1. Pop Kultur Umum

Rapid Penang Mencuri Desain Artwork Pesan Layanan TransJakarta

Rapid Penang disinyalir mencuri desain artwork pesan layanan masyarakat TransJakarta. Hal ini terungkap setelah seorang ilustrator yang bekerja untuk PT. Transportasi Jakarta menemukan kejanggalan terhadap desain artwork pesan layanan masyarakat yang dibuat oleh Rapid Penang.

Melalui Twitter sang ilustrator aslinya, Dipta Esnawan (@diptaes), pihaknya memprotes penggunaan karya desain miliknya tanpa ijin oleh Rapid Penang. Berikut ini adalah tweet tersebut:

Setelah viral di Twitter karena statusnya dibagikan oleh lebih dari 1400 orang, pihak Rapid Penang melakukan investigasi dan mengklaim bahwa desain artworknya tidak dengan sengaja mereka curi, melainkan dibuat sendiri berdasarkan inspirasi dari Internet. Kemudian pihaknya meminta maaf jika terdapat kesamaan desain.

Belum berhenti sampai di situ, ternyata diketahui bahwa pihak Rapid Penang melakukan penjiplakan karya dengan menambah dan mengurangi isi konten pada desain artwork tersebut. Hal ini diketahui setelah sang illustrator aslinya dan sejumlah warganet mengidentifikasi kejanggalan yang terdapat pada desain artwork pesan layanan yang diunggah oleh Rapid Penang, dimana terdapat sejumlah bekas penambahan dan pengurangan elemen pada desain artwork yang aslinya dibuat untuk TransJakarta tersebut.

https://twitter.com/geba085424/status/1005922907925516288

Setelah beberapa waktu, akhirnya Dipta telah dihubungi oleh illustrator yang bekerja untuk Rapid Penang dan telah menyatakan permohonan maaf karena telah menggunakan karya milik Dipta tanpa ijin.

Selain itu dari pihak Rapid Penang juga telah menyatakan permohonan maafnya secara personal kepada Dipta. Namun hingga saat berita ini ditulis, belum diketahui apakah pihak Rapid Penang juga telah melayangkan permohonan maaf kepada PT. Transportasi Jakarta.

Saat ini gambar pesan layanan masyarakat yang pernah diunggah Rapid Penang yang diduga mirip dengan TransJakarta telah dihapus dari laman media sosial mereka.

Dilansir dari laman Wikipedia bahasa Indonesia, Rapid Penang, singkatan dari Rapid Penang Sendirian Berhad, adalah perusahaan milik pemerintah yang mengoperasikan bus di Penang, Malaysia. Mulai beroperasi sejak 31 Juli 2007, saat ini terdapat 56 rute bus yang melayani para komuter di kawasan Penang Raya dan sekitarnya, termasuk kota tetangganya seperti Kedah dan Perak.

Rapid Penang adalah perusahaan transportasi umum kedua yang didirikan pemerintah Malaysia. Perusahaan pertama adalah RapidKL yang didirikan tahun 2004.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio