Menjelang Hari Raya Imlek, tak ada angin tak ada hujan, tombol like yang terdapat pada sosial media besutan Mark Zuckerberg yaitu Facebook secara misterius menghilang. Hal ini dikarenakan digantinya tombol like Facebook dengan warna merah menyala.

Menyambut Imlek, Facebook Merilis Tombol “Like” Edisi Khusus!

Jangan panik, hal itu bukan karena Facebook telah diretas, diakuisisi Tiongkok, dan sebagainya. Tombol like tersebut merupakan edisi khusus yang dirilis oleh sosial media tersebut. Ini merupakan salah satu bentuk menyambut Tahun Baru China atau Imlek.

Country Diretor Facebook Indonesia, Pieter Lydian dalam keterangan resmi. Dirinya mengatakan bahwa Facebook akan menyediakan fitur-fitur khusus bertemakan Imlek yang hanya tersedia selama satu minggu selama Imlek berlangsung.

Facebook hadir di Indonesia untuk memberikan dukungan bagi orang dan komunitas agar tetap dapat terhubung dan merasakan kemeriahan Tahun Baru Imlek meski harus menjaga jarak di tengah masa pandemi,” ujarnya.

Fitur-fitur yang dimaksud berupa reaction, stiker, GIFavatar, dan Augmented Reality (AR) Filter. Fitur tersebut rencananya akan tersedia juga di Instagram.

Reaction yang dimaksud adalah tombol like yang biasanya berwarna biru. Selama Imlek nanti, tombol like sementara waktu diganti dengan tombol like dengan warna gabungan merah dan emas khas Imlek sebagai lambang keberuntungan.

Fitur Lainnya

Tidak hanya itu saja, bagi pengguna aplikasi Facebook, Pada logo Facebook di bagian kiri atas aplikasi, akan memunculkan animasi huruf “F” yang berubah menjadi pohon. Ada juga dua ekor sapi sebagai ilustrasi huruf “O” pada logo tersebut, dan diakhiri dengan animasi kepala sapi sebagai simbol bahwa tahun 2021 merupakan tahun sapi.

facebook like Imlek

Indonesian Hoaxes Turun Tangan

Untuk mecegah isu tidak benar seperti hoax yang berkaitan dengan berubahnya tombol like di Facebook menyebar, salah satu Fan Page cek fakta Indonesian Hoaxes langsung mengunggah informasi. Fanpage tersebut memberikan informasi terkait berubahnya tombol like tersebut.

facebook like Imlek

Untuk kalian yang kaget dan bingung kenapa tombol ‘Suka’ berubah jadi merah, jangan panik 🙂
Itu bukan pertanda akun kalian diretas, itu memang fitur dengan waktu terbatas dari Facebook untuk Tahun Baru Imlek 🙂
Contributor
Nawala Karsa NK Kurio