Sejak beberapa minggu yang lalu, netizen dibuat heboh dengan kemunculan monolith secara misterius di beberapa negara, dan pertama kali muncul di Utah, Amerika Serikat.

Berdasarkan rilisan pers dari Biro Aero Departemen Keamanan Publik Utah menjelaskan pada tanggal 18 November 2020 bahwa penemuan tidak sengaja tersebut berawal saat biro tersebut bekerja bersama Divisi Sumber Daya Satwa Liar Utah melakukan penghitungan satwa domba bertanduk besar di sebelah tenggara Utah, Amerika Serikat.

Selama penghitungan satwa berlangsung, sejumlah kru yang tergabung menemukan sebuah objek misterius yaitu sebuah monolith tertancap di atas tanah di wilayah terluar Red Rock.

Mereka juga sempat kebingungan dengan siapa yang memasang serta maksud dan tujuan ditancapkannya monolit yang tampak terbuat dari besi tersebut.

Untuk mencegah siapapun mendatangi lokasi monolith ditemukan, Biro Aero Departemen Keamanan Publik Utah tidak mengumumkan lokasi pasti monolit tersebut, karena saking terpencilnya daerah ditemukannya monolit beresiko membuat seseorang tersesat.

Ditegaskan juga bahwa siapapun tidak boleh memasang sesuatu baik itu seni instalasi atau apapun itu di daerah sekitaran penemuan monolith karena daerah tersebut dikelola oleh pemerintah federal, tidak peduli asal planet Anda berasal.

Menariknya, berdasarkan pelacakan lokasi dari Google Earth, ternyata monolith tersebut sudah terpasang sejak antara bulan Agustus 2015 hingga Oktober 2016 silam.

Berusaha menemukan lokasi penemuan

Walaupun Biro Aero Departemen Keamanan Publik Utah tidak mengungkap lokasi pasti penemuan, namun ada saja netizen yang bersikeras mencari lokasi penemuan monolith tersebut.

Dikutip dari KnowYourMeme, seperti yang dilakukan oleh akun Instagram @davidsurber_ mengunggah video dirinya mendatangi lokasi ditemukannya monolit, sambil menyimpulkan bahwa monolit tersebut diperkirakan terbuat dari alumunium, berongga, dan tidak memiliki medan magnet.

netizen mencoba menemukan lokasi monolit

Menghilang secara misterius

Tidak lama setelah kabar penemuan monolit mencuat, hanya dalam beberapa hari kemudian, monolit tersebut secara misterius menghilang.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Biro Pengelolaan Tanah Utah melalui laman Facebook-nya yang mengabarkan bahwa monolit tersebut telah dipindahkan oleh seseorang atau kelompok dan hanya menyisakan sepotong logam berbentuk segitiga, seperti yang terdapat pada unggahan akun Instagram @thespencerowen.

monolit yang ditemukan menghilang

Muncul lagi di Romania

Beberapa hari kemudian, ditemukan monolit serupa di perbukitan di kota Piatra Neamt, Rumania. Seperti dalam unggahan akun Twitter @disclosetv di bawah ini.

https://twitter.com/disclosetv/status/1333484643354632198

Nawala Karsa NK Kurio