Merayakan 60 tahun Sega berdiri, perusahaan gim terbesar tersebut merilis mesin arcade mini bernama Astro City Mini. Seperti apakah bentuknya?

Astro City Mini Buatan Sega Terinspirasi Mesin Arcade Lama!

astro city mini sega cabinet

Sekedar info, Astro City merupakan mesin arcade berukuran besar layaknya yang NawaReaders temui di game center TimeZone atau tempat lainnya yang serupa. Operator dari mesin “ding-dong” tersebut dapat memasang gim didalamnya sesuai variasi dan dapat memainkan berbagai gim dikembangkan oleh Sega atau pengembang gim lainnya.

Diketahui, pada saat Astro City populer di tahun 1993, yang dikembangkan dan diproduksi oleh pengembang yang mendistribusikan franchise gim Yakuza, merupakan momen dimana mesin arcade lebih banyak digandrungi oleh sekian banyak anak muda Jepang.

Selang tahun berganti, mesin arcade jenis ini di Jepang masih dapat dijumpai di segelintir tempat game center, misalkan di daerah Akihabara dengan koleksi retro gim arcade.

Sega Rilis Astro City Mini Akhir Tahun Ini!

Melansir dari Game Watch dan The Verge, untuk Astro City Mini yang digarap Sega ini, mereka memasukkan beberapa judul lawas yang pernah menemui masa jayanya di mesin Astro City terdahulu. Direncanakan 36 judul gim yang siap dipasang untuk mesin jadul klasik berukuran kecil tersebut.

Beberapa dari total 36 judul yang disiapkan, baru sekitar sepuluh judul yang terkonfirmasi menurut situs resminya, antara lain:

  • Alien Syndrome
  • Alien Storm
  • Golden Axe
  • Golden Axe: The Revenge of Death Adder
  • Columns II
  • Dark Edge
  • Puzzle & Action: Tant-R
  • Virtua Fighter
  • Fantasy Zone
  • Altered Beast

Spesifikasi dan Harga Astro City Mini?

Mesin mungil tersebut berspesifikasi memiliki lubang HDMI di bagian belakang, begitu juga dua lubang port bertipe USB-A, USB Micro, dan satu lubang khusus earphone. Belum ada kabar bahwa mesin tersebut dilengkapi dengan baterai tanam yang memungkinkan penggunanya mengisi daya bila baterai mesinnya hampir habis.

Seperti merek lainnya yang telah keluar sebelumnya, macam Neo Geo Mini maupun SNES mini, Astro City Mini didesain layaknya mesin gim tempo dulu berskala minim.

Sega mengatakan bahwa yang membuat unik daripada mesin gim mini lainnya ialah skema stik pada bagian kontrol mesin tersebut memakai microswitches yang didesain lebih interaktif. Sehingga dapat memunculkan sensasi memainkan mesin gim seperti pada zamannya.

Direncanakan, Astro City Mini akan segera dijual secara bebas mulai dari Jepang terlebih dulu, yang akan dirilis pada akhir tahun ini. Harganya secara resmi dibanderol sejumlah ¥ 12.800 (sekitar Rp. 1.550.000).

Tersedia Juga Gamepad Astro City Mini!

Selain daripada konsol mini diatas, Sega juga sediakan peripheral terpisah berupa gamepad khusus konsolnya. Dari informasi yang didapatkan di toko Amazon Jepang, gamepad ini akan dihargai sebanyak ¥3058 (sekitar Rp. 410.000) dan akan keluar bersamaan dengan Astro City Mini nanti.

Alat tersebut sementara ini dapat dipesan sebelum rilis  dan dijual publik di toko gim di Jepang. Belum dipastikan apakah dapat dikirim ke Amerika Serikat pasca rilisnya nanti.

Mungkin dari NawaReaders ada yang minat untuk beli sambilan nostalgia? Terus pantau info terkini dari Kami dan jangan lupa tinggalkan komentar di fanpage kita lewat Facebook, ya!

Nawala Karsa NK Kurio