Belakangan ini sedang ramai diperbincangkan video Najwa Shihab di acara Mata Najwa sedang mewawancarai kursi kosong di hadapannya dan dicecar beberapa pertanyaan. Video tersebut viral dengan hastag #MataNajwaMenantiTerawan. Ada apa dengan kursi kosong tersebut? Yuk, kita cari tahu bersama!

Najwa Shihab Mewawancarai Kursi Kosong di Acara Mata Najwa

Pada video tersebut awalnya Najwa Shihab dalam acaranya bernama Mata Najwa seolah-olah mengundang Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto. Namun tidak lama kemudian kamera diarahkan pada sebuah kursi kosong.

Tidak lama kemudian, Najwa Shihab mulai memberikan beberapa pertanyaan pada kursi kosong tersebut yang berkaitan dengan Menteri Kesehatan tersebut, seperti “menyarankan untuk tidak melakukan lockdown“, “anggaran yang belum terserap dengan baik”, “gedung Kementerian Kesehatan yang kini menjadi klaster baru penyebaran COVID-19“, dan pertanyaan lainnya.

Ada Alasan Dibalik Wawancara “Kursi Kosong”

Dikutip dari Kompas, alasan Najwa mengunggah video dirinya mewawancarai “kursi kosong” karena sebelumnya Najwa sudah berulang kali telah menghubungi Terawan untuk diundang menghadiri acaranya.

Namun sampai saat ini Menteri Kesehatan tersebut belum sama sekali menerima undangan tersebut, sehingga Najwa pun memutuskan untuk mengadakan acara khusus yang berjudul “Menanti Terawan”.

Setidaknya sekitar satu minggu sekali Najwa mengirimkan surat undangan untuk menghadiri acara “Mata Najwa” setiap kali acara tersebut membahas topik terkait pandemi COVID-19.

“Hampir tiap minggu selalu kirim undangan. Tiap episode soal pandemi,” ujar Najwa.

Sayangnya undangan tersebut tidak direspon oleh Menteri Kesehatan tersebut. Sekalinya dijawab, Terawan berdalih bahwa saat ini jadwal yang ia miliki sedang padat.

“Pernah menjawab bahwa tidak bisa karena jadwal, dan kemudian kami selalu menawarkan agar wawancara diatur menyesuaikan waktu dengan agenda Pak Terawan,” tambahnya.

Menurut Najwa, kehadiran Terawan pada acaranya sangat penting untuk memberikan penjelasan untuk publik terkait situasi pandemi COVID-19 yang kini melanda Indonesia.

“Tak ada yang lebih otoritatif selain menteri untuk membahasakan kebijakan-kebijakan itu kepada publik, termasuk soal penanganan pandemi,”

Jadi Bahan Meme oleh Netizen

Mata Najwa Menanti Terawan #MataNajwaMenantiTerawan

Tidak lama setelah video tersebut diunggah, tidak sedikit netizen yang mulai menjadikan video tersebut sebagai bahan dalam membuat suatu meme.

Seperti yang dilakukan akun Twitter @mahasiswikupu2 yang mengunggah adegan Najwa mengajukan pertanyaan pada kursi kosong. Candaan ini sebuah ilustrasi mahasiswa yang ditagih judul skripsi oleh dosen pembimbingnya.

Selain itu, akun Facebook Yasir Ahmad Fadillah mengunggah foto yang telah diedit sedemikian rupa. Dia menambahkan tokoh Joker dari film Joker yang tayang pada tahun 2019 silam.

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=124353666079563&set=a.124353076079622&type=3

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio