Sempat dilaporkan ‘menghilang’ dari peredaran, kini manga Kimetsu no Yaiba volume pertama (1) sudah kembali hadir. Apa yang sebenarnya terjadi?

Sempat sold out di awal bulan

Sebelumnya, seorang warganet dengan username @ilhamnurwahid3 melaporkan bahwa ia tidak bisa menemukan komik Kimetsu no Yaiba pada toko Gramedia yang berada di tempat tinggalnya.

“Min, Kimetsu no Yaiba kok engga ada di Gramedia Lembus (Lembuswana, Samarinda)? saya sudah cek yang baru datang rilisan kemarin saja,” ujar Ilham, “kayak Bakemonogatari volume 2, sama Aoyama-kun volume 9.”

Merespon hal tersebut, Editor Komik ELEX-Level Comics mengapresiasi antusiasme yang tinggi oleh para penggemar. Editor menyebut bahwa mereka saat itu (8/7) tengah melakukan proses cetak ulang

“Bagi yang belum menemukan ‘Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba volume 01′ di toko buku, saat ini sedang proses cetak ulang,” ujar Editor, “Mohon bersabar, ya. Akan dikabari lagi kalau sudah mulai sebar.”

Cetakan kedua komik Kimetsu no Yaiba sudah tersedia di toko buku

manga kimetsu no yaiba volume 1 Elex Media
FOTO: (c) @comic_lxlc

Mengutip cuitan terbaru (17/7) Editor Komik ELEX-Level Comics, penerbit ELEX Media Komutindo telah menyelesaikan cetakan kedua dari volume pertama komik Kimetsu no Yaiba.

Cetakan kedua tersebut kini tengah disebar ke berbagai toko buku di Indonesia, dan pihak Editor sendiri berharap agar pendistribusian manga Kimetsu no Yaiba volume pertama (1) tersebut dapat berjalan dengan cepat dan merata.

Sejumlah tempat di kawasan timur Indonesia mungkin akan sedikit terlambat dalam menerima cetakan kedua tersebut. Hal tersebut terungkap dari jawaban Editor saat salah satu warganet menanyakan ketersediaan komik tersebut di Sulawesi Tenggara.

Editor sendiri menyarankan untuk menunggu hingga minggu depan apabila hendak membeli komik Kimetsu no Yaiba di kawasan tersebut.

Sedikit terlambat, menunggu antrian cetakan buku lain

Lamanya proses pencetakan ulang volume pertama komik Kimetsu no Yaiba membuat sejumlah penggemar tidak nyaman. Bahkan, ada yang menyinggung hal tersebut setelah pengumuman.

Meskipun demikian, pihak editor mengaku bahwa hal tersebut terjadi lantaran banyaknya antrian pencetakan buku yang terjadi saat ini. “Iya, banyak antrian cetak soalnya,” ujar Editor melalui balasannya di Twitter.

Berapa harga komik Kimetsu no Yaiba volume 01?

manga kimetsu no yaiba volume 1
FOTO: (c) gramedia.com

Sebagian dari kalian mungkin masih ada yang mempertimbangkan untuk membeli komik Kimetsu no Yaiba. Nah, sebenarnya harga dari komik ini sendiri tidak terbilang mahal.

Berdasarkan pemantauan Nawala Karsa, harga komik Kimetsu no Yaiba 01 di situs Gramedia pada hari Jumat (17/7) saat ini adalah Rp 32.000,- yang merupakan harga yang telah dipotong 20 persen dari harga sebelumnya, yakni Rp 40.000,-.

Harga normal komik Kimetsu no Yaiba 01 di toko buku adalah Rp 40.000,-.

Tentang Kimetsu no Yaiba

menjiplak kimetsu no yaiba

Kimetsu no Yaiba, atau juga yang dikenal dengan judul Demon Slayer, merupakan seri manga karangan Koyoharu Gotouge. Manga ini pertama kali diserialisasikan pada 15 Febuari 2019, di majalah mingguan Shonen Jump milik Shueisha. Di Jepang, manga ini sudah diterbitkan hingga jilid ke-17 dan masih bersambung.

Manga ini juga sudah mendapatkan adaptasi serial TV Anime yang tayang pada musim penayangan Spring 2019. Adaptasi serial TV anime ini mendapat jatah 26 episode. Anime ini dibintangi oleh Akari Kito, Natsuki Hanae, Yoshitsugu Matsuoka dan masih banyak lagi.

Anime Kimetsu no Yaiba sangat populer di kalangan penggemar anime. Pasalnya, anime ini mendapatkan peringkat 1 “Best TV Anime”, “Best Female Character”, “Best Male Character”, “Best Female Seiyuu”, “Best Male Seiyuu”, “Best Theme Song”, “Best Director”, hingga “Best Character Desaign” di Newtype Anime Awards 2019. Hasil ini merupakan hasil voting penggemar yang disebarkan melalui majalah dan voting online dari Newtype. Anime yang disertakan merupakan anime dan film anime yang mulai tayang dari Juli 2018 hingga April 2019.

Anisong Kimetsu no Yaiba yaitu “Gurenge” juga telah meraih peringkat yang mengesankan di situs unduh lagu Mora. Lagu tersebut masuk dalam peringkat pertama dari Anisong yang Paling Banyak Diunduh di tahun 2019, dan peringkat kedua dari single yang paling banyak diunduh di tahun tersebut.

Manga Kimetsu no Yaiba sendiri telah diterbitkan di Indonesia lewat penerbit ELEX Media Komputindo pada 5 Mei 2020. Komik tersebut dijual dengan sistem Pre-order disaat pandemi COVID-19 yang merebak di Indonesia.

Do you like Naufal Alfarizy's articles? Follow on social!
Nawala Karsa NK Kurio