Baru-baru ini, sosial media digemparkan dengan informasi cukup membuat orang kaget (bagi beberapa kalangan orang saja). Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, menyebutkan bahwa Vtube adalah sebuah investasi ilegal.

Otoritas Jasa Keuangan Sebut VTube Adalah Sebuah Investasi Ilegal

Informasi ini berasal dari akun sosial media resmi OJK. Dalam postingan tersebut, sistem pengawasan pemerintah Indonesia dengan tegas mengatakan pernyataan tersebut. Kalian bisa lihat sendiri postingan melalui Facebook atau Twitter resmi dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dibawah ini.

Dengerin Yuk Podcast “Menyingkap Wajah Asli VTube” bersama Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing.

Sobat OJK,…

Posted by Otoritas Jasa Keuangan on Thursday, 28 January 2021 

OJK Vtube, Otoritas Jasa Keuangan Vtube
(Sumber: Akun Resmi Sosial Media Otoritas Jasa Keuangan/OJK)

Berdasarkan Satgas Waspada Investasi (SWI), PT Future View Tech atau VTube masuk dalam daftar investasi ilegal sejak Juni 2020. Bahkan mereka menyebutkan bahwa VTube masih belum mendapatkan izin dan dilarang karena tidak memenuhi sejumlah rekomendasi yang disyaratkan.

Informasi Lanjut Vtube Adalah Investasi Ilegal

Dilansir dari CNN Indonesia, Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan, yaitu Tongam L Tobing memberikan pernyataan resmi terkait keberadaan investasi Vtube.

“Mereka masih dalam daftar investasi ilegal, belum ada perubahan status,” ungkap Tongam L Tobing.

Berdasarkan pernyataan tersebut, sudah jelas mereka (Vtube) dilarang melakukan kegiatan investasi atau perekrutan anggota sampai mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Reaksi Netizen

Mengetahui informasi ini, para netizen yang sejak awal tidak setuju akan adanya Vtube yang masih tersebar diantara masyarakat Indonesia sangat senang dengan pernyataan resmi ini. Berikut ini beberapa reaksi menarik dari netizen terkait pernyataan OJK yang menyebutkan Vtube adalah investasi ilegal.

“Finally OJK nge-up juga, terimakasih, semoga masyarakat yang ikut vtube bisa lebih tercerahkan”

“Udah ku kasih tau keluarga, malah disuruh bubarin OJK. WES ANGEL ANGEL”

“bentar lagi member Vtube bakal bilang kalau ojk nyari panggung”

KFC Konfirmasi Tidak Mengiklankan Produknya di Aplikasi Vtube

KFC Video Vtube

Pada bulan November 2020 yang lalu, akun sosial media resmi retoran cepat saji asal Amerika Serikat Kentucky Fried Chicken (KFC) mengunggah pengumuman yang menyatakan bahwa KFC Indonesia tidak pernah mengiklankan produknya di aplikasi “video sharing” yang dilakukan oleh pihak Vtube.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kalian bisa baca selengkapnya melalui artikel kami disini.

Nawala Karsa NK Kurio