Beberapa hari yang lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah Kalimantan Barat mengumumkan peringatan dini cuaca panas untuk wilayah Kalimantan Barat dan sekitarnya.

Cuaca Panas di Kalimantan Barat

Melalui halaman sosial media Facebook resminya, BMKG Kalimantan Barat mengunggah foto serta peringatan dini cuaca panas. Berdasarkan prediksi mereka, akan melanda cuaca panas di wilayah tersebut per tanggal 8 Oktober 2020.

https://www.facebook.com/infobmkgkalbar/photos/a.2473177789675832/2735572486769693/?type=3

“Kipas rase tak mempan,,

Diprakirakan besok masih panas, banyak wilayah yang belum hujan, hujannya baru di sebagian wilayah saja.

Waspadai potensi hujan yang bisa disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat, pada siang hingga sore hari, di wilayah pesisir barat Kalbar bagian utara mulai tanggal 8 Oktober 2020.”

Ilustrasi Foto Menarik Perhatian Netizen

Tidak disangka-sangka bahwa pengumuman peringatan dini cuaca panas untuk wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) tersebut menarik perhatian netizen yang bahkan tidak tinggal di Kalbar berkat gambar ilustrasi yang digunakan sangat unik.

Gambar yang digunakan adalah foto seseorang seolah-olah dalam kondisi terbakar sebagai ilustrasi cuaca panas yang akan melanda wilayah tersebut, bahkan kipas api yang ada pada gambar tersebut tidak membantu mendinginkan hawa orang tersebut.

Justru netizen melihat gambar ilustrasi tersebut layaknya adegan film “azab” yang sering tayang di salah satu televisi swasta.

“Itu Panas Suhu atau Kena Azab,” komentar Imam Rajasri.

Selain itu, sebagian netizen juga berlomba-lomba “beradu nasib” dan membandingkan cuaca panas yang melanda Kalbar dengan cuaca panas di masing-masing daerahnya. Seperti pada komentar akun Facebook Dimitri Kalashnikov II di bawah ini.

“orang bekasi,” tulisnya.

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=197850681778658&set=p.197850681778658&type=3

Meme Digunakan Sebagai Pengantar Edukasi

Lebih dari sekali baik itu instansi pemerintah, perusahaan, hingga produk secara perlahan mulai memanfaatkan meme sebagai salah satu media terbaik untuk mengedukasi hingga mempromosikan produknya untuk menarik perhatian netizen.

Seperti yang dilakukan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) genap satu tahun yang lalu dengan mengunggah meme “Woman Yelling At a Cat” sebagai ilustrasi yang menggambarkan detik-detik gerhana matahari.

https://www.facebook.com/LAPANRI/posts/2301909786584329

Dalam unggahan tersebut juga menjelaskan bagaimana proses gerhana matahari terjadi, sehingga netizen menjadi lebih tertarik untuk menambah ilmu terkait gerhana matahari.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio