1. Pop Kultur Umum

Sekitar Enam Ribu Bangunan Rusak Akibat Gempa Osaka

Sebuah gempa berskala 6.1 Richter mengguncang bagian barat dari Prefektur Osaka pada hari Senin lalu. Kejadian itu terjadi pada pagi hari dan menewaskan lima orang dan melukai sekitar 400 orang di tujuh prefektur yang berbeda.

Seminggu setelah gempa, belum ada perbaikan skala besar di gedung-gedung yang terkena dampak dari gempa tersebut. Para penduduk di Osaka khawatir akan kebocoran hujan hingga runtuhnya sebagian gedung yang ditempati lantaran Osaka akan segera memasuki Musim Hujan.

https://www.youtube.com/watch?v=bYFyZjXYx0Q

Berdasarkan laporan dari FDMA (Fire and Disaster Management Agency) serta Pemerintah Prefektur Osaka, total jumlah bangunan yang mengalami kerusakan pada prefektur tersebut berjumlah 6.235 bangunan.

Sementara itu, lebih dari 500 warga masih menempati tempat Perlindungan di kota Takatsuki dan Ibaraki. Lebih dari 110.000 rumah warga tidak mendapatkan pasokan gas pasca-Gempa, namun kini, hampir 90 Persen pasokan gas sudah kembali ke rumah warga dan diperkirakan seluruh rumah tersebut akan kembali dialiri gas mulai Senin hari ini.

Perusahaan Monorel Osaka (Osaka Monorail Co.) kembali menghentikan layanannya pada hari Minggu lalu karena kerusakan pada gerbong kereta akibat Gempa, sebelumnya, layanan kereta monorel tersebut sudah kembali aktif pada hari Sabtu lalu.

Dikarenakan kejadian tersebut, pengecekan infrastruktur skala Nasional dilakukan di Jepang, pengecekan tersebut berlaku untuk dinding bangunan yang memakai beton, serta jalan raya.

 

Foto/Video : NHK Jepang
Sumber : JapanTimes.co.jp / JIJI

Do you like Naufal Alfarizy's articles? Follow on social!
Nawala Karsa NK Kurio