Pada Jumat dini hari (12/6), Sony Interactive Entertainment resmi meluncurkan konsol next-gen mereka yakni Playstation 5 atau PS5. Peluncuran tersebut juga diikuti dengan pengumuman lini gim yang akan hadir di konsol tersebut.

Diungkapkan di akhir livestreaming

aksesoris konsol playstation 5 ps5
Konsol Playstation 5 beserta aksesorisnya | FOTO: Sony Interactive Entertainment

Penantian panjang para penggemar konsol milik Sony tersebut selesai sudah dalam livestreaming yang dilaksanakan hari Jumat (12/6) pagi. Livestream yang diadakan pada pukul 3.00 WIB tersebut dimulai dengan sedikit musik yang cukup tenang dan dilanjut dengan kompilasi achievement yang telah diraih konsol Playstation 1 hingga Playstation 4.

Desain konsol sekaligus aksesoris untuk Playstation 5 sendiri akhirnya di-reveal jelang akhir siaran langsung tersebut. Tak hanya itu Sony juga memberikan sekiranya empat gambaran mengenai aksesoris konsol next-gen tersebut.

Livestreaming peluncuran Playstation 5 dapat kamu saksikan di Facebook Nawala Karsa.

Konsol PS5 Memiliki desain yang ‘tidak biasa’

konsol playstation 5 ps5
Desain konsol Playstation 5 | FOTO: Sony Interactive Entertainment

Desain konsol Playstation 5 sendiri terbilang cukup unik, lantaran tidak memiliki pola serupa dengan konsol terdahulunya seperti Playstation 4 ataupun Playstation 3. Konsol kali ini lebih mirip seperti router Internet dibanding dengan konsol milik Sony sebelumnya.

Warna putih sendiri lebih mendominasi pada desain konsol tersebut. Dengan menggunakan desain yang nampak modern ini, tak heran Sony menggunakan warna putih sebagai warna utama pada konsol ini.

Bakal luncurkan versi biasa dan digital

konsol playstation 5 ps5
Versi biasa (kiri) dan versi digital (kanan) dari konsol Playstation 5 | FOTO: Sony Interactive Entertainment

Selain desainnya yang futuristik, konsol Playstation 5 ini juga memiliki versi yang terkesan futuristik namun sedikit memaksa. Nantinya konsol tersebut akan diluncurkan dalam dua versi yang berbeda, yakni versi biasa dan versi Digital.

Konsol PS5 versi biasa memiliki lubang untuk memasukkan disc yang kamu miliki, namun konsol versi digital sangat berbeda. Konsol tersebut benar-benar didedikasikan untuk penggunaan secara digital, dimana lubang disc tidak ada pada konsol versi khusus itu.

Pengguna konsol PS5 digital nantinya harus menggunakan akun Playstation guna mengakses, mengunduh, serta memainkan gim yang dimilikinya pada konsol tersebut.

Sony belum ungkap tanggal rilis maupun harga Playstation 5

Meskipun desain konsol sekaligus sederet nama gim telah diumumkan pada livestreaming tersebut, Sony tidak mengumumkan tanggal rilis maupun harga jual yang pasti untuk konsol PS5 tersebut.

Tidak diumumkannya harga maupun tanggal rilis konsol Playstation 5 ini kemungkinan dapat terus memanaskan hype para penggemarnya akan konsol next-gen tersebut sampai pengumuman berikutnya.

Meskipun belum mengumumkan tanggal perilisan konsol tersebut, sejumlah pengembang maupun penerbit gim yang terlibat dalam livestreaming Playstation 5 telah mengindikasikan bahwa konsol tersebut bakal dirilis sekiranya pada akhir tahun 2020.

Hadirkan gim baru, dan gim lama yang diperbaharui

uang gta online
Misi Heist Casino di GTA Online | FOTO: Rockstar Games

Peluncuran konsol gim, pastinya akan diikuti atau dibarengi dengan peluncuran sederet judul gim yang akan hadir pada konsol tersebut saat hari perilisannya. Dalam peluncuran konsol Playstation 5 sendiri ada sekitar 26 gim yang diumumkan.

Salah satunya adalah Grand Theft Auto V milik Rockstar yang telah dirilis sejak kehadiran konsol Playstation 3 dan XBOX 360. Gim yang baru-baru ini dibagikan secara gratis di PC melalui Epic Store itu rencananya akan di-porting ke konsol next-gen tersebut.

‘Enhanced and Expanded’, itulah yang dijanjikan oleh Sony dan Rockstar Games bagi pemain Grand Theft Auto V di Playstation 5. Versi porting tersebut nantinya akan mempunyai sejumlah improvement pada bagian teknis dan visual.

Nantinya, pengguna Playstation 5 akan mendapatkan GTA Online secara gratis apabila membeli game GTA V.  Tak hanya itu, pemain Grand Theft Auto V di Playstation 4 bakal mendapatkan 1 juta USD dalam bentuk in-game money setiap bulannya hingga GTA V versi Playstation 5 dirilis.

Do you like Naufal Alfarizy's articles? Follow on social!
Nawala Karsa NK Kurio