AFA Station — Para penggemar anime dan manga di Asia pastinya tidak asing dengan acara Anime Festival Asia. Selama lebih dari satu dekade terakhir, acara yang kerap disingkat dengan nama AFA tersebut menjadi acara tahunan yang paling diminati dan menghadirkan berbagai macam aspek budaya pop Jepang di dalamnya.

Pada Jumat (5/3), diumumkan bahwa AFA akan menghadirkan perpanjangan tangan berupa pusat informasi terkini dan budaya Jepang yang bernama AFA Station – J-Culture Entertainment Portal atau AFA Station. AFA Station akan hadir dalam format virtual pada hari Sabtu, 6 Maret 2021 melalui kanal resmi YouTube ANIME FESTIVAL ASIA dan melalui situs resmi afastation.com.

Berbagai program menarik siap temani pemirsa AFA Station 2021

Nantinya, AFA Station – J-Culture Entertainment Portal akan menyiarkan berbagai program menarik dan penampilan penyanyi terbaik Jepang dan Asia. AFA Station juga memiliki serangkaian segmen original, yaitu Artist of the Month, AFA Special Performance, AFA Featured Contents, AFA News, serta Updates & Talk Shows.

Salah satu segmen yang akan dihadirkan dalam AFA Station adalah sebuah segmen program panggung yang disiarkan secara langsung setiap Sabtu minggu pertama di setiap bulan pada sepanjang tahun 2021. Program ini juga akan tayang secara perdana pada peluncuran AFA Station nanti.

Pihak AFA Station juga telah mengumumkan sejumlah acara dan para artis ternama yang akan tampil dalam sejumlah program AFA Station. Ada band Ikimonogakari dan penyanyi LiSA yang dinobatkan sebagai Artist of the Month, dan juga tiga acara menarik lainnya, yaitu Anime Japan 2021, Anime Tour with Hana & Bonnivier (Nijisanji ID) presented by J.CLAIR, dan Hello Kitty: Let’s Respect Copyright!.

Seperti apa ya, ketiga acara di atas serta penampilan dari Ikimonogakari dan LiSA? Yuk, simak informasi di bawah ini!

#AFASTATION Artiste of The Month: Ikimonogakari

AFA Station 2021

Band yang menjadi salah satu penampil yang ditunggu di Jepang ini menjadi Artist of the Month dan akan tampil dalam AFA Station. Ikimonogakari baru-baru ini telah merilis single bertajuk “BAKU” yang menjadi lagu opening untuk serial anime Boruto: Naruto Next Generation dan juga dikenal karena lagu “Blue Bird” yang menjadi opening dari Naruto Shippuden.

Dalam penampilan spesial mereka di AFA Station nanti, akan diperkenalkan pula remix salah sebuah lagu mereka dengan DJ / produser musik Slushii.

Musisi Jepang LiSA akan hadir di AFA Station 2021!

AFA Station 2021

Siapa yang tidak mengetahui nama penyanyi wanita top di Jepang yang satu ini? Penyanyi yang juga dikenal dengan nama J-Pop Rock Heroine ini tentunya menjadi salah satu penyanyi yang paling banyak ditunggu penampilannya oleh para penggemar J-pop.

Sebagai salah satu Artist of the Month, LiSA akan tampil di AFA Station dan akan menyanyikan sejumlah tembang yang terkenal dari serial anime Fate/Zero, Sword Art Online, dan tentunya Kimetsu no Yaiba.

#AFASTATION Anime Japan 2021

AFA Station 2021

Anime Japan 2021 merupakan sebuah acara budaya pop ternama dan terbesar di Jepang serta diadakan setiap tahunnya. Acara yang dikenal sebagai acara wajib untuk para penggemar anime dan manga ini melibatkan berbagai perusahaan anime domestik dan mancanegara.

Tahun ini, Anime Japan akan diadakan secara virtual selama dua hari. Yaitu pada Sabtu, 27 Maret 2021, dan Minggu, 28 Maret 2021. Meski diadakan secara virtual, acara ini tetap akan meriah karena sebanyak 45 program telah disiarkan secara langsung dari AJ Stages dan AJ Studio. Acara ini juga akan disiarkan di tujuh negara lainnya, yaitu Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Singapura, Taiwan, Hongkong, dan Macau.

#AFASTATION Anime Tour with Hana & Bonnivier (NIJISANJI ID) presented by J.CLAIR

Buat kalian yang suka virtual youtuber, acara ini tentu tidak boleh kalian lewatkan. J.CLAIR atau The Japan Council of Local Authorities for International Relations) akan membawakan konten eksklusif yang satu ini.

Acara ini akan dimeriahkan oleh duet host Hana & Bonnivier, dua virtual liver dari NIJISANJI ID. Mereka akan memberikan digital city tour pasca COVID-19 di Jepang, mendatangi berbagai tempat wisata menarik di Jepang, dan membahas sejumlah judul anime dan manga favorit mereka sepanjang masa.

#AFASTATION Hello Kitty: Let’s Respect Copyright!

AFA Station 2021
HELLO KITTY: Let’s Respect Copyright – Win Festive PRIZES From AFA! (INDONESIA Region Only)

Hello Kitty is here!

Siapa tak kenal Hello Kitty? Karakter fiksi imut dan menggemaskan yang menjadi salah satu ikon penting budaya pop Jepang ini akan hadir di program AFA Station TV 032021! Hello Kitty akan hadir menyapa Fan Global & Fan di Indonesia dengan membawakan tema Let’s Respect Copyright, edukasi mengenai hak cipta untuk penggemarnya di seluruh dunia. Khusus untuk AFA Fan di Indonesia, Hello Kitty akan memberikan Giveaways!

Caranya mudah, dengan mengisi survey #letsrespectcopyright dari Hello Kitty bekerja sama dengan Badan Urusan Kebudayaan Jepang bersama dengan CODA memberikan Survey / Kuesioner mengenai kesadaran produk yang menggunakan Hak Cipta.

Selengkapnya untuk partisipan yang berdomisili di Indonesia, dapat klik tautan berikut ini.

Dapatkan kesempatan menjadi 15 (lima belas) orang yang beruntung memenangkan 15 (lima belas) produk istimewa dari AFA!

Nintendo Switch – Tablet WACOM – RAZER Gaming Headset – GOOGLE PLAY Voucher – dan GOPAY Credit!

Let’s Respect Copyright Survey #letsrespectcopyright akan ditutup pada tanggal 24 Maret 2021 (Indonesia Region ONLY).
Nah, itulah acara yang akan ada dalam penayangan perdana AFA Station 2021! Buat para penggemar anime dan manga, inilah obat rindu kalian untuk menikmati berbagai konten budaya pop Jepang, jadi jangan sampai terlewat, ya! Sampai jumpa di penayangan perdana AFA Station!

Nawala Karsa NK Kurio