Sejumlah perusahaan anime di Jepang berkolaborasi membentuk proyek kanal Youtube baru bernama AnimeLog. Ide dari proyek itu sendiri adalah untuk mendistribusikan beberapa anime keluarga secara legal dan berlisensi secara digital.

AnimeLog, proyek perusahaan anime Jepang

Dikutip dari Variety, beberapa perusahaan studio animasi terkemuka di Jepang bekerja sama membuat proyek baru untuk luncurkan kanal anime resmi. Perusahaan tersebut, yaitu Toei Animation, Kodansha, dan sejumlah studio lainnya sepakat untuk membentuk sebuah katalog untuk mengunggah sebagian besar judul-judul klasik yang pernah tayang di Jepang di era Showa melalui kanal AnimeLog.

Tujuan proyek kolaborasi antar korporat anime ini tak lain adalah mengajak 30 studio besar untuk menyumbangkan sebanyak 3000 judul anime pada tahun 2022. Di samping itu juga berambisi mencapai jumlah penonton per bulannya sebanyak 300 juta di YouTube.

Proyek yang dinamakan AnimeLog, atau Anilog ini, diluncurkan Jumat lalu oleh perusahaan korporat perencanaan digital Jepang, Analyzelog. Untuk sementara ini, beberapa animenya masih diakses untuk audiens di dalam region Jepang terlebih dahulu. Namun, tidak menutup kemungkinan akan membuka akses ke seluruh dunia dengan menambahkan subtitle Inggris dan Mandarin. Informasi mengenai judul dan kapan penayangan animenya dapat diakses melalui Twitter resminya.

Proyek anime legendaris Hayao Miyazaki ikut termasuk!

mirai shonen conan

Saat peluncuran kanal tersebut, judul-judul yang tersedia di AnimeLog antara lain Black Jack, anime adaptasi dari manga karya Osamu Tezuka. Kemudian, Conan, The Boy in Future yang melibatkan Hayao Miyazaki sebagai sutradara televisi anime tersebut pada 1978, produksi Nippon Animation.

Beberapa perusahaan pop kultur Jepang telah membuka kanal resminya masing-masing, seperti Toei Animation dan Kadokawa. Namun, penggagas proyek AnimeLog meyakinkan agar bisa menumbuhkan audiens dan pendapatan dari iklan lebih cepat dengan cara bergabung dengan proyek tersebut.

“AnimeLog tayangkan anime berlisensi dari perusahaan Jepang langsung”

Jajak pendapat dari Asosiasi Animasi Jepang pada 2019 menunjukkan bahwa industri anime telah mendapatkan kenaikan profit selama enam tahun terakhir. Total keuntungan yang didapat dari industri tersebut sejumlah 20 milyar USD (Sekitar 295 milyar Rupiah) dan 10% keuntungan didapat dari streaming daring.

Menurut pemrakarsa kanal YouTube AnimeLog, Analyzelog, mereka membenarkan bahwa distribusi anime secara ilegal dalam dunia digital semakin marak belakangan ini. “Proyek AnimeLog kami akan mendistribusikan anime yang terlisensi resmi dan beroperasi sebagai kanal yang aman untuk keluarga,” tulis pernyataan resmi.

Nawala Karsa NK Kurio
Enable referrer and click cookie to search for pro webber