Belum usainya pandemi COVID-19 di seluruh dunia menyebabkan sejumlah pelaku industri hiburan di Jepang terpapar dan sangat rentan terkena virus tersebut. Hingga 15 Agustus saja, sejumlah artis papan atas pop kultur Jejepangan mendapati virus tersebut selama sepekan terakhir, namun ada beberapa dari mereka yang telah berangsur pulih.

Beberapa Pelaku Industri Hiburan Jepang yang Terkena COVID-19

pelaku hiburan covid-19 fumika baba

Dilansir dari Oricon via Livedoor News, Fumika Baba dilaporkan oleh agensinya bahwa ia terindikasi positif COVID-19. Penemuan tersebut dikabarkan sejak 13 Agustus lalu pasca ia mengeluhkan demam pada pagi hari dan berangsur normal. 

Keesokan harinya, Fumika Baba kemudian menjalani tes screening Polymerase Chain Reaction (PCR) terhadap virus corona tersebut, yang akhirnya dinyatakan positif di hari yang sama.

Baba, oleh agensi talentanya, disarankan untuk tidak beraktivitas dan melakukan isolasi diri selama beberapa hari dan tetap berada dalam pengawasan. Agensinya, Name Management, kemudian meminta maaf atas beberapa urusan dan jadwal syuting serta event yang semestinya dihadiri oleh Baba tersebut.

Fumika Baba sendiri merupakan aktris yang memainkan karakter Medic dalam serial drama tokusatsu, Kamen Rider Drive.

Gitaris Band FLOW, Take Juga Positif COVID-19

Situs resmi dari grup band FLOW mengeluarkan pernyataan bahwa gitarisnya, Take, positif terkena COVID-19. Sebelumnya, ia mengeluhkan gejala yang tipikal dengan yang diderita para pasien yang terkena virus tersebut yang membawanya pergi ke rumah sakit terdekat. 

Pada hari yang sama, ia akhirnya dinyatakan positif COVID-19, dan disarankan manajemen untuk melakukan swakarantina diri selama berobat. 

Dilaporkan, Take mengaku bahwa ia dalam keadaan stabil beberapa waktu ini, meski ia mendapatkan beberapa gejala yang mendadak muncul sebelumnya. 

Tomoharu Shoji dari duo Shinagawa Shoji

Tomoharu Shoji

Yoshimoto Kogyo, salah satu agensi talenta terbesar di Jepang, mengumumkan bahwa Tomoharu Shoji, terinfeksi virus corona di Jepang. 

Pada pernyataan yang dilansir dari Twitter resminya via Hachima Kiko, ia membenarkan mendapat beberapa gejala lazim bagi penderita COVID-19 mulai 12 Agustus lalu. Pasca pengambilan sampel untuk PCR di rumah sakit keesokan harinya, ia akhirnya dinyatakan positif corona pada lusa. 

Shoji kemudian melakukan swakarantina di rumah untuk sementara waktu dan mengikuti anjuran kesehatan dari rumah sakit selama masa pemulihan berlangsung. 

Shozo Endo dari duo Cocorico

cocorico endo

Pada saat yang sama pula, agensi Yoshimoto Kogyo juga umumkan bahwa komedian Shozo Endo, juga positif virus corona. Seperti dikutip dalam situs Oricon, Ia mengeluhkan gejala demam tidak biasa pada 12 Agustus lalu, yang akhirnya mengambil tes PCR di rumah sakit keesokan harinya. 

Baru tanggal 15 Agustus kemarin, ia dinyatakan positif terjangkit virus yang awalnya merebak dari Wuhan, China, tersebut. Oleh agensinya, mereka akan bertindak dalam pencegahan penyebaran virus yang terdapat di dalam agensi, beserta memonitori kondisi dari penjangkit dari virus tersebut.

Shozo Endo merupakan anggota dari duo pelawak, Cocorico, bersama Naoki Tanaka. Endo sering hadir sebagai partisipan dalam acara event tahun baru dalam Downtown Gaki no Tsukai segmen punishment game. Ia juga dikenal dengan karakter Dynamite Shikoku, sebagai pegulat gag character untuk segmen batsu game acara Downtown tersebut.

Kabar Baiknya, Beberapa Pelaku Hiburan di Jepang Sembuh dari COVID-19!

pelaku industri hiburan jepang toshihiko seki

Dari portal berita Oricon, 81 Produce, agensi talenta manajemen untuk para pemeran dan seiyuu, mengumumkan bahwa seiyuu Toshihiko Seki diperbolehkan pulang dari rumah sakit Jumat lalu. Sebelumnya, Ia terindikasi positif dalam screening virus corona beberapa hari silam. 

Manajemen kemudian memberitahukan bahwa Seki akan kembali menjalani karirnya sebagai seiyuu dan tetap dalam observasi untuk protokol pencegahan gejala COVID-19.

Seki mengeluhkan bahwa ia mengalami demam pada 31 Juli dan mengambil tes PCR keesokan harinya. Ia memberitahukan kepada manajemen agensinya bahwa ia terkonfirmasi positif virus COVID-19 pada 3 Agustus. Oleh agensinya, Seki kemudian dirawat untuk beberapa hari dan berada dalam pengawasan sesuai protokol kesehatan rumah sakit.

Toshihiko Seki merupakan seiyuu dibalik beberapa karakter ikonik dalam judul-judul anime maupun tokusatsu. Di antara tokoh yang diperankannya meliputi Momotaros dalam Kamen Rider Den-O, Muzan Kibitsuji dalam Kimetsu no Yaiba, Umino Iruka di Naruto, dan beberapa tokoh anime lainnya.

Hiroki Iijima, Pemeran Emu Hojo dalam Kamen Rider Ex-Aid Juga Dikabarkan Membaik

Hiroki Iijima

Melalui Instagram pribadinya, Iijima melaporkan dirinya bahwa ia berangsur membaik setelah divonis menderita virus corona. Agustus awal lalu, ia sempat didiagnosa mendapati virus tersebut dan oleh agensinya dilakukan karantina secara mandiri sembari pemulihan kesehatannya. 

Iijima, dalam surat yang ditulisnya sendiri, mengatakan bahwa ia sudah sembuh dari COVID-19 pada 13 Agustus lalu. Kemudian ia menghaturkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada pihak yang membantu beberapa hari masa pemulihannya. 

Hiroki Iijima merupakan aktor protagonis Emu Hojo dalam drama tokusatsu Kamen Rider Ex-Aid.

Kemungkinan Pelaku Hiburan Terpapar COVID-19 sangat tinggi!

Mengingat kondisi Jepang dalam keadaan waspada pandemi virus corona ini, beberapa kota besar di negara tersebut mengalami kenaikan kasus selama masa transisi new normal. Tokyo merupakan tempat yang lebih banyak didapati kasus corona setiap harinya, yang rata-rata per harinya mendapatkan sekitar 400 warga terjangkit virus tersebut.  Salah satu contoh, Juli lalu, yaitu Kayoko Takita, member dari mega grup idol AKB48 yang sempat dinyatakan positif corona.

NawaReaders, mari kita doakan agar mereka berangsur membaik dan kembali meramikan suasana pop kultur Jepang kita!

Nawala Karsa NK Kurio