Light Novel berjudul 86 diadaptasi menjadi Anime TV. Karya Asato Asato ini akhirnya diangkat ke medium animasi. Hal ini diumumkan pertama kali saat acara live streaming memperingati ulang tahun pertama Kimirano, situs light novel besutan Kadokawa. Namun detil mengenai anime ini akan diumumkan di kemudian hari.

Sinopsis 86: Perang Di Distrik Yang Tak Ada

86 mengisahkan Republik San Magnolia yang dikepung oleh Kekaisaran tetangganya, yang menciptakan serangkaian kendaraan militer tak berawak yang disebut Legion. Menanggapi ancaman itu, San Magnolia berhasil menyelesaikan pengembangan teknologi serupa dan memerangi serangan musuh, setelah berhasil melakukannya tanpa korban.

Tetapi ini adalah versi resmi. Bahkan ada korban. Di luar 85 distrik Republik, sebenarnya ada satu lagi— “distrik ke-86 yang tidak ada.” Di sanalah pertempuran berlanjut tanpa kenal waktu. Di sana pria dan wanita muda, yang dikenal sebagai Eighty-Sixers, ikut serta — mereka bertempur dengan drone.

Shinn mengarahkan tindakan detasemen Eighty-Sixers muda saat berada di medan perang. Lena adalah seorang “pawang” yang memerintahkan detasemen dari belakang jauh dengan bantuan komunikasi khusus.

Light Novel Karya Asato Asato

novel ringan 86

86 ditulis oleh Asato Asato, sementara ilustrasinya dibuat oleh Shirabi. Novel ringan ini terbit pertama kali pada April 2017 oleh Dengeki Bunko, dan saat tulisan ini diturunkan sudah mencapai volume 7.

Tak hanya untuk pembaca di Jepang, 86 juga menjangkau pembaca di luar negeri Matahari Terbit itu. Ia diterbitkan ulang dalam bahasa Inggris oleh Yen Press.

Raih Prestasi, 86 pun Diadaptasi

86 menjadi salah satu light novel terbaik di tahun 2019

Catatan prestasi novel ringan ini cukup mentereng. 86 memenangkan kompetisi Dengeki Novel Prize ke-23 pada tahun 2016. Judul novel ringan ini tercatat dalam buku Kono Light Novel ga Sugoi! (Novel Ringan Ini Mengagumkan!) terbitan Takarajimasha.

Tak tanggung-tanggung, ia tercatat dalam dua edisi berbeda. Dalam guide book tersebut, 86 meraih posisi runner-up pada edisi tahun 2018 dan posisi kelima tepat setahun sesudahnya.

Kesuksesan light novel ini membuat 86 diadaptasi ke dalam medium lain seperti manga dan anime. Adaptasi manga pertama berjudul sama diilustrasikan oleh Motoki Yoshihara dan diterbitkan di majalah Young Gangan sebanyak 2 volume. Adaptasi kedua berjudul Gakuen 86 digambar oleh Suzume Somemiya untuk majalah Monthly Comic Alive.

Nawala Karsa NK Kurio