Setelah viral dengan berita permainan Catur yang terjadi oleh Ayah Ali Akbar atau Dewa_Kipas dengan pemain Catur Internasional GothamChess, akhirnya masalah tersebut menemui titik terang.

Masalah Permainan Catur Antara Dewa_Kipas dengan GothamChess Selesai

Hal ini diumumkan melalui akun Facebook milik Ali Akbar. Dalam postingan tersebut, pihak Levy atau GothamChess mengubungi Ali Akbar. Mereka berdua melakukan diskusi bersama bagaimana menyelesaikan masalah yang Ali Akbar anggap adalah sebuah miskomunikasi.

Pada postingan tersebut, Ali Akbar menjelaskan kepada GothamChess mengenai ayahnya dalam bermain Catur dan bagaimana beliau dapat menang dalam permainan. Selain itu, dia juga menjelaskan kenapa Ayahnya bisa naik peringkat di permainan Chess.com dalam waktu singkat.

Kalian bisa lihat sendiri penjelasan Ali Akbar melalui postingan Facebook miliknya dibawah ini.

Jadi Gw udah dihubungi oleh Pihak Levy (GothamChess) dan menjelaskan semua masalahnya baik-baik. Akhirnya kita berdua…

Posted by Ali Akbar on Wednesday, 3 March 2021

Mereka berdua memutuskan untuk menghapus postingan mereka sebelumnya untuk menandakan bahwa permasalahan tersebut sudah selesai.

Konfirmasi dari GothamChess

Viral Pemain Catur Indonesia Dewa Kipas Gotham Chess

Pada saat ini (4/3), GothamChess berencana akan memberikan kabar terbaru dan dalam waktu dekat mereka akan menemukan solusi mengenai penyelesaian dalam masalah ini. GothamChess sendiri ingin masalah ini cepat selesai dengan solusi terbaik dari kedua belah pihak.

Chess.com Berikan Konfirmasi

Mengetahui masalah ini, akun resmi Twitter Chess.com baru saja memberikan konfirmasi. Dalam tweet tersebut mereka mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah menutup akun seseorang berdasarkan report atau laporan dari banyak orang atau dari pihak-pihak tertentu.

Kami tidak akan pernah sama sekali menutup akun seseorang berdasarkan jumlah laporan yang berasal dari @GothamChess ataupun dari pihak kreator dan komunitas tertentu.

Semua keputusan ini sudah adil setelah tim melakukan pemeriksaan berdasarkan ketentuan dan kebijakan dari kami.

Meskipun sudah memberikan konfirmasi, para netizen yang merupakan pendukung dari Dewa_Kipas merasa keputusan mereka tidak adil. Dan ada juga yang menganggap mereka pilih kasih karena GothamChess adalah influencer terkenal dalam permainan Catur sementara Dewa_Kipas atau Ayah Ali Akbar hanyalah orang tua biasa yang memiliki pengalaman lama dalam bermain Catur.

Reaksi Ayah Ali Akbar

Viral Pemain Catur Indonesia Dewa Kipas Gotham Chess

Ayah Ali Akbar, yaitu Pak Dadang memberikan respon terhadap masalah yang viral ini. Melalui postingan beserta video dari Ali Akbar, ada banyak penjelasan dan alasan-alasan menarik yang perlu kalian ketahui.

Pak Dadang menjelaskan orang yang bermain catur non-stop itu adalah hal wajar. Jadi apa yang terjadi dengan peringkat akun Dewa_Kipas di Chess.com karena Pak Dadang yang lupa waktu dan keasyikan bermain Catur.

Meskipun akun Dewa_Kipas diblokir oleh pihak Chess.com, Pak Dadang merasa bersyukur karena sering lupa waktu bermain Catur dan ingin istirahat. Hal ini juga merupakan sebagai pertanda untuk Pak Dadang agar berhenti dulu ketagihan bermain Catur yang beliau sering sampai lupa waktu bermain.

Mengenai pertandingan dan tuduhan dirinya bermain curang menghadapi GothamChess, beliau sendiri juga bingung. Padahal Pak Dadang sendiri hanya memanfaatkan kesempatan dari GothamChess yang lengah dan menganggap bahwa pemain Catur internasional tersebut meremehkan beliau.

Komentar Pak Dadang Subur (Dewa_Kipas) tentang Pertandingannya melawan GothamChess kemarin, sekaligus cerita singkat…

Posted by Ali Akbar on Wednesday, 3 March 2021

 

Semoga dengan selesainya masalah ini, netizen dapat berhenti menyerang bahkan mem-bully GothamChess di sosial media. Begitu juga dengan pihak GothamChess dan para penggemarnya.

UPDATE: GothamChess Minta Maaf dan Ada Rencana untuk Rematch?

Kabar terbaru berasal dari postingan akun sosial media Facebook milik Ali Akbar. Pada postingan tersebut, Ali mengingatkan kembali untuk para netizen agar tidak melakukan penyerangan dan pem-bully-an terhadap GothamChess beserta para penggemarnya.

Akhir dari Kasus Penutupan akun Dewa_Kipas.
Tolong Berhenti Menyerang akun GothamChess,
masalah kami sudah mendapatkan…

Posted by Ali Akbar on Wednesday, 3 March 2021 

Ali menjelaskan bahwa Levy atau GothamChess sudah meminta maaf kepada dia dan ayahnya. Dirinya juga meminta maaf kepada Levy karena insiden ini membuat pemain Catur tersebut diserang banyak orang. Dia juga memberikan bukti permintaan maaf Levy atau GothamChess melalui pesan.

Pesan tersebut juga menjelaskan sebuah penawaran dari GothamChess. Dia menyarankan daripada rematch atau tanding ulang, Levy atau GothamChess berencana mengadakan Turnamen Catur Nasional Indonesia yang diadakan secara streaming.

 

Viral Pemain Catur Indonesia Dewa Kipas Gotham Chess
(Sumber: Facebook Ali Akbar)
Nawala Karsa NK Kurio