Setelah suatu layanan provider dan aplikasi belanja online yang menyisipkan referensi anime dan game pada iklannya, kini restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) tidak ingin ketinggalan. Melalui Fan Page Facebook resminya, KFC Taiwan mengunggah komik one shot, ala Kimetsu no Yaiba, yang mengisahkan seorang pemuda membawakan makanan dari restoran cepat saji tersebut secara takeaway untuk adiknya.

https://www.facebook.com/kfctaiwan/posts/4664321110307081

Jika dilihat lebih teliti, ternyata komik one shot yang bertujuan untuk mempromosikan menu baru di restoran cepat saji tersebut memakai referensi dari anime Kimetsu no Yaiba.

Jika dilihat lebih teliti, sepintas adik kakak yang berada pada komik milik KFC Taiwan tersebut mengingatkan pembaca pada karakter bernama Kamado Tanjiro dan Kamado Nezuko. Selain itu, pada akhir halaman terdapat referensi yang memperkuat bahwa komik tersebut memang memakai referensi anime yang diadaptasi dari manga Kimetsu no Yaiba dikarang oleh Gotouge Koyoharu.

Memang saat ini tidak sedikit perusahaan, termasuk KFC Taiwan, yang memanfaatkan kepopuleran suatu anime, game, hingga meme sebagai referensi pada iklan suatu produk yang ingin dipromosikan untuk menarik perhatian agar netizen tertarik melihat iklan dari produk tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh layanan provider XL Home pada akhir tahun 2019 dengan membuat iklan produknya dengan menambahkan referensi anime JoJo’s BIzzare Adventure pada Fan Page Facebook resminya.

Tidak hanya gambarnya saja, caption yang digunakan pun sangat kental dengan referensi anime tersebut yang kini menjadi meme tersendiri.

Ketika ada temen mampir ke rumah buat nebeng WiFi:

“Oh jadi kau menghampiriku? Bukannya ke warnet tapi kau malah menghampiri rumahku?”

Hampir setahun kemudian sebelum referensi Kimetsu no Yaiba digunakan oleh KFC Taiwan, aplikasi jual-beli online Shopee Malaysia melalui Fan Page Facebook resminya ikut mengunggah gambar yang terdapat referensi lain, yakni karakter game Genshin Impact bernama Paimon.

https://www.facebook.com/ShopeeMY/photos/a.1572337659685222/2813528205566155/?type=3

Bedanya gambar tersebut lebih diperuntukan untuk memperingati World Food Day atau dalam bahasa Indonesia berarti “Hari Pangan Dunia” yang selalu diadakan setiap tanggal 16 Oktober.

Dalam unggahan tersebut juga mengingatkan netizen untuk tidak membuang-buang makanan, serta mengingatkan bahwa ‘maskot’ Paimon dari Genshin Impact yang ada pada gambar bukanlah “makanan darurat”.

Nawala Karsa NK Kurio