktif di Indonesia lebih memilih memakai aplikasi sosial media luar negeri membuktikan bahwa Indonesia masih belum mandiri dan maju sehingga belum mampu memberikan devisa negara.

Kevin berharap aplikasi sosial media Sestyc dapat bersaing dengan aplikasi sosial media lain dan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia.

Walau dari segi tampilan mirip dengan aplikasi Instagram, Kevin mengatakan bahwa aplikasi yang dia kembangkan bersama keempat orang lainnya yaitu Andy Kurnia Wijaya, Michael Fransesco, Lodixon Gonzaller, dan Jesslyn tetap memiliki perbedaan dibandingkan sosial media lain. Seperti menambahkan bingkai.

Saat ini tercatat setidaknya sudah ada 500 ribu lebih pengguna sosial media Sestyc dengan unduhan sebanyak lebih dari 500 ribu di Google Play Store untuk sistem operasi Android, dan saat ini sudah tersedia di App Store untuk sistem operasi iOS

Nawala Karsa NK Kurio