Ada berita sedih dari salah spin-off dari serial kisal romansa komedi populer berjudul Kaguya-sama: Love is War berjudul Kaguya-sama wa Kokurasetai: Doujin-ban. Manga spin-off tersebut dikabarkan akan berakhir pada bulan ini.

Manga Spin-Off Berakhir Bulan Ini

Pada hari Kamis (4/6) lalu,  melalui akun resmi Twitter mangaka Aka Akasaka, diumumkan bahwa spin-off manga karyanya yang digarap oleh Shinta Sakayama, Kaguya-sama wa Kokurasetai: Doujin-ban akan berakhir pada akhir bulan ini di situs majalah manga Tonari no Young Jump yang diasuh penerbit Shueisha.

Spin-off manga yang menjabarkan skenario erotis yang tidak terjadi di manga aslinya ini pertama kali diterbitkan di Tonari no Young Jump pada Juni 2018. Chapter terbarunya ditampilkan setiap Kamis kedua dan keempat dalam tiap bulan. Penerbit Shueisha telah menerbitkan volume ketiga yang berisi kumpulan kisah dalam manga tersebut pada 17 Januari lalu.

Tentang Kaguya-sama: Love is War

Kaguya-sama: Love is War atau Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensaitachi no Ren’ai Zunousen merupakan sebuah karya manga yang digarap oleh Aka Akasaka semenjak Mei 2015 lalu. Serial ini awalnya diterbitkan di majalah manga Miracle Jump milik penerbit Shueisha. Kemudian berpindah ke majalah Young Jump milik penerbit yang sama pada Maret 2016.

Manga ini bercerita mengenai ketua OSIS Akademi Shuchiin, Miyuki Shirogane, dan wakil ketuanya, Kaguya Shinomiya, yang diam-diam saling menyukai satu sama lain. Meski begitu, masing-masing dari mereka tidak mau mengakuinya terlebih dahulu. Ini pun menjadi permainan di antara mereka; siapa pun yang menyatakan perasaannya duluan, maka ia yang kalah.

Adaptasi Manga Selain Kaguya-sama wa Kokurasetai: Doujin-ban

Selain Kaguya-sama wa Kokurasetai: Doujin-ban, serial ini juga telah mendapat adaptasi manga lainnya, yaitu Kaguya-sama o Kataritai (I Want to Talk With Kaguya). Manga ini digarap oleh mangaka G3 Ida dirilis di majalah Weekly Young Jump. Sampai saat ini manga tersebut masih terus berlangsung hingga sekarang.

Kaguya-sama: Love is War telah diadaptasi menjadi serial anime yang digarap oleh studio A-1 Pictures. Musim pertamanya telah dirilis pada 2019 lalu dan dilanjutkan oleh musim keduanya yang tayang tahun ini.

Ada juga film live-action Kaguya-sama: Love is War yang telah dirilis pada tahun 2019 pula. Film tersebut disutradarai oleh Hayato Kawai dan dibintangi oleh Kanna Hashimoto sebagai Kaguya Shinomiya dan Sho Hirano sebagai Miyuki Shirogane.

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio