Pada Selasa (27/10), layanan streaming Netflix mengadakan sebuah acara bertajuk Netflix Anime Festival 2020 ~The Future of Anime, Together~ melalui kanal YouTube resmi mereka. Dalam gelaran tersebut, telah diumumkan 16 judul anime terbaru yang akan ditayangkan oleh Netflix mulai pada 2021 mendatang.

Di antara sejumlah program anime di bawah ini, ada beberapa judul yang telah diumumkan sebelumnya dan ada beberapa program yang merupakan judul baru dan telah dinanti-nanti oleh para penggemarnya. Penasaran? Yuk, lihat informasi di bawah ini untuk mendapat informasi selengkapnya!

Resident Evil: Infinite Darkness

Resident Evil: Infinite Darkness Netflix

Setelah sukses diadaptasi menjadi novel, film live action, dan sejumlah merchandise, gim Resident Evil akan mendapat sebuah adaptasi anime berjudul Resident Evil: Infinite Darkness. Nantinya, anime ini akan diproduksi dan proses produksinya diawasi oleh Capcom selaku pengembang gim Resident Evil. Studio TMS Entertainment juga akan ikut memproduksi serial animasi ini dan produksi animasi 3DCG akan digarap oleh Quebico.

Godzilla: Singular Point

Godzilla: Singular Point Netflix

Anime yang satu ini akan menjadi adaptasi anime pertama dari serial Godzilla, sesosok kaiju yang terkenal dari Jepang, dan menjadi anime original Netflix. Godzilla: Singular Point akan disutradarai oleh Atsushi Takahashi dan diproduksi oleh dua studio animasi sekaligus, yaitu Bones, yang akan menggarap animasi dua dimensinya, dan Orange, studio yang dikenal karena karya tiga dimensinya.

Dalam jajaran staf, akan ada Kazue Kato yang menjadi desainer karakter original dan Eiji Yamamori sebagai desainer para kaiju yang muncul dalam serial ini. Kan Sawada didapuk menjadi komposer musik dalam Godzilla: Singular Point.

Sebuah visual terbaru untuk serial anime ini juga sempat diunjukkan dalam gelaran Netflix Anime Festival 2020. Teaser visual tersebut menunjukkan dua karakter utama dalam serial tersebut.

Eden

Eden Netflix

Eden adalah sebuah anime original Netflix bergenre science fiction yang disutradarai oleh Yasuhiro Irie dan diproduksi oleh studio cgsg. Adapun para staf yang akan membantu Irie dalam produksi anime ini adalah Toshihiro Kawamoto sebagai desainer karakter dan Kimiko Ueno sebagai penulis skrip. Rencananya, Eden akan dirilis pada Mei 2021 mendatang.

Para pengisi suara yang berpartisipasi dalam program ini juga telah diumumkan. Pengisi suara Marika Kohno akan menyuarakan karakter utama dalam serial ini, yaitu Sara. Ada pula Kentaro Ito sebagai robot E92 yang juga menjadi ayah angkat Sara, Kyoko Hikami sebagai robot E92 yang menjadi ibu angkat Sara, dan Koichi Yamadera sebagai Zero.

Vampire in The Garden

Vampire in The Garden Netflix

Judul ini merupakan sebuah program anime original Netflix yang bercerita mengenai sepasang manusia dan vampir yang berusaha untuk menyatukan kehidupan ras mereka masing-masing dengan damai. Anime ini akan digarap oleh sutradara Ryotaro Makihara dan diproduksi di studio animasi WIT Studio.

Para staf yang akan membantu Makihara dalam proses produksi anime ini adalah Hiroyuki Tanaka sebagai asisten sutradara, Tetsuya Nishio sebagai desainer karakter original, dan Shunichiro Yoshihara sebagai art director-nya.

Yasuke

Yasuke Anime Netflix
Character design Yasuke.

Yasuke merupakan judul anime pertama yang diumumkan yang memiliki staf dari luar Jepang. Serial anime bergenre fantasi dan period drama ini akan digarap oleh LeSean Thomas selaku sutradara, kreator, dan produser eksekutif dan diproduksi oleh studio animasi Mappa.

Sejauh ini, jajaran staf yang diketahui akan membantu Thomas dalam produksi Yasuke adalah Flying Lotus sebagai komposer musik dan produser eksekutif dan Takeshi Koike sebagai desainer karakter original. Sementara itu, pengisi suara Lakeith Stanfield akan berpartisipasi dalam anime yang satu ini.

Pacific Rim: The Black

Pacific Rim The Black Anime Netflix

Berawal dari sebuah serial franchise film Hollywood yang disutradarai oleh Guillermo Del Toro, Pacific Rim akhirnya akan mendapat sebuah adaptasi anime juga. Pacific Rim: The Black akan disutradarai oleh Craig Kyle dan Greg Johnson dan diproduksi di Legendary Television Studios.

Para staf dalam program animasi ini adalah Ken Duer sebagai produser serta Kim Jae Hong dan Hiroyuki Hayashi sebagai supervisor. Polygon Pictures Animation Production dan Legendary Entertainment Production Company akan ikut menjadi produser untuk serial anime yang satu ini.

Transformers: War for Cybertron Trilogy

Transformers: War for Cybertron Trilogy

Sama seperti Pacific Rim, serial multimedia yang satu ini juga akan mendapat program animasi. Sutradara, staf, dan studio tempat program ini diproduksi sama dengan orang-orang yang menggarap serial Pacific Rim di atas.

Trese

Trese Netflix

Serial anime original dari Netflix ini menjadi program anime multinasional karena para jajaran staf berasal dari negara-negara seperti Brazil dan Spanyol. Trese disutradarai oleh Budjette Tan dan KaJO Baldisimo selaku kreator original dan diproduksi oleh Base Entertainment.

Para staf yang terlibat dalam produksi film ini adalah Jay Oliva sebagai produser eksekutif serta Shanty Harmayn dan Tanya Yuson sebagai produser.

B: The Beginning Succession

B: The Beginning Succession
Setelah sukses dengan musim pertamanya, original net animation (ONA) B: The Beginning akan kembali dengan musim keduanya yang bertajuk B: The Beginning Succession. Musim kedua dari B: The Beginning akan digarap oleh sutradara yang sama dengan musim pertamanya, Kazuto Nakazawa, dan tetap diproduksi oleh Production I.G.

Baki Hanma: Son of Ogre 

Anime yang menjadi bagian dari serial Baki ini juga menjadi salah satu anime yang akan ditayangkan oleh Netflix mulai pada 2021 mendatang. Serial yang berkisah mengenai pertarungan Baki Hanma dengan ayahnya ini akan diproduksi oleh studio TMS Entertainment dan dibintangi oleh pengisi suara Nobunaga Shimazaki.

Baki Hanma: Son of Ogre 

Dalam rangka merayakan produksi animenya, mangaka serial Baki, Keisuke Itagaki, telah merilis sebuah ilustrasi spesial. Ilustrasi tersebut menampilkan Baki Hanma, karakter utama dalam serial ini, yang sedang berpose sembari mengenakan baju bergambar logo Netflix.

Thermae Romae

Manga karya Mari Yamazaki yang bercerita soal pemandian air panas di Jepang dan Roma, Thermae Romae, akan mendapatkan adaptasi serial anime yang dilisensi oleh Netflix. Sejauh ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai sutradara dan para staf yang terlibat dalam produksi serial ini selain studio NAZ yang akan memproduksi serial animenya.

Thermae Romae

Dalam gelaran Netflix Anime Festival 2020, Yamazaki-sensei memberikan sebuah ilustrasi spesial untuk merayakan produksi animenya. Ilustrasi tersebut menampilkan salah seorang karakter Thermae Romae dengan kata-kata “Omnes Thermae Romam Ducunt” (All baths lead to Rome).

High Rise Invasion

High Rise Invasion Tenkuu Shinpan Anime Netflix

High Rise Invasion akan menjadi judul anime bergenre action thriller yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya penulis Tsuina Miura dan mangaka Takahiro Oba. Serial anime ini akan disutradarai oleh Masahiro Takata dan diproduksi di studio ZERO-G. Para staf yang akan membantu Takata dalam produksi serial ini adalah Toko Machida dalam bidang series composition dan Yoichi Ueda sebagai desainer karakter dan chief animation director.

Pengisi suara dalam anime ini juga telah diumumkan. Pengisi suara Haruka Shiraishi, Shiki Aoki, Akira Sekine, Junya Enoki, dan Yuichiro Umehara akan berpartisipasi dalam anime yang satu ini. High Rise Invasion akan dapat ditonton mulai Februari 2021 mendatang.

Rilakkuma’s Theme Park Adventure

Rilakkuma’s Theme Park Adventure

Serial yang menjadi cerita petualangan selanjutnya bagi Rilakkuma setelah Rilakkuma and Kaoru ini akan disutradarai oleh Masahito Kobayashi dari studio dwarf dan diproduksi oleh dward serta Tyo, Inc.. Serial ini akan diproduksi oleh San-X selaku kreator Rilakkuma dan akan dibantu pula oleh Takashi Sumita dan Makoto Ueda dari studio Europe Kikaku sebagai penulis skrip. Aktris Mikako Tabe akan kembali dalam serial ini dan menyuarakan karakter Kaoru, pemilik Rilakkuma, Korilakkuma, dan Kiiroitori.

Thus Spoke Kishibe Rohan

Thus Spoke Kishibe Rohan

Ada kabar gembira buat penggemar JoJo’s Bizzare Adventure, nih. Pasalnya, kisah Rohan akan diadaptasi dalam program anime berjudul Thus Spoke Kishibe Rohan. Anime ini akan disutradarai oleh Toshiyuki Kato dan diproduksi oleh studio David Production yang juga telah menjadi tempat produksi serial JoJo sebelumnya.

Kato akan dibantu oleh Shunichi Ishimoto sebagai produser anime. Mangaka Hirohiko Araki juga dikreditkan sebagai penulis cerita originalnya. Pengisi suara yang telah dikonfirmasi akan berpartisipasi dalam serial ini adalah Takahiro Sakurai.

Gokushufudou

Gokushufudou Anime

Setelah diadaptasi menjadi serial live action dan komiknya telah diterbitkan di Indonesia, Gokushufudou atau The Way of the Househusband akan mendapat serial anime. Anime Gokushufudou akan digarap oleh Chiaki Kon dan diproduksi oleh J.C. Staff. Nantinya, Susumu Yamakawa akan menangani bagian series composition dalam anime ini.

Aktor Kenjiro Tsuda juga akan kembali memerankan Tatsu dalam anime ini.

Spriggan

Spriggan Anime Netflix

Anime terakhir yang diumumkan oleh Netflix dalam acara ini adalah Spriggan, sebuah anime original yang diadaptasi dari manga berjudul sama. Anime ini akan menjadi reboot dari program anime yang telah tayang sebelumnya pada era 1990-an silam.

Anime Spriggan akan diproduksi oleh David Production dan digarap oleh Hiroshi Kobayashi. Kobayashi akan dibantu oleh para staf lainnya dalam proses produksi anime yang satu ini, yaitu Hiroshi Seko sebagai penyusun screenplay dan komposisi seri, serta Shuuhei Handa sebagai desainer karakter.

Itulah 16 judul anime yang telah diumumkan pada acara Netflix Anime Festival 2020. Anime-anime tersebut akan ditayangkan oleh Netflix mulai pada tahun 2021 mendatang. Apakah kalian juga antusias dan tidak sabar untuk menyambut judul-judul terbaru ini? Tenang saja, sebentar lagi sudah tahun 2021, jadi semoga kita tidak perlu menunggu lama untuk serial-serial ini, ya!

Nawala Karsa NK Kurio