Setelah sebelumnya kita diberi ‘harapan palsu’ akan produksi serta penayangan seri Satria Naga Kai di SCTV, MNC Animation baru-baru ini mengungkap produksi seri Satria Heroes terbaru mereka, yakni animasi Satria Bima S!

Gantikan live action, seri Bima S bakal berbentuk animasi

Animasi Satria Bima S
FOTO: Facebook Bima Animation

Dalam pengumuman yang mereka publikasikan pada Selasa (30/6) lalu di laman Facebook resmi, MNC Animation mengungkapkan bahwa seri Satria Heroes kali ini diproduksi dalam bentuk animasi.

Seri yang sebelumnya diberi judul Bima Satria Garuda Animated Series ini direncanakan tayang pada tahun 2020 ini. Belum ada detil lengkap terkait seri ini selain sinopsis serta logo terbaru mereka.

Satria Heroes bakal menghadapi musuh baru!

Animasi Satria Bima Garuda S
FOTO: RCTI

Dalam sinopsis yang kami kutip dari laman resmi mereka di situs sosial media Facebook, serial tokusatsu Satria Bima S kembali mengisahkan petualangan sang superhero Satria Bima dalam melindungi bumi.

Setelah sebelumnya telah melindungi bumi, tepatnya Indonesia dari Rasputin dan Black Lord dari Kerajaan VUDO, Satria Bima akan menghadapi musuh barunya yakni Infernus yang hendak mengambil alih alam semesta.

Pernah di-reveal dalam rapat MNC

Animasi Satria Bima S
FOTO: Fandom Satria Series

Serial tokusatsu yang dipegang oleh Reino Barack ini sebelumnya telah diungkap dalam rapat yang dilakukan oleh MNC. Hal tersebut terkuak saat pengumuman lineup produksi animasi yang tengah digarap oleh MNC Animation.

Serial Satria Bima S berjejer diantara lineup produksi lainnya seperti serial Kiko, Titus, Dinda & Novi, serta Princess Azrai. Satria Bima S sendiri nampak menggunakan suit terbaru dengan paduan warna biru oranye.

Serial tokusatsu kerjasama Indonesia dan Jepang

Animasi Satria Bima Garuda
FOTO: RCTI / Ishimori Pro

Serial tokusatsu Satria Heroes merupakan hasil dari kerjasama produksi antara MNC Media dari Indonesia melalui inisiatif Reino Barack dengan studio produksi Ishimori Production asal Jepang.

Ishimori Production, atau dikenal dengan sebutan Ishimori Pro, sendiri dikenal karena memproduksi seri-seri tokusatsu seperti Ganbare!! Robocon, Kamen Rider, Skull Man, Kikaider, hingga Cyborg 009.

Seri Satria Heroes: Satria Bima Garuda tayang perdana pada stasiun televisi swasta milik MNC Media, yakni RCTI pada tanggal 30 Juni 2013 hingga 22 Desember 2013, setiap hari Minggu pukul 8.30 WIB setelah serial Doraemon.

Sekuel seri tersebut kemudian ditayangkan pada tanggal 7 September 2014 pada stasiun televisi yang sama. Seri ini pernah mendapatkan peringkat 10 tangga rating Nielsen, dan mendapatkan apresiasi baik dari audiens muda serta penggemar tokusatsu di Indonesia.

Satria Bima dan tugasnya melindungi semesta dari VUDO

VUDO Bima Satria Garuda
Rasputin, penguasa VUDO | FOTO: RCTI

Kisah Satria Heroes sendiri bermula pada dunia pararel yang dikuasi oleh kerajaan VUDO, kerajaan gelap yang penuh ambisi dalam menguasai alam semesta. Dunia pararel yang dikuasai VUDO sayangnya tengah di ambang kehancuran.

Kehancuran tersebut terjadi akibat hampir semua elemen kehidupan yang ada pada dunia pararel tersebut terserap seluruhnya oleh VUDO. Penguasa VUDO yang kejam, Rasputin, hendak mencari dunia lain guna menyerap kembali sumber daya yang ada.

Di saat yang bersamaan, dua ilmuwan asal Indonesia berhasil membuka sebuah portal antar dimensi. Hal tersebut membuat VUDO dengan mudah menemukan Bumi, yang ditempati oleh umat manusia.

Beberapa tahun berlalu, protagonis Ray Bramasakti, diperankan oleh Christian Loho, mendapatkan power stone merah dari pria misterius bernama Mikhail yang memintanya untuk menghentikan segala upaya dari kerajaan VUDO untuk mengambil alih bumi.

Dengan power stone tersebut Ray, yang kini menjadi Satria Heroes Bima, beserta teman dan adiknya mulai melawan kegiatan jahat dari rencana-rencana Rasputin maupun Kerajaan VUDO.

Lantas kemana seri Satria Naga Kai?

Satria Naga Kai Satria Garuda Bima
FOTO: YouTube Satria Heroes Official

Meski kabar baik tersebut disambut positif oleh warganet lokal, hal ini menjadi pertanyaan besar bagi kalangan penggemar tokusatsu di Indonesia. Dimana produksi serial Satria Naga Kai tidak ada perkembangan hingga kini.

Serial Satria Naga Kai, yang semestinya tayang di stasiun televisi swasta rival RCTI yakni SCTV pada tahun 2019 lalu, tidak berjalan sama sekali. Episode pilot seri ini sendiri muncul di penghujung tahun 2019.

Meski memiliki premis yang menarik dan alur cerita yang baru, sayangnya tidak ada informasi terbaru kapan serial ini ditayangkan pada stasiun televisi milik EMTEK itu hingga kini.

Sejumlah masalah terkait produksi serial Satria Heroes tersebut menjadi pergunjingan diantara warganet. Sebagian ada yang menganggap bahwa produksi bermasalah dalam sisi hukum, ada juga karena masalah trademark.

Kendati demikian, setidaknya ada kepastian bahwa kini seri tokusatsu lokal Satria Bima S akan ditayangakan segera tahun ini oleh MNC dalam bentuk animasi.

Nawala Karsa NK Kurio