Beberapa minggu sebelumnya, Najwa Shihab sempat menjadi bahan pembicaraan masyarakat, mulai dari mewawancarai kursi kosong, dugaan meminta bantuan saat membawakan acara Mata Najwa meski sudah dibantah, hingga yang terkini; foto profil yang digunakan dalam akun Instagram-nya dianggap mirip dengan gambar Kaneki Ken.

Hal ini berawal saat akun Facebook Johnsen mengunggah perbandingan gambar antara foto profil akun Instagam Najwa Shihab dan gambar karakter Kaneki Ken dari anime Tokyo Ghoul yang saat ini menjadi meme.

Jika dilihat dari posisi pengambilan foto, pemakaian warna hitam putih, serta pakaian yang dikenakan pembawa acara Mata Najwa pada foto tersebut membuat netizen beranggapan bahwa foto tersebut semakin mirip dengan gambar karakter Kaneki Ken.

Reaksi netizen cukup beragam, dimana ada saja yang membuat meme terkait kemiripan tersebut. Seperti yang dilakukan oleh akun Facebook Dzz dengan mengunggah gabungan dari kedua foto dan gambar seolah-olah Najwa memiliki rambut seperti Kaneki Ken.

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=3369487169809245&set=p.3369487169809245&type=3&av=874952739224453&eav=AfaQC5Z2fnsDs8Ag4I9EkP8yLyqzz5Y0pXWBigS-dId94tuyVygBzbqwWFzPhxtXE-E&theater

Untuk memastikan apakah benar saat ini Najwa Shihab menggunakan foto tersebut sebagai foto profil akun Instagram-nya atau hanya akun bodong semata, saya pun mencoba dengan mengecek ke akun resmi Najwa di Instagram yaitu @najwashihab.

Setelah dicek, ternyata memang benar kalau Najwa menggunakan foto tersebut sebagai foto profil akunnya, sehingga tidak perlu diragukan lagi kebenaran foto tersebut.

akun instagram resmi najwa shihab

Sebelumnya ketahui dahulu apa istimewanya gambar karakter Kaneki Ken hingga menarik perhatian netizen untuk dibandingkan dengan foto profil Instagram Najwa Shihab.

Dikutip dari KnowYourMeme. Kaneki Profile Picture adalah gambar yang diambil dari salah satu panel dalam serial manga asal Jepang Tokyo Ghoul:re dengan menampilkan karakter utama Kaneki Ken melihat ke atas dengan mata tertutup rambut.

Gambar tersebut dipakai netizen sebagai foto profil akun sosial medianya sebagai bentuk ekspresi rasa sakit, kecewa, seolah menjadi orang yang tidak diinginkan ataupun ditolak orang lain setelah terjadi sesuatu yang buruk atau kurang menyenangkan menimpa dirinya. Untuk gambarnya sendiri berasal dari chapter ke-30 yang dirilis pada bulan Mei 2015 silam.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio